Vocal 4: Perut Kosong VS Perut Terisi Ketika Bernyanyi

Image result for mic
source: artinest.com

Kalo nyanyi itu baiknya ketika perut dalam keadaan kosong atau dalam keadaan terisi?

Answer: setengah isi setengah kosong.

Bukan, itu bukan judul buku. tapi jawabannya emang itu. Coba kita review satu-satu ya...

Kalo kita nyanyi dalam keadaan perut yang kosong, tenaga yang kita punya sedikit, jadi akibatnya ketika mau memproyeksikan suara atau mengeluarkan suara, tenaganya gak ada. Alias gak bisa keluar suara secara appropriate. Gimana tuh kalo mau nyanyi tapi gak ada tenaga? Nyanyinya gak fokus, suara yang keluar gak keras, apa lagi? Banyak....

Kalo nyanyi dalam keadaan perut yang terisi penuh (dalam hal ini terisi penuh ya,) akibatnya.... susah ngatur nafas. Coba deh, kalo nyanyi, nafasnya kan pake perut (istilahnya nafas perut) kalo perutnya udah penuh, udah full, buat mengembung lagi kan susah, jadi nafas yang bisa di ambil jadi sedikit. Power sih power, tapi kalo nyanyinya ngos-ngosan? Susah juga kan...?

Jadi emang paling baik perutnya terisi, tapi cuma setengah aja. Kalo istilahnya Rasullah, as. "Berhenti makanlah sebelum kenyang". Artinya makan jangan sampai kenyang, cukup setengah aja, biar kuat, punya power dan bisa ambil nafas dan keluar suara dengan baik.

Tambahan, kalo mau nyanyi atau manggung, sebaiknya kurang lebih 4 jam sebelum nyanyi, udah mulai banyak-banyak minum biar pas nyanyi suaranya gak serak.

Kok di sela-sela nyanyi banyak penyanyi yang minum air putih Sam? Itu ngaruh gak?
Oh iya, itu bukan supaya gak seret atau gak serak tenggorokannya. tapi, biar mulutnya gak penuh sama saliva alias air liur. Kalo pas nyanyi mulutnya penuh liur, yang ada kalo gak muncrat, yaa nyanyinya gak enak juga kan?

Own it, love it, live it.
Hug, Love and Kisses.
Sam.

Comments

Post a Comment