Vocal 2: Kenapa Kalo Nyanyi Tanpa Musik Suara Gw Kedengeran Lebih Bagus?

Gambar 1: Siluet orang bernyanyi, Source:pelajar-abal.blogspot.com

Tenang mbak bro! itu bukan masalah lo doang, banyak kok orang diluar sana yang ngalamin hal yang sama.
kalo nyanyi tanpa diiringin sama lagu atau musik, suaranya bagus banget cetar membahana, tapi kalo udah pake musik, kok suaranya jadi kedengeran biasa aja ya?
Penyebabnya, bisa macem-macem tuh kalo itu, diantaranya:

1. Lo gak terbiasa nyanyi diiringin pake musik.
Biasanya, kalo lo nyanyi, diiringin pake musik atau gak? Kalo lo terbiasa nyanyi tanpa iringan dari musik, nah, bisa jadi nih ini penyebabnya. Karena lo terbiasa nyanyi tanpa iringan musik, jadi ketika lo harus nyanyi dengan iringan musik, lo merasa aneh dan gak terbiasa. Akibatnya, ketika lo nyanyi, ada rasa awkward gitu.

2. Gak pede nyanyi ketika diiringin pake musik

Nah, kalo ini sih lain lagi ceritanya. Mungkin lo sering nyanyi pake iringan musik, mungkin juga gak, tapi yang pasti, ketika lo nyanyi dengan iringan musik, lo jadi gak pede. Sebenernya sih ini berjalan lurus sama point pertama, karena lo gak terbiasa nyanyi diiringin musik, ketika lo harus nyanyi pake iringan musik, lo jadi gak pede, akibatnya bisa jadi suara lo jadi pelan, out of tune, dan lain sebagainya.

3. Nada lagu gak sesuai dengan kemampuan suara kita 
Believe it or not, ketika kita lagi nyanyi, kita akan menyesuaikan dengan nada yang ada. kecuali buat orang yang tone-deaf atau buta nada, ini bukan istilah celaan, tapi emang suatu keadaan dimana seseorang gak bisa membedakan nada, ada yang salah di fungsi telinganya.
Simplenya, banyak jalan menuju Roma, buat jadi sebuah lagu Panah Asmara misalnya, chord yang dipake bisa macem-macem, banyak variasi kunci atau chord yang bisa dipake. Bisa aja kunci yang dipake ketika kita mau nyanyi gak sesuai dengan kemampuan atau range suara yang kita punya. Misalnya rangenya terlalu tinggi atau terlalu rendah, sedangkan kita mampunya di range yang sedang atau tengah. Akibatnya kita nyanyinya gak optimal karena nadanya gak sesuai.
Emang sih, penyanyi yang baik harus bisa nyanyi di segala macem suasana lagu atau segala macem kunci, tapi.... Tiap orang punya kemampuan yang beda-beda, gak ada salahnya kok merubah lagu ke kunci yang kita banget atau sesuai dengan kemampuan suara kita. Kaya lagu Panah Asmara yang di nyanyiin sama Afgan. Tau gak? Itu kan aslinya lagunya Chrisye, kalo coba di denger, versinya Chrisye sama Afgan beda lho. Kenapa? Karena range suaranya Afgan sama Chrisye beda. Jadi supaya suara Afgan maksimal dan Afgan nyaman ketika nyanyiin lagu itu, lagunya di rubah ke kuncinya dia. Side effectnya ada lagi lho, penikmat musik juga jadi gak bosen karena denger lagu yang itu-itu aja.
Ini versi Chrisye:

Ini versi Afgan:


4. Konsentrasi buyar ketika nyanyi
Point ini berbanding lurus lagi sama point pertama, karena kita gak terbiasa buat nyanyi pake iringan musik jadi ketika nyanyi harus diiringi dengan musik, konsentrasi kita buyar karena fokus buat ngontrol pitch misalnya, atau buat nyamain dengan tempo musik.

5. Pitch controlnya kurang
Buat yang pernah nonton AFI (Akademi Fantasi Indosiar) di sekitar awal tahun 2000-an, pasti ngeh sama istilah ini, Mbak Ii atau Trie Utami sering banget bilang "Pitch Controlnya kurang!" Kenapa dia ngomong gitu? karena mungkin dia termasuk orang yang Pitch Perfect (Bisa tau nada apa yang keluar dari suara-suara di sekitarnya secara pasti dan tepat, nanti akan dijelasin lebih lanjut di bawah). Buat kita yang gak terbiasa denger lagu atau gak familier sama musik, mungkin dengernya biasa aja, bagus-bagus aja dan gak ada yang aneh. Tapi buat musisi terutama yang ngerti pitch, akan berasa banget ketika seseorang nyanyi gak di pitch atau nada yang tepat. Kenapa nyanyinya gak di pitch yang tepat? Kaya yang gw bilang tadi di point ketiga, entah secara sadar atau gak, misalnya nada yang seharusnya naik tinggi ke atas tapi dia gak bisa nyampe ke suara tinggi itu, akhirnya dia turunin nadanya ke nada dimana dia bisa nyampe. Akibatnya, nyanyinya gak sesuai dengan irama musik yang seharusnya.

Nah, tadi kan gw sempet nyebut-nyebut Pitch Perfect, itu apa sih? Bukan, itu bukan nama band. tapi itu sebuah istilah dimana seseorang bisa tau secara pasti nada apa yang keluar dari bunyi-bunyian yang ada di sekeliling kita. Buat yang belum tahu sebelumnya, kalo semua bunyi yang ada misalnya bunyi hujan, kucing jatoh, ketikan keyboard di laptop, dll sebenernya ada bunyi nadanya sendiri, entah itu C3, G2, A#6 atau apapun itu. Nah orang dengan pitch perfect bisa nebak secara benar dan tepat suara-suara itu bunyinya apa, ada di kunci apa. Mungkin lo bisa nonton "August Rush" buat lebih mendalami dan ngerti soal ini. FIlmnya bagus kok, recommended buat di tonton.

Jadi, buat improve kemampuan lo ketika nyanyi, lo bisa mulai sering-sering nyanyi dengan iringan musik dan mendalami suara lo sendiri. Enak kalo nyanyi di nada yang tinggi, rendah atau sedang. Kalo bisa lo main piano atau gitar lebih bagus lagi buat explore kemampuan suara lo.

Own it, Live it, Love it. Hug, Love and Kisses, Sam.

Comments

  1. Kak, tanya dong. Tapi tidak berkaitan dengan artikel di atas. Kalau berkenan mohon jawab ya. Begini, apakah menyanyi tanpa diiringi musik entah itu alat musik atau tiruan alat musik, bisa disebut acapella? Thanks.

    ReplyDelete

Post a Comment