Relationship: Decided in 5 minutes.

Ok, So... comblang percomblangan itu emang udah lumrah ya gw rasa. Lo juga pasti pernah dong disamperin sama temen lo, terus dia bilang, please banget comblangin gw dong sama temen-temen lo. Kemudian lo bingung, nyari buat lo aja udah susah, apalagi buat temen lo. Jadi kadang lo suka ngasih asal aja gitu dan temen lo kegirangan.

Di sisi lo sebagai temennya, lo udah mati-matian minta jodoh sama temen lo, pas lo dikasih, eh ternyata gak cocok. Terus lo tetep paksain, karena lo ngerasa gak enak sama temen lo yg udah nyomblangin temennya ke lo. Apalagi kalo ternyata temennya itu baper sama lo. Makin gak enak deh kan. Lo banyak nahan diri. Merasa sok suka, atau sok gak suka. Biar omongan tetep jalan aja gitu. Terus kadang lo harus pura-pura jadi gak baik biar hubungan itu berhenti. Nih gw kasih saran:

Segimana pun orang yang ngenalin lo ke orang lain, se legit apapun dia, atau selegit apapun orang yang dicomblangin ke lo. Kalo lo gak suka. Udah, tinggalin aja. You deserved to have someone yang cocok sama lo, bukan cocok menurut orang lain, atau hasil comblangan temen/sodara/siapapun itu.

Gw habis dimarah-marahin abisan sama bokap gw selama sebulanan ini. Jadi ceritanya, di nikahan sepupu gw, gw dikenalin sama Tante gw ke cowo temen dari sepupu gw ini. Jarak umur kita ceritanya cukup lumayan jauh. I expect, dia jauh lebih dewasa, udah lebih mapan, dan gw gak usah ngalamin drama-dramaan, harusnya udah bisa langsung nikah dong ya besok.

Eh ternyata nasib berkata lain. Gw juga gak tau deh kenapa tante gw ini nyomblangin gw sama si cowo ini. Panggil aja dia Keong. Nah si Keong ini tuh ngobrol kan sama gw setelah dikenalin. in 5 minutes, gw udah ngerasa ih. Ih kok ini orang begini ya. Tapi ini jauh jauh banget di bawah ekspektasi gw. Kaya masih anak kecil dan gak ada dewasa-dewasanya. Apalagi buat orang yang umurnya seperempat lebih tua dari umur gw.

Gw gak akan bahas lebih lanjut lagi tentang dia, karena blog gw kali ini bukan tentang dia, tapi fokus ke masalah comblang-percomblangan dan cocok-ketidakcocokan.

Sah-sah aja kita buat suka sama orang. Sah-sah juga orang buat suka sama kita. Tapi kalo emang gak cocok, yaudah jangan dipaksa. Lihat seberapa jauh atau lama lo bisa menilai seseorang. Mungkin harus seharian? Seminggu? Sebulan? Kalo gw, 5 menit cukup. Kecuali buat orang yang udah terbiasa atau ahli buat menutupi diri, nah biasanya gak sekali pertemuan bisa keliatan. Apalagi kalo acaranya acara formal, agak lebih susah lagi buat ditebak.

Jangan kebiasaan buat buang-buang waktu lo buat orang yang gak penting atau toxic buat lo. Apalagi kalo tujuan lo berkenalan buat serius (nikah). Udah mending jangan. Kalo lo masih SMP atau SMA, tetep jangan. Gini, kalo lo suka sama orang, terus ngabisin waktu sama dia. Gimana rasanya? Seneng kan? Tapi kalo cuma dijadiin bemper doang, gimana? Masih seneng? Ok, gw denger ada yg bilang masih seneng...

Gak semua orang seneng dijadiin bemper doang. Gak semua seneng. Lo boleh bertemen sama siapa aja. Gak ada yg ngelarang, tapi kalo orang itu suka sama lo, dan dia ngareb/p (pake b atau p sih?). Lo jangan temenan sama dia. Kecuali kalo dia bisa professional. Suka iya, tapi gak ngarep. Nah itu boleh.

Karena ekspektasi dia akan beda. Ketika dia temenan sama lo, dia akan ngarep buat jadi pacar/pasangan lo. Dia bakal nyanyi lagu dewa 19:

Aku bisa membuatmu jatuh cinta kepadaku meski kau tak cinta kepadaku.

Padahal yaemang gak semuanya bisa luruh. Ada namanya babat, bibit, bubut, bebet, dan bobot. Kalo itu semua terpenuhi, baru deh bisa:

Cinta tumbuh karena terbiasa.

Jadi, lo punya hak buat memutuskan lo mau bertemen sama siapa. Iya emang bener,


Temenan jangan pilih-pilih. Temenan sama siapa aja. TAPI PILIH TEMEN DEKET YANG BAIK.

Lo berhak buat bahagia, jangan semata-mata karena dicomblangin terus lo langsung harus klik aja gitu. Jangan semata-mata karena lo iri sama semua orang pacaran, terus lo pengen pacaran juga. Daripada lo malah pacaran sama orang yang salah, mending lo celibate (Am I allowed to used this term?).

Own it, live it, love it.
Hug, love, and kisses.
Sam.

Comments