Naik Kereta Rp 70ribuan!!!

Judulnya gak banget ya? Haha, iya sih, bingung mau nulis judul apa.

Jadi ceritanya gw jalan-jalan ke jogja sama temen-temen gw. Tapi karena kita #GembelTraveler, kita naik kereta yang paling murah. Which is.... 70ribuan aja.

Kursinya keras banget dan gak bisa di gerakin, udah fix begitu aja gak bisa di senderin. Buat yang nyari kenyamanan, terutama buat yang udah tua, gak gw saranin. Tapi kalo yang masih muda-muda dan jalan-jalan low budget, gw bisa saranin naik ini.

Keretanya relatif aman, tapi tetep hati-hati juga ya, barang berharga dijagain dan diawasin yang bener. Disini juga ramah-ramah orangnya, di samping gw isinya Bapak-Bapak baru kenal sebentar langsung akrab, bahkan mereka saling tuker cerita dan bicara politik.

ACnya, gw bilang cukup maksa, tapi kreatif. Mungkin tadinya kereta ini tanpa AC, tapi kemudian ditambahin AC. Jadinya begini:

Kebetulan gw duduk di bawah AC, rasanya dingin banget, untung gw bawa topi dan selimut, jadi langsung tutupan aja.

Eh iya, disini tempat duduknya depan-depanan lho, jadi bukan semuanya ngadep ke satu arah aja, namanya juga ekonomi, jadi tempatnya di buat seefisien mungkin supaya bisa masuk banyak.


Tempat duduknya ada yang buat 3 orang, ada yang buat 2 orang. Kursi bisa milih lho, btw, gw lupa harus bayar lagi atau gak. Kalo single traveler, gw saranin ambil tempat yang berdua dan deket kaca, karena bisa sambil nyender ke kaca kalo pegel. Buat yang ngerasa badannya besar, sebaiknya milih yang kursinya dua. Karena gak ada batesan atau garis pembatas antar satu dan lainnya. Ini yang bikin nyiksa, kalo pas sebangku sama yang badannya gede, jatah kita bisa keambil. Sial-sial kalo duduknya di deket lorong, terus sebelahnya orang yang gede-gede, duh, bisa duduk separo pantat sampe ketujuan :"

Gw nyoba nyelonjorin kaki pas penumpang depan gw lagi caw ke toilet, dan ini yang terjadi:

Setelah lutut, kaki gw langsung masuk ke kolong! Gw amat sangat gak menyarankan orang yang tingginya di atas 160cm, terutama buat yang kakinya panjang. Kecuali udah siap sama resikonya.


Lutut gw sampe ketemu sama lututnya orang di depan gw, sampe gw duduknya harus miring. Kebetulan depan gw kakinya pendek, jadi gw bisa menyesuaikan. Gw baru sadar, ternyata kaki gw panjang juga ya :" Gimana ceritanya kalo Izhak naik kereta ini, pasti udah ngomel-ngomel karena kaki dia harus ketekuk. Kecuali yaaa depan dan kiri kanan temen semua, woles aja mau duduk gimana juga, sama temen sendiri ini. Kalo sama orang lewat, baru deh sungkan mau duduk macem-macem.

Despite all the odds, gw gak kapok buat beli tiket kereta ini, entah itu sendirian atau sama temen. Karena murah, aman, meski kurang begitu nyaman, tapi masih manusiawi. Oh iya, satu lagi, sering kali orang suka duduk dimana, naro barang dimana, soalnya suka penuh. Orang banyak yang bawa tas lebih dari dua, apalagi kalo bawa oleh-oleh, bisa sampe beberapa kardus di bawa. Kalo satu orang bisa beli tiket lebih dari satu, mungkin banyak orang yang beli satu row kursi buat sendirian kali ya :" di pikir-pikir tetep lebih ekonomis daripada beli tiket yang bisnis atau eksekutif.

Own it, live it, love it.
Hug, love, and kisses.
Sam.

Comments