16 months drain to waste or a cycle?

di blog ini gw akan melakukan pembelaan diri buat diri gw sendiri, karena kalo gak gw, siapa lagi?

gw yakin pasti akan menyakiti hati orang lain, but this is it.

waktu itu gw dikenalin sama temen ke seorang laki-laki (panggil aja mas), sebenernya pas denger ceritanya gw udah tau kalo gak bakalan lebih lanjut ke serius. tapi berhubung gw benci kesendirian (iya gw emang akhir-akhir ini gak punya pendirian) jadi gw terimain aja buat ketemu.

pas pertama kali ketemu, gw cuma bilang dalam hati, "alay" but in a good way ya.

kalimat kedua yang terlintar, "ih kok pede banget sih dia jadi orang? padahal dia cuma segitu lho." again, in a good way ya...

akhirnya long story short, gw lanjut jalan sama dia.

setelah ketemu sekali bareng temen gw, CFD, hang out, dan terakhir dia jemput gw dan nganterin gw treatment di klinik jadi ini fifth date lah ya ceritanya.

dia kode-kode kaya, "eh aku dikenalin sama ini. awalnya ditanya, udah punya calon belom? terus aku bilang belum, yaudah dikenalin deh sama cewe ini." pake ditunjukin pula foto-fotonya, ada bukti chat segala gw diminta baca tanpa tergesa, dibolehin scroll ke atas-atas juga buat nunjukin bukti authentic ditunjukin chat kalo emang beneran chat sama manusia beneran bukan chat ke diri sendiri.

meskipun dari foto cewenya sih gw liat kayanya dia gak bakalan cocok ya. ini cewe juga kayanya gak bakalan suka sama mas. cuma mas tuh tingkat pedenya udah sampe keluar angkasa, kali ini gw gak tau deh in a good way or bad way. sepanjang jalan pulang pun juga dia selalu alay, kode-kode kalo gw gak cepet-cepet jadian sama mas, mas bakalan keburu diambil orang.

berhubung gw tau kalo itu "gak mungkin" dan kayanya desprate banget nih, yaudah gw tembak aja biar cepet. karena emang anaknya asik sih, baik, kayanya serius juga.

long story short, gw deket sekitar 1 tahun. 1 tahun "jadian", kami makan2 sambil berdoa untuk hubungan kami di masa depan. secara sengaja gw inget selama setahun ke belakang udah ngelewatin apa aja. ada beberapa pengalaman traumatis yang akhirnya jadi pengalaman berharga buat gw di masa depan, antara lain:

1. diminta nyokapnya buat mutusin anaknya

tante, kalo yang saya nonton di film-film biasanya sih dikasih uang pengusiran. tapi kok ini enggak ya? canda tante... gw agak kurang sreg, karena nyokapnya mengatasnamakan keluarga gw, bilang "orang tua kamu juga pasti gak setuju kan kalo kamu menjalin hubungan dengan anak saya?" eh, kok bisa ngomong gitu emang udah kenalan?

ortu gw sebenernya emang gak setuju, tapi seenggaknya ini hidup gw. gw diizinkan penuh untuk mengambil keputusan atas hidup gw, gak setuju tapi gak lantas meminta gw putus. apalagi sampe mutusin hubungan tanpa sepengetahuan orangnya.

ini sebagai pembelajaran gw di masa depan untuk gak melakukan hal yang sama, jangan sampe gw memutuskan hidup orang (terutama anak gw). menurut gw, intervensi yang diberikan ortu gw cukup baik kok. ini akan gw terapkan ketika gw punya anak nanti.

2. intervensi dari ibunya terlalu besar

gw sempet putus kurang lebih sebulan sampe akhirnya dia yakinin gw kalo "nyokapnya udah aman", tapi semakin gw kenal, semakin gw tau kalo intervensi dari keluarganya besar banget sampe menganggu aspek kehidupannya. misalnya aja (1) ngelarang pake behel yang berujung gak bisa masuk ke sekolah kejuruan ikatan dinas yang diinginkan, (2) ngelarang pake body lotion dengan alasan gpp banget laki-laki "item" yang membuat gak peduli sama penampilan. sampe gak sadar kalo matahari itu jahat banget, ternyata agresif sampe membuat kutil di leher dan mukanya. lumayan banyak sampe gw beraniin ajak konsulin ke dokter kulit yang Alhamdulillah bisa diambil semua pake asuransi karena emang jumlahnya banyak banget dan bisa mengarah ke kanker kulit nantinya kalo dibiarin aja. juga ada beberapa hal lain yang gak bisa gw jelasin, tapi intinya intervensi keluarganya lumayan kenceng.

