Treadmill VS Outdoor Running

Selain indoor dan outdoor cycling, ada juga nih indoor dan outdoor running. A.K.A. Treadmill VS Outdoor Running. Buat kalian yg belom baca tentang pandangan gw mana yang lebih baik antara naik sepeda indoor atau outdoor, kalian bisa baca artikelnya disini. Gw juga nulis artikel lain lho tentang lebih baik mana antara berlari dengan atau tanpa sepatu, bisa dibaca disini. Without further do, let's get started!
Energi yang Dikeluarkan
Hasil penelitian telah membuktikan, dengan mengatur 1% tingkat pada alat treadmill membuat energi yang kita keluarkan sama dengan berlari di luar atau outdoor running.

Wah kenapa tuh? Iya, soalnya kalo kita berlari di luar kan ada dorongan angin, sedangkan kalo di treadmill gak ada dorongan anginnya. Selain itu, tempat kita melangkah di treadmill atau dikenal sebagai belt, membuat kita berlari atau berjalan dengan lebih mudah atau lebih effortless. Kenapa? Karena abis kita melangkah, belt itu akan membawa kaki kita yang di depan ke belakang, sehingga kita tinggal mengangkat kaki aja, bukan melangkahkannya. Keliatan sepele, tapi gak bisa disepelekan.

Kekuatan Otot
Masih berhubungan dengan point yang sebelumnya, karena belt tadi membantu untuk membawa kaki kita ke belakang, membuat otot kaki orang yang berlari di treadmill gak sekuat orang yang berlari diluar.

VO2 Max
Hasil penelitian lain juga menunjukkan, kalo VO2 max, alias kadar oksigen maksimal yang bisa kita ambil atau hirup selama berlari di treadmill dan outdoor sama.

Pola bio-mekanik
Penelitian juga menemukan kalo pola bio-mekanik seseorang yang berlari di treadmill dan outdoor running tidak berbeda.

Cuaca dan Kesehatan yang Kurang Baik
Nah, kalo cuaca lagi gak mendukung atau kesehatan yang kurang baik, ada baiknya kegiatan berlari dilakukan di treadmill, karena jalannya lebih lurus dan datar, dan kita gak perlu pusing mikirin cuaca, mau panas terik atau hujan badai, kita bisa ngumpet di bawah atap.

Sebagai tambahan yang harus diperhatikan, kalo kita berlari di musim atau cuaca yang dingin, kaya di musim salju atau berlari di daerah pegunungan, kita bakal lebih gampang capek dan tubuh kita juga membutuhkan oksigen yang lebih banyak dari biasanya.

Istirahat
Kalo lari di treadmill, kita bisa istirahat kapan aja, bisa tiba-tiba duduk, makan, minum. Sebaliknya, kalo outdoor running belum tentu pas kita mau istirahat ada tempat duduk di sekitar kita, atau pas mau makan, ada abang-abang yang jual bakso, kan?

Pace dalam berlari 
Di treadmill, pace udah di tentukan sama alatnya, jadi kita gak usah mikir lagi, sedangkan kalo outdoor running, kita harus mengerti bener tentang pace.

Otot yang dilibatkan
Sama halnya dengan indoor cycling dan outdoor cycling, jika kita berlari di luar, adanya dorongan angin yang akan menerpa. Dorongan angin tersebut membuat semakin banyak otot yang akan dilibatkan dalam berlari. Meskipun di beberapa alat treadmill ada yang dilengkapi dengan tambahan fan untuk menambahkan angin buat menyerupai seperti kita berlari di luar, namun gak sepenuhnya mirip lho. Karena angin tersebut cuma di arahkan ke beberapa bagian tubuh aja, gak semuanya. Sebagian orang berpendapat kalo tujuan pemberian fan atau kipas di alat treadmill biar kita gak kepanasan pas berlari.

Vitamin D
Hal yang gak bisa dipungkiri kalo kita berlari diluar, adalah adanya asupan vitamin D dari matahari yang akan masuk ke tubuh kita. Namun hal tersebut gak berlaku ya kalo larinya pas gak ada matahari.

Gangguan dan Bahaya
Kalo berlari di luar, bahaya dan gangguan yang datang akan lebih banyak dari berlari di dalam. Misalnya kita bisa di culik orang, godaan pengen jajan, godaan pengen mampir, resiko kecelakaan ketika kita berlari diluar juga lebih tinggi.

Incline dan Decline
Apa itu incline? Incline adalah tanjakan, sedangkan decline adalah turunan. Pada alat treadmill kita bisa berlatih dengan menggunakan tanjakan, tapi tidak dengan turunan.

Progress dalam Berlari
Di treadmill, kita bisa mengecek progress kita dalam berlari sudah sampai mana dengan lebih akurat daripada di outdoor atau tanpa alat. Emang sih, kalo pake alat tracking, kita bisa sama-sama ngukur berapa detak jantung dan jumlah kalori yang terbakar, tapi kita mungkin gak secara akurat bisa mengukur berapa lama kita jalan menanjak, menurun, jalan datar, dan lain sebagainya.

Kesimpulan:

Treadmill
Gak ada gangguan cuaca panas - dingin, bisa berhenti kapan aja kalo capek, bisa sambil nonton TV atau dengerin lagu, jalanan lebih mulus, gak pusing soal keselamatan dari kendaraan lain, gak di ganggu abang-abang lewat, gak mata keranjang, progress dalam berlari lebih bisa terkontrol, gak usah pusing mikirin pace.

Outdoor
Bisa lari dimana aja dan gak bosen sama pemandangan yang itu-itu aja, dapet udara segar, lebih menantang buat nambah membakar kalori dan lebih memotivasi (kalo udah mulai dan lari di suatu tempat, harus semangat sampe balik ke rumah, gak bisa berhenti dimana aja, kecuali pesen ojek atau mobil online buat pulang ke rumah), bisa liat rute baru dan melihat hal baru setiap hari.

Nah, jadi untuk outdoor running diperlukan skill yang cukup seperti misalnya untuk menentukan pace, mengatur nafas, mengatur kecepatan berlari agar tidak gampang lelah, dll. Sedangkan berlari di treadmill emang skillnya gak harus sejago untuk outdoor. Tapi bukan berarti kalo gak jago gak bisa outdoor running dan cuma yg cupu aja yang berlari di treadmill. Ada lho aplikasi yang menuntun kita buat belari dan ngasih tau kapan kita harus lari, kapan kita harus berjalan pelan, dll. Gw nyaranin aplikasi Zombie Run.
Boleh googling sendiri aplikasi lainnya yang cocok buat kalian.

Own it, live it, love it.
Hug, love, and kisses.
Sam.

Pranara luar:
https://runnersconnect.net/treadmill-vs-running-outside/
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8887211
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/4033405
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7421475
https://runnersconnect.net/cold-treadmill-tips-boredom/
http://www.shape.com/fitness/tips/benefits-running-outside-vs-treadmill
https://www.verywell.com/treadmill-vs-outside-running-which-is-best-3120796
http://www.active.com/running/articles/indoor-vs-outdoor-running-3-things-to-know-about-treadmill-training?page=2
http://www.livestrong.com/article/388802-treadmill-vs-running-outside/
https://www.builtlean.com/2016/11/07/treadmill-sprint-workout/
https://www.caloriesecrets.net/running-on-the-treadmill-or-outdoors-which-is-better-for-weight-loss/

Comments