Relationship: Dating With People with Disability

Mau gak kalo kalian pacaran atau bahkan menikah dengan orang yang disability atau bahkan disabilities? Gak bermaksud untuk menjelekkan, merendahkan, atau menghina.

Awalnya gw wonder, gw punya Tante yang tunarungu, bahkan sampe statusnya jadi Eyang, beliau gak nikah juga. Belakangan gw tau, ternyata beliau emang memutuskan buat gak menikah. Either karena pilihan dia, atau gak ada yang mau sama dia.

Hal kedua yang buat gw makin wonder adalah ketika gw ngajar di yayasan disabilitas, dimana gw ketemu dengan beragam disabilitas, mulai dari learning disabilities, intellectual disabilites, dll. Pokoknya beragam! dan bikin gw rasanya sedih, takut kalo nanti gw punya keturunan disabilitas. Takut gak bisa ngejagain sampe dia meninggal. Gimana kalo gw meninggal duluan, siapa yang ngasuh dia? Karena gak kuat tiap hari terharu, gw cabut dari tempat itu.

Hal ketiga dan ini yang bener-bener bikin gw HARUS nulis ini, karena sepupu gw ngenalin gw, dan kinda set us up, ke temennya yang disabilitas. At first gw marah. But then, dia ngenalin temen dia gak mandang gw, dia mandang temennya yang belum punya pasangan, blindly, dia ngejodohin sama gw. Duh itu orang nyomblangin gak liat-liat banget sumpah.

Setelah obrolan pertama tbh gw udah pengen gak mau kenalan lebih lanjut, tapi gw ngerasa gak enak karena udah dikenalin sama sepupu gw. Lagi pula gw juga gak enak kalo gw harus block dia dari hidup gw cuma karena dia disabilitas. I mean, kita bisa kan temenan. That's okay, right? Tapi buat pasangan, gw gak bisa.

Just simply as, gw mungkin gak akan bisa bahagia, gw nyari pasangan yang bisa membimbing gw, bisa jadi temen diskusi, temen ngobrol, nyari yang sejajar atau bahkan lebih tinggi, bukan yang jauh dibawah gw. Gw harus membimbing dia, harus jagain dia, kelakuan dia kaya anak kecil. Terus kalo makan dong, ngecap, terus bibirnya pake dimaju-majuin ke depan, bisa sambil nengok kiri kanan sambil makan. (OK, ini gw jahat, dia begitu karena dia berkekurangan Sam, kalo dia normal dan baik-baik aja, lo boleh ngomong gini. But I said it anyway, supaya kalian gak bilang, "tau darimana lo kalo dia disabilitas?" Yaemang dia disabilitas. Pokoknya sekilas ngeliat udah ketauan deh.

Nah cowo ini tuh gak sepenuhnya disabilitas, maksudnya disabilitasnya gak parah-parah amat. Dia masih bisa sekolah, bisa kuliah, meskipun ya kampusnya gak bagus-bagus amat, jurusannya juga bukan jurusan yang macem-macem. Jurusan yang hafalan, gak memerlukan berpikir logika. memang dia juga gak bisa berpikir logika sih. Logika dia buruk banget. Dia suka cerita, "Kenapa ya sepupu-sepupu aku pada suka ngatain aku bego, padahal siapa yang bego sekarang, aku kuliah udah lulus gak sampe 4 tahun, tapi sepupu aku gak lulus sampe sekarang." Comment gw dua hal, pertama, si orang ini kuliahnya D1, D2, D3, each 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, kalo sampe 4 tahun ya keterlaluan. Tapi emang buat orang seperti dia, gw salut karena bisa sesuai dengan "track"nya, gak lebih molor kuliahnya. Gw gak tau juga sih kenapa dia ambil D1 dulu, terus D2, D3, mungkin karena orang tuanya juga takut kali ya dia gak bakal lulus atau apa. Sisi kedua, Gw gak tau ya dia emang lebay atau beneran sepupu dia belom lulus. Gw juga gak tau berapa umur sepupunya.