gw bersyukur banget akhirnya mas sekarang pake behel, giginya bisa rapi, harapannya giginya bisa jadi penjembatan untuk membuka karir lebih baik, gak sakit akibat gigi yang berantakan, kepercayaan diri lebih meningkat, nafasnya gak bau lagi, dll.

gw juga bersyukur mas mau dibujuk untuk mengambil semua kutil yang ada di muka, leher, dan beberapa anggota tubuh lainnya yang gw harap bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri, membuka karir yang lebih baik, gak sakit kulit, jadi generasi kulit sehat.

hal ini sebagai pembelajaran buat gw supaya gak melakukan intervensi pada anak tanpa pemikiran matang-matang, untuk mendahulukan kesehatan dari yang lain. gw semakin seneng dan bahagia karena gw hidup baik, sehat, dan Alhamdulillah bisa mencapai apa yang gw inginkan.

3. diem-diem suka nyalahin orang.

iya, dia anaknya pendiem, suka menerima apapun, gak suka mengeluh. tapi mudah banget nyalahin orang, kaya misalnya jalan kelewat, instead muter balik dia akan bilang, "kamu sih cepet-cepet," atau "kamu neken aku, aku gak bisa." like... kita fokus ke masalah aja sih.

gw gak bisa 100% nyalahin dia, karena emang tiap orang beda-beda. ya berarti emang gw gak bisa sama dia, dia harus mencari dan mendapatkan yang setara supaya gak saling salah-menyalahkan.

jujurly sebenernya ada beberapa hal lain yang gw gak bisa sebutin karena gw sendiri nulis di catatan HP "reasons why I can't be with him" lebih dari 50 alasan, tapi ini top 3 yang menurut gw krusial.

apapun hidup mas sekarang, gw cuma berharap yang terbaik aja buat mas. semoga bisa mengambil pelajaran dan hikmah yang baik, yang buruknya buang ya.

oh iya, gw belom cerita ya kenapa akhirnya bisa putus? gw jadian di Agustus tanggal 4, setelah itu dia mulai menjauh, merenggang, komunikasi seadanya beneran. sekitar Desember itu udah mulai gak nyaman lalu gw memutuskan untuk minta putus. as usual, mas minta gw pikirin mateng-mateng dulu dan gak main asal putus-putus aja. bulan puasa sekitar bulan maret kami sama sekali gak ketemu, as per request dari mas yang mau fokus ibadah dan gak bisa ibadah kalo ketemu gw, karena kalo ketemu gw, pasti akan sulit untuk solat, terutama solat tarawih, harus anter gw pulang, dia harus pulang. bisa pulang jam berapa? jam 11 malem? belom lagi harus saur paginya.

puasa tahun sebelumnya juga sama, gak ketemu sebulan karena mau fokus ibadah. jadi yaudah itu sebagai gong pembiasaan diri gw dan mas untuk gak ketemu lagi ke depannya.

fast forward ke hari gw ulang tahun, mas cuma kirim pesan singkat ke gw aja ngucapin selamat ulang tahun, gak telp, gak kirim kado, gak datenng. alasannya karena kerjaan, sempet basa-basi mau dateng tapi gw sepik aja ini hari keluarga. malemnya mas ngabarin kalo masih kerja. jadi, ya emang gak niat aja sebenernya mau dateng karena lagi kerja. emang gw siapa juga sih, diprioritasin buat ketemu.

dalam hati gw sedih, baper, tapi yaudah gw fokus aja ngerjain tugas gw bareng sama temen kuliah di luar.

jadi kalo ditanya, apa 16 bulan itu terbuang sia-sia? menurut gw enggak, karena itu suatu pelajaran berharga buat gw. dari mas, gw banyak belajar tentang hidup kami yang jauh berbeda, gw jadi banyak menghargai nilai-nilai dan moral yang diajarkan oleh keluarga gw, gw pun juga belajar hal-hal penting dari mas. terutama, gw jadi ngerti pentingnya arti kesetaraan antara dua orang yang menjalin hubungan.

makasih mas buat semuanya, semoga kita suatu saat nanti bisa berteman dengan baik, dari i love you my love jadi i love you my best friend dengan tulus tanpa baper. semoga mas bisa ketemu dengan orang yang setara, yang bener-bener bisa ngertiin mas, diterima sama keluarganya dengan baik, terutama jadi pendorong semangat untuk jadi pribadi yang lebih baik lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Vocal 4: Perut Kosong VS Perut Terisi Ketika Bernyanyi

Vocal 2: Kenapa Kalo Nyanyi Tanpa Musik Suara Gw Kedengeran Lebih Bagus?

Warung Tekko - Jakarta, Pesanggrahan