Masker “Mentega” Muka

disclaimer!!!
artikel ini gw buat tahun 2015, gw bakal walk through kalian ke journey gw dalam membersihkan muka. ini artikel lamanya dan gak gw edit sama sekali, di bawahnya gw kasih revisi dan penulisan ulang tentang "mentega" ini. dibaca sampe abis ya temen-temen biar gak salah paham.

original article:
Ada yang pernah nyoba masker muka pake mentega belom?
Aneh ya? Baru kali ini denger? 
Wah, berarti dapet ilmu baru ya...
Ternyata, mentega selain bisa dipake buat roti, bisa dipake juga lho buat muka. Gw mau share pengalaman gw maskerin muka pake mentega.
Mentega yang gw pake mentega merk ini:

Gambar 2: Mentega Elle and Viere, sumber: Google

Kalo pake mentega yang kemasan kecil gini sih mungkin bisa buat sekitar 7 (tujuh) kali pake.

Cara pakenya gampang banget, cuma tinggal olesin aja di muka, terus diemin sekitar 20-30menit. Gampang kan? Nah, nanti sisanya simpen di kulkas biar gak cepet bau. Kalo udah di simpen di kulkas, nanti menteganya agak beku. Jadi kalo mau dipake lagi, keluarin dulu sebentar biar agak cair baru di tempel lagi. Masalah teknis gini udah pada paham lah ya harusnya..

Nah, manfaatnya dari mentega ini apa sih? Kurang lebih sama kaya telur, manfaat yang gw rasain itu:
1. Muka lebih halus
2. Merapatkan pori-pori
3. Mengurangi minyak berlebih di muka
4. Membantu menghancurkan komedo putih

Jadi kalo lo yang punya komedo putih, setelah pake ini selama dua hari berturut-turut, lo bisa langsung gosok secara halus komedo putih lo, boleh pake scrub boleh di gosok aja pake tangan, nanti komedonya bakal rontok dengan gampang. Emang sih gak semuanya, tapi lumayan lah bisa di gosok dan rontok dari muka.

Oh iya, warning nih. Karena ini bersifat mengurangi minyak berlebih di muka, jadi mentega gak cocok buat dipake sama orang yang punya kulit kering. Karena akan membuat mukanya jadi semakin kering. Tapi cocok buat orang yang punya kulit berminyak atau normal berminyak. Terutama buat ngilangin komedo putihnya, karena susah banget kan ilangnya. Biarpun pake komedo pore pack sekalipun, gak bakalan copot kecuali di coek atau diambil pake sendok komedo atau jarum. Tapi serem kan? Mendingan pake ini gak perih.

Kalo anjuran dari gw sih, kalo mau pake ini, sebaiknya seminggu 2x aja, jangan lebih, takutnya keseimbangan muka lo bakal terganggu, seperti yang gw bilang tadi, menyerap minyak berlebih. Kalo kulit lo kering, kan jadi gak baik juga buat kesehatan kulit. Kalo mentega merk yang lain gw belom pernah coba sih, yang gw coba baru mentega yang ini. Kalo lo mau eksperimen dengan coba mentega merk yang lain juga boleh. di tunggu ceritanya ya!

Sekian, semoga bermanfaat.
Own it, love it, live it. Hug, love and kisses, TS.

revised article:
gila ya!! ternyata gw jaman dulu udah "nemuin" teknik cleansing balm yang sekarang lagi fenomenal


Sebelum itu, gw harap kalian nonton video ini dulu sampe habis baru kembali baca blog gw ya.
Udah selesai? Nah, lanjut.

Jadi awal mula gw pake mentega buat muka adalah karena dulu gw cheap banget anaknya, gw pernah denger, "apa yang lo tempel di muka harus udah bisa lo makan, kalo gak bisa dimakan, ya jangan ditempel ke muka." gw gak tau atau lupa tau dari mana, jadi gw mulai dari saat itu nempelin apa aja yang ada di kulkas buat ke muka. Mulai dari saos tomat, saos sambel, timun, tomat, telor kuning, telor putih, telor kuning dan putih, termasuk mentega ini. Nah pada tahun 2015, yang "ada" cuma milk cleanser, micellar water, cleansing balm, dll, belom "ada" dan gw kurang puas dengan pembersihan milk cleanser buat muka gw, terutama kalo pas pake make up yang agak tebel.

