Metik Pelajaran

Semuanya pasti ada hikmahnya, kalo gak ada ya dicari.

ada banyak hal yang gw pelajarin selama deket sama mas, sebenernya ini hal yang gw benci. tapi hal yang gw benci ternyata bisa jadi pelajaran yang berharga buat gw, karena gw harus menjadi yang kebalikannya dan jangan sampe menjadi seperti hal yang gw benci. apa aja?

  • ekspresi wajah

asli, gw benci banget sama ekspresi wajahnya mas. muka polos, cengo, yang have no idea what's going on menurut gw malah ngasih vibes kaya dia gak ngerti dan gak tau apa-apa. sebel sih gw liatnya. gw gak tau emang mas ini gak mikir, atau natural mukanya kaya gini. kalo ekspresi gw kaya gimana? kaya gini:


gw pengen bilang kaya wednesday sama pugsley, tapi pas gw cari online pugsley terlihat bersemangat sekali bunda. anyway, suatu hari gw main ke rumah mas dan makan masakan Ibunya yang menurut gw enak kaya makanan warteg (ini pujian). tapi kata Ibunya, gw memberikan kesan muka gak suka dengan makanan yang dibuat dan ngasih ekspresi geli bahkan mau muntah ngeliat makanannya. apalagi karena gw makannya lama, kesannya gw gak suka dengan makanan yang ada.

semenjak itu, gw lebih mengontrol lagi ekspresi gw. lebih berhati-hati dan menunjukkan ekspresi ramah meskipun lagi gak mikir apa-apa. karena ekspresi wajah merepresentasikan kita dan menjadi cerminan diri kita bagi orang lain. percaya deh, ekspresi itu menular. sama kaya gw liat mas dengan tampang cengonya, bikin gw kesel. atau muka datar gw dinilai jijik oleh ibunya mas (yang mana membuat beliau tersinggung). jadi pesan gw, selain memperhatikan pakaian, perhatikan juga ekspresi wajah kita.

  • keterbukaan pada pasangan

bisa dibilang, gw sama mas menjalin hubungan. kalo menurut mas sih serius, tapi komunikasi semuanya satu arah. kalo gw cerita gak ditanggapi, alasannya kalo mau ditanggapi gw harus bilang kalo minta ditanggapi. itu juga gw harus mengulang beberapa kali cerita gw. seolah mas gak sungguh-sungguh mendengarkan cerita gw. sebaliknya kalo gw minta mas cerita pasti katanya gak ada dan ceritanya itu-itu aja, bangun, kerja, pulang.

pernah suatu hari gw nanya, kenapa gak pernah cerita ke orang? alasannya, "cerita untuk menyelesaikan masalah. kalo gak selesai masalahnya, untuk apa cerita? kalo cerita untuk melegakan hati, rasanya egois karena orang lain bisa jadi akan terbebani dengan cerita kita. kalo orang lain menjadi beban karena cerita, akan menjadi beban juga bagi kita yang cerita. bukannya lega malah jadi tambah kepikiran. makanya selalu disimpen sendiri."

((egois)) katanya. jadi selama ini gw dianggep egois? as so you know, akhirnya gw gak cerita apa-apa lagi. terus ngobrol apa? gak ngobrol. paling nanya, "gimana pendapat kamu tentang..." kalo enggak, ya gak ada obrolan. diem aja deh udah.

pesan untuk gw dan kalian, selevel itu gak harus melulu tentang ekonomi. tapi juga tentang kepercayaan atau paham. dalam hal ini, mas percaya bahwa cerita egois. sedangkan buat gw hubungan itu tentang ngobrol, kalo gak ada bahan obrolan buat apa dong menjalin hubungan. please cari yang setara ya.

atau mungkin gw bukan orang yang tepat yang membuat mas bisa bercerita apa-apa tentang hidupnya ke gw? karena kalo orangnya tepat, salah satu pihak gak usah berusaha terlalu keras untuk bertemu di tengah.

  • suka menyalahkan

gak ada orang yang suka disalahin atas suatu hal. tapi hobi mas ya nyalahin gw. misalnya gw ngingetin untuk gak ngambil jalur orang, dan tetap di jalurnya. mas akan bilang, "ih kamu ngagetin". kenapa kaget? ya karena ngelamun, kembali ke pasal satu gak sih?

karena mas hobi ngelamun, makanya ekspresinya tablo. karena ngelamun, jalannya ngambil jalur orang, pas gw ingetin, mas malah kagetan. udah gitu nyalahin lagi.

mas jarang banget fokus, udah gitu mas hampir selalu kagetan dan selalu nyalahin, kaya "kamu jangan cepet-cepet dong." atau "kamu sih."

memang sih ini suatu mekanisme pertahanan diri, tapi fyi, terlalu sering disalahkan juga gak nyaman kan?

gw banyak berpikir sebelum berbicara, gw banyak menahan diri untuk menyalahkan orang lain. gw akan ngubah percakapan menjadi memberikan masukan bagi orang lain daripada menyalahkan. karena belum tentu orang suka dikritik, tapi diberikan evaluasi mungkin orang akan lebih suka.

kalo menurut kalian, gw berlebihan gak? minta masukannya dong.

Comments

Popular posts from this blog

Vocal 4: Perut Kosong VS Perut Terisi Ketika Bernyanyi

Vocal 2: Kenapa Kalo Nyanyi Tanpa Musik Suara Gw Kedengeran Lebih Bagus?

Warung Tekko - Jakarta, Pesanggrahan