Buah Carica



Minggu lalu gw main ke rumah Bude (arti: Tante) gw yang rumahnya di daerah Dieng... Gw main sekitaran bulan 10, cuacanya gak dingin gak panas. Sejuk aja berasa pake AC biasa. Sepulangnya dari rumah Bude, gw dikasih buah tangan, buah Carica. Gw baru pertama kali denger namanya, gw pikir semacem rujak gitu. Ehh ternyata dari hasil googling:

Buah Carica juga sering disebut sebagai Pepaya gunung. Nama latin dari Carica adalah Vasconcellea Cundinamarcensis, termasuk Family Caricaceae dan asalnya dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan.
Pohon carica bisa mencapai 10 meter dengan sedikit cabang, seperti pepaya ada umumnya. Buahnya seperti buah pepaya, tetapi kecil, panjangnya antara 6 - 15 cm. Seperti pepaya, jika masih muda berwarna hijau dan jika sudah masak berwarna kuning atau kuning kemerahan. Tetapi Carica jika dagingnya di makan langsung, agak sepat, tidak seperti pepaya. Daging buah carica biasanya diawetkan dalam cairan sirup atau dimasak sebagai sayuran. Texture daging buahnya seperti mangga, bukan seperti pepaya.

Manfaatnya:
  • Kandungan seratnya tinggi (dapat melancarkan proses pencernaan.)
  • Kandungan papain dalam buah Carica dapat berguna untuk menetralkan pH dan membunuh bakteri jahat dalam usus.
  • Kandungan Vitamin A dalam Carica lebih besar daripada buah wortel sehingga baik untuk kesehatan mata.
  • Kandungan Vitamin A dan Vitamin C juga baik untuk menangkal radikal bebas dan sinar UV yang dapat merusak kesehatan kulit.
  • Vitamin B kompleks berperan penting dalam metabolisme tubuh yang dapat menghasilkan energi tambahan bagi kesehatan tubuh.
  • Carica mengandung zat agrinin yang dapat menghambat tumbuhnya sel kanker dalam tubuh

Biasanya Carica dijual di dalem Jar atau toples, atau dijual dalam bentuk gelas plastik seperti kemasan air minum tapi ukurannya lebih kecil, kaya gini:


Buah Carica layak banget buat dicoba, apalagi kalo lagi main ke daerah Wonosobo, Dieng dan sekitarnya. Gak nyesel deh.... Bikin sehat lagi.

Own it, live it, love it.
Hug, love and kisses.
Sam.

Comments