Kenapa Makanan Pedas digemari dan Bikin Nagih?

Hayooo kenapa...???

Makanan pedas makin kini makin digemari banyak orang. Buktinya aja, snack pedas kaya keripik atau macaroni kian hari kian menjamur dimana-mana.
Sebut contohnya:

1. Maicih

2. Karuhun

3. Macaroni Ngehe


Selain snack pedes, sambel yang dijual dalam bentuk botolan juga semakin laris pedes dipasaran, contohnya:

1. Sambel Bu Rudi

2. Sambel Ibu Mertua

3. Sambel Momo


Restoran khusus sambel bahkan udah lebih dulu menjamur daripada snack dan sambel botol. Contohnya:

1. Warung SS (Super Sambel)

2.  Rumah Makan Sambel Cobek

3. Sambel Hejo

Kenapa sih kok sambel begitu diminati orang? Bahkan orang yang gak bisa makan pedes aja merelakan perutnya sakit demi sambel, orang yg gak suka sambel jadi suka sambel. Makanan Padang aja pake sambel, makanan Sunda bersambel, bumbu pempek aja pedes, kenapaaa? Why...? Tenang, tenang, Tika Sam punya jawabannya, jadi... ini dia alesannya...

1. Tubuh Memproduksi Morphin Alami.
Rasa pedas yang dihasilkan cabe dan keluarganya kaya merica, dll menstimulasi sekresi endorphinoleh hipotalamus. Hipotalamus itu kelenjar dibawah otak yang akan bereaksi kalo tubuh merasakan sakit luar biasa, dan rasa pedas ini dikenali oleh jaringan syaraf tubuh sebagai rasa sakit sehingga secara alami tubuh mengeluarkan endorphin, yaitu senyawa yang mirip dengan morphin. Nah, makanya kenapa orang yang hobi makan makanan pedas kaya orang kecanduan, karena tubuhnya memproduksi morphin alami.

2. Sebagai Media Curhat
Kalo misalnya lo makan pedes, kan sering kali nangis tuh. Nah, kalo lo nangis pas makan pedes, kemungkinan orang buat nanya, "Lo kenapa nangis?" Pasti kecil, bahkan gak ada sama sekali. Palingan orang bakal bilang, "Ya ampun, sampe nangis gitu saking pedesnya," Padahal gak ada satupun yg tau kalo lo nangis gara-gara lo Jomblo, punya utang, atau karena kangen mantan.

3. Rasanya Enak (Syarat dan ketentuan Berlaku)
Rata-rata restoran sambel atau snack cabe pedes-pedes gitu rasanya enak. Makanya bikin orang ketagihan buat dateng lagi dan makan sambel pedes itu lagi.

4. Sambel Banyak manfaatnya
Manfaatnya gw jabarin lagi di sub point di bawah:

  •  Sambal Kaya Akan Vitamin

Makanan pedas bagus untuk kesehatan tubuh karena mengandung vitamin A, vitamin C, dan bioflavonoid yang baik untuk jantung karena dapat memperkuat pembuluh darah agar kerjanya tetap elastis serta sanggup menurunkan kadar kolesterol.
  • Capcaisin Meredakan Rasa Sakit dan Mengurangi Peradangan

Capcaisin merupakan komponen utama dari cabe. Capcaisin bisa meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan, sehingga bisa digunakan untuk mengurangi sakit kepala, sinus, migrain, melancarkan hidung tersumbat, menurunkan kadar gula darah, mempercepat metabolisme dan mengurangi jaringan lemak tubuh.
  • Mengatasi Diabetes

Tingkat insulin yang tinggi berhubungan langsung dengan timbulnya diabetes tipe 2. Hal ini bisa diatasi dengan cara memasukkan 24% cabe secara teratur dimasukkan ke dalam makanan. Peptida juga mendorong hati agar lebih mampu terhadap kelebihan insulin dengan adanya cabai.
  • Menyehatkan Pencernaan

Mungkin pernah ada yg denger kalo makanan pedes bisa bikin sakit perut atau mules. Sebenernya tergantung dari tingkat kepedesannya juga sih, well, tapi penelitian membuktikan kalo cabe sebenernya bisa mencegah gangguan pencernaan kronis, membunuh bakteri penyebab tukak lambung, memicu fungsi peristaltik usus dan TIDAK menyebabkan penyakit refleksus asam. Capsaicin di cabe juga merangsang mikroorganisme baik pada pencernaan yang meningkatkan penyerapan nutrisi untuk sumber metabolisme.
  • Menghentikan Penyebaran Kanker Prostat

Capsaicin cabai adalah senyawa yang bertanggung jawab menghentikan penyebaran sel-sel kanker prostat melalui berbagai mekanisme. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam 15 Maret 2006, Capsaicin membunuh kedua jenis utama dari sel kanker prostat dan merangsang pertumbuhan hormon laki-laki agar tidak terpengaruh.
  • Mengurangi Pegal-Pegal Badan

Pada cabe terdapat senyawa kapsisikol yang memberikan rasa hangat alami cabe. Kapsisikol ini yg membantu meringankan rasa pegal dari penderita pegal-pegal akibat pekerjaan berat. Makanya, koyo sering kali menggunakan cabe sebagai salah satu bahan bakunya.
  • Melancarkan Pernafasan

Selain mengurangi rasa sakit, capsaicin juga merangsang sekresi yang membantu membersihkan lendir dari hidung dan mengatasi paru-paru sesak.

Tapi makan cabe atau sambel ternyata ada efek sampingnya juga, saudara-saudara, 

1. Biarpun capsaicin bermanfaat, tapi capsaicin juga menyebabkan iritasi parah, panas di mulut, lidah dan tenggorokan.

2. Kalo lo lagi luka dan terkontaminasi zat cabe, apa yg terjadi? Kalo kena mata, bisa iritasi (sebenernya gak cuma cabe sih, kena debu juga iritasi, tapi, yaudah lah ya). Cabe juga memperburuk kondisi refluks gastro esofagus (GER) yang ada. Coba bayangin kalo hati lo lagi retak-retak terus makan cabe, apa gak nyesss itu hati?

3. Senyawa kimia tertentu seperti aflatoksin (hasil dari jamur) yang ada di cabe bisa menyebabkan kanker lambung, hati dan usus. Jadi, pastikan cabe yg lo makan cabe yg seger dan sehat.

4. Makan sambel atau cabe yg terlalu pedes juga bisa bikin kulit kepala gatel.

Nah, itu dia manfaat, alesan dan efek samping dari makan cabe yg berhasil gw rangkum di sela-sela kemalesan gw. Jadi gimana? Masih mau makan cabe, tambah suka makan cabe atau justru jadi gak mau makan cabe lagi?
Hohoho.

Sumber-sumber tambahan:
http://www.tipscaramanfaat.com/kandungan-dan-manfaat-cabe-bagi-kesehatan-225.html
http://manfaat.co.id/manfaat-cabai

Own it, live it, love it.
Hug, love and Kisses.
Sam

Comments