Singkat cerita, gw pake mentega dan ternyata make up gw langsung turun atau copot semua tanpa usaha berlebih, bahkan setelah gw pake 2 hari berturut-turut, muka gw jadi gampang dibersihin dan turun semua komedo-komedonya atau kita sebut saat ini sebagai oil plugs.

Untungnya di gw gak kenapa-kenapa, karena habis pake mentega, gw lanjut ke milk cleanser dan face wash biasa. Gw gak jerawatan sama sekali, muka gw makin bagus, dll. Ternyata teknik ini saat ini (2020) dinamakan dengan istilah cleansing oil/balm 15 menit. Jadi yang bener menggunakan cleansing balm/oil yang khusus buat muka ya, bukan mentega, bukan baby oil, bukan olive oil yang buat masak, tapi khusus yang buat muka.

Alesannya kenapa harus yang khusus buat muka? Karena kalo yang dirancang buat muka, nantinya akan menjadi susu atau menjadi buih dan larut dalam air, sehingga tidak menyumbat pori-pori, sedangkan kalo oil yang lain nantinya akan menyumbat pori dan bisa menyebabkan jerawat pada kulit.

Gw pribadi setelah mengenal AHA/BHA/PHA mask atau peeling cream/gel dan dipake seminggu sekali, oil plugnya gak ada yang keluar sama sekali dari muka gw, tapi pas gw make up full selama seminggu berturut-turut terus pake cleansing oil selama 15 menit, oil plugnya keluar.

Tapi perlu dicatat bahwa gak semua orang cocok ya dengan teknik ini, gw sendiri sebenernya kalo gak macem-macem buat harian, gw akan lebih pilih peeling cream/gel atau pake AHA/BHA/PHA peeling solution, tapi kalo misalnya pake make up mungkin akan lebih memilih oil cleansing selama 15 menit ini.

Buat yang gak bisa atau takut pake cleansing oil 15 menit, tenang, gw kasih tau bedanya ya. Kalo gw pake peeling solution, gw peeling hari ini, ngelotok, atau copotnya oil plugs mungkin gak langsung hari itu juga, bisa besok, atau lusa, gak enaknya jadi kita harus bersihin atau gosok-gosok muka lagi pake tangan bersih aja kalo emang kotorannya agak banyak. Sedangkan kalo pake peeling cream/gel, keluarnya akan langsung, jadi besoknya gak akan ngelotok lagi tuh kulit dan kotoran lain-lainnya, tapi kaya kurang satisfied aja. Sedangakan kalo pake cleansing oil kotoran, debu, dll akan keluar saat itu juga dan kerasa satisfied karena liat kotorannya langsung.

Jadi pilih yang mana? Kalo misalnya takut pake cleansing oil selama 15 menit, bisa pake peeling solution atau peeling gel/cream ya.

Kalo gw pribadi, kalo terasa banyak daki/kotoran gw akan pake peeling gel/cream, kalo banyak komedo gw akan pake peeling solution, abis itu komedo keluar, minggu berikutnya pake peeling cream/gel. Sesuaikan aja sama kebutuhan kalian.

Nah pengen di spoil merk kan?
Untuk peeling solution gw pake somethinc


Peeling gel/cream bisa pake dari merk zoya cosmetics



Baik itu peeling solution, gel, cream, dan oil cleanser 15 menit hanya dilakukan 1 minggu 1x ya, maksimal 2x, tapi 1x aja cukup sih sebenernya gak harus sampe 2x juga kecuali kalian merasa perlu, silahkan :)

Segitu dulu aja ceritanya, kalo ada yg mau ditanyain bisa ninggalin pesen di kolom. komentar ya.

Own it, live it, love it. 
Hug, love, and kisses.
Sam.

Comments