Movie: Mother!

This is so SICK! Lo harus nonton Mother!

Film ini jelas banget tentang ketamakan manusia, sifat manusia yang selalu mengulang kesalahan berulang kali, mau memaafkan, sifat yang mau berkorban demi orang lain.

Ok, lo harus nonton filmnya, gw lebih dapet feel dari film ini daripada "A Ghost Story" atau "Get Out", sorry to say, biarpun ratingnya biasa aja, tapi waktu yg gw keluarin buat nonton bener-bener worth it banget. Film ini masuk dalam nominasi Golden Lion di 74th Venice International Film Festival.

So, where do I begin?

Coba kalian bayangin, kalo lagi adem ayem sendirian di rumah, tiba-tiba ada orang dateng ke rumah kalian? Kalo cuma satu mungkin gak masalah, tapi kalo orangnya terus-terusan nambah, bikin kekacauan, bahkan lebih galak daripada kalian yang punya rumah, dan ngerasa seakan-akan itu rumah kalian, gimana?

Itu yang dirasain ketika tamu pertama dateng ke rumah. 

Kemudian tenang-sunyi-senyap, semua berjalan seperti seharusnya, tiba-tiba ada lagi kejadian yang neror kita, orang dateng, main asal ngaku kalo semua yang ada di rumah kalian adalah punya mereka juga. mereka merusak semua barang yang ada, nandain kalo mereka pernah ada disana, emang adegan disini dibuat berlebihan, tapi bener-bener nunjukin kalo manusia itu tamak, perusak, gak menghargai privasi dan kepemilikan orang lain. Butuh bukti nyata? Coba deh kalo pas pembagian sembako, pasti mereka pada tamak berebut pengen dapet semua, pengen semua buat mereka, kalo udah dapet satu ngantri lagi biar dapet dua, tiga, bahkan lebih.

Lanjut lagi, si Mother atau Jennifer Lawrence disini gw anggep sebagai manusia yang memaafkan dan selalu percaya, percaya kalo orang lain, si Father atau Javier Bardem bakal berubah, bakal jadi pribadi yang lebih baik lagi. Tapi Javier disini tetep gak berubah dan tetep selalu mengecewakan Jennifer, dia lebih baik mengecewakan Jennifer daripada mengecewakan orang banyak. Pernah denger gak orang berkorban demi kebahagiaan orang lain? That's what it is.

Sampe akhirnya Jennifer udah abis kesabarannya, dia ngebakar seisi rumah dia dengan bensin kayanya, dia ngebakar abis semuanya dan di akhir film, Javier masih aja minta sesuatu, dia minta cinta dari Jennifer, biarpun semua yang dia punya udah ilang, seluruh badan dia udah terbakar, dia masih bisa ngasih cinta dia buat Javier, dan diambil pula sama Javier (literally Javier ambil cinta Jennifer dari dalem dadanya, di belek, terus diambil). Terus keadaan balik seperti semua di awal film. Apa tandanya? Tandanya biarpun udah seancur apapun manusia, udah serusak apapun itu, masih tetep bisa ngulang semuanya dari awal, sifat pemaaf manusia. atau mungkin bisa juga dianggep sebagai manusia yang bisa berdiri despite semua kesulitan yang dia punya, dia masih bisa memulai hidup baru lagi dari awal.

Tambahan, kalo kalian perhatian, mungkin kalian inget di awal dan di akhir film, Jennifer sama-sama terbakar, tapi kalo kalian liat lagi dari deket, kalian bakal ngeh kalo ternyata terbakar yang pertama dan kedua beda. Itu tandanya, Jennifer udah membakar diri dua kali. Alias, Javier udah dua kali merusak keadaan dan Jennifer udah ngasih kesempatan dua kali. Secara eksplisit tamu yang pertama bilang,
"Bukannya lebih baik memulai dari awal daripada memperbaiki yang udah ada?"

Phew!

Gw gak ngerti kenapa rating film ini bisa sejelek itu, padahal film ini se dalem itu... menurut gw. Coba liat trailernya disini:




Duration: 121 minutes
Budget: $ 30 million
Box Office: $ 44.5 million
Rotten Tomatoes: 69% dan 50%
IMDb: 6,7

Own it, live it, love it.
Hug, love, and kisses.
Sam.

Comments