Ayahnya juga banyak gak mempercayakan banyak hal ke dia. Dia suka marah, dia bilang, "Bapak dikasih tau suka susah, padahal aku udah kasih tau jangan begini, diginiin aja. Tapi dia gak bisa dikasih tau." And you know what, wajar aja sih kalo Bapaknya gak mau, masukan yang dia kasih ya gak masuk akal. Dia juga marah karena gak bisa nyetir mobil matic, katanya dulu mau belajar tapi gak dikasih. Sekarang udah tua disuruh belajar, tapi dianya udah gak bisa, versi dia udah ketuaan. Buat gw itu nonsen. Cuma ya gak tau ya. Gw kan belom setua dia, jadi gak bisa ngerasain di posisi dia. Dia bisa nyetir mobil manual, cuma ya gitu, membahayakan.

Saat ini dia bekerja, bisa menjalankan sebagian besar tugas dan kewajiban, meskipun kalo dikasih kewajiban, dia gak bisa diandalin juga.

Gw saat ini lagi dirundung rasa bersalah banget karena gw "ninggalin" dia. Sungguh, sumpah gw ngerasa bersalah banget. Kalo diinget-inget lagi tentang dia, ya emang gak bisa sama-sama dari sisi manapun. Temen aja udah, cukup, gak bisa lebih. Tapi di sisi lain gw feel guilty, kalo gw ninggalin dia karena keterbatasan dia, jahat gak sih gw? Mau diliat dari sisi manapun, dia gak akan memenuhi ekspektasi gw sebagai manusia normal. Yaa karena emang dia berkekurangan. Mau gimanapun gak akan bisa.

Gw blocking dia karena dia berkekurangan, atau karena dia berkekurangan makanya gw block (you know what I mean?) Harusnya gw bisa sih nurunin standar gw buat dia yang berkekurangan, tapi seturun-turunnya, yaa gak bisa. Jauh banget. Ini yang gw takutin. Gw takut kalo gw punya anak, anak gw kaya dia. Gw takut banget. Gw takut nanti gw tumbuh tua, gw gak bisa ngejaga anak gw selamanya. Kaya dia yang masih terus disupport dari orang tuanya dalam bentuk apapun, meskipun dia bilang dari segi financial dia udah gak dibantu, tapi kan gw gak tau ya. Bisa jadi masih tapi dia gak sadar, atau apa. Pokoknya gw takut kalo gw punya keturunan kaya dia. Namanya gen, kita gak bisa cegah, tapi kita bisa cegah dengan ngasih gizi yang baik selama hamil, ngejaga supaya gak sakit, penuhi gizinya.

What should I do? Gw gak mau berkorban juga harus sama dia dan jadi "baby sitter" seumur hidup gw, yang mungkin nantinya gw harus support financial keluarga gw sama dia, karena karir dia mungkin akan stuck di situ aja karir gw juga mungkin sama. Belom lagi kemungkinan gw gak bisa punya anak. Bahkan gw juga udah mikir jahat banget sumpah, gw kalo nikah sama dia gak mau disentuh sama dia, gak mau punya anak dari dia, gw maunya anaknya dari orang lain. Gw jadi inget film Wah Cantiknya tau gak? Gw harus bersabar, harus nyelesein semua masalah hidup gw sendiri karena gw gak bisa bergantung sama dia buat bantu nyelesein masalah hidup gw. Gw gak bisa ngasih kepercayaan dia buat ngejaga anak-anak, ngurus rumah (dia gak bisa dikasih tanggung jawab, sumpah).

Gw gak ada cinta-cintanya dari awal, tapi gw takut gw kena tulah nantinya. Sumpah gw takut. kalo kalian, kalian mau gak menikah dengan orang disabilitas? kalo iya, kenapa? dan kalo enggak, kenapa? makasih semuanya.

Own it, live it, love it.
Hug, love, and kisses.
Sam.

Comments