Movie: Biography Movie Parti I (Pride and Prejudice, The Walk, Sully, Breathe, Megan Leavey, and The Greatest of Showman.)

Who says biography movie is boring? Film biografi gak selalu boring kok, beberapa film di bawah ini buktiin kalo film biografi gak selamanya bosenin.


AKHIRNYA setelah beberapa kali nyoba nonton film ini, bisa juga sampe tamat. Gw selalu ketiduran, emang asli ngantuk banget. Entah dari aksennya, entah karena film banget (kaya gak bakal jadi di dunia nyata), atau karena apa deh.. Tapi temen gw banyak yang suka dan rekomendasiin film ini banget. SO...

Film ini tentang dua orang yang gak bisa bersatu, karena pride mereka sendiri dan juga prejudice mereka. Dua dunia, satu orang kaya raya dan satu orang biasa. Keduanya juga sama-sama gengsi. Akhirnya mereka terpaksa harus nerima kenyataan kalo mereka gak bisa bersatu.


Sedih sih, di jaman itu pasti prejudice macem ini kuat banget. Jaman sekarang juga masih, tapi gak sekuat pada jaman itu. Eh, emang iya?



Duration: 127 minutes
Budget: $ 39 million
Box Office: $ 121.1 million
Rotten Tomatoes: 86% dan 89%

IMDb: 7.8



Tadinya gw mengira film ini bakal bosenin banget, tapi ternyata film biografi ini dibuat "film" yang dikemas secara menarik, gak cuma nonjolin di highlight-nya aja, tapi juga keseluruhan, gak keliatan lompat-lompat, seru banget nontonnya, juga deg-degan. Bener-bener diceritain secara benar.


Duration: 123 minutes
Budget: $ 23-45 million
Box Office: $ 61,2 million
Rotten Tomatoes: 83% dan 77%
IMDb: 7,3



Sully merupakan cerita nyata dari seorang pilot yang harus mendaratkan pesawatnya secara darurat di sungai, di New York. Meskipun semua orang di pesawat itu selamat, tapi tetep namanya kecelakaan harus disidak dan diselidiki, kenapa bisa terjadi kecelakaan?

Saat dicoba dengan simulasi, ada beberapa orang yang nyoba dengan situasi serupa, ternyata mereka bisa selamat kalo kembali ke bandara. Sebaliknya, kapten Sully tetep maksa untuk mendaratkan di sungai, bukannya balik ke bandara. Kira-kira, kapten Sully dikenain hukuman gak ya?

Seperti layaknya film biografi, biasanya agak kaku dan bukan bertujuan untuk menghibur. Tapi film ini gak kaku-kaku amat kok guys...

Duration: 96 minutes
Budget: $ 60 million
Box Office: $ 240.8 million
Rotten Tomatoes: 86% dan 84%
IMDb: 7,4




Film ini sebenernya gw kurang suka sih, dia banyak skip gitu, dicepetin ke fase hidup tertentu, jadi kurang dapet aja menurut gw. Terus menurut wikipedia, film ini sih rugi :(

Cuma patut ditiru banget sih, karena dia sakit, dia tetep semangat untuk hidup, tetep semangat untuk menjalani hari-hari dia, meskipun lebih karena dorongan dari istri dan keluarganya juga sih. Karena sakitnya ini, dia jadi bisa menemukan dan mendapatkan ide-ide baru untuk penyakitnya. Meskipun bukan dia secara langsung yang buat, tapi ide dari Robin Cavendish ini bagus-bagus dan masih dipake sampe sekarang. Selain dari yang punya ide, yang buat tentunya juga harus pinter dong. Ide tanpa realisasi juga percuma, thanks to Teddy Hall juga Jonathan Cavendish yang membuat film tentang Ayahnya.

Duration: 117 menit
Budget: $ 15 million
Box Office: $ 4.1 million
Rotten Tomatoes: 66% dan 72%
IMDb: 7.1



Tadinya gw gak nyangka film ini tentang anjing, sama sekali gak nyangka. Kalo tau gw gak bakal nonton. Sumpah. Gw sayang banget sama anjing. Sesayang itu. Gw kalo nangis, anjing-anjing gw juga ikut nangis, kalo gw seneng, anjing-anjing gw juga ikut seneng, kalo gw marah, anjing-anjing gw malah kabur ketakutan karena gw kalo marah serem.

Gw tau cerita tentang hachiko, tapi gw gak mau nonton. Denger ceritanya aja gw udah nangis bawang. Apalagi kalo gw nonton. Pasti sedih banget. Nah ini kan film biografi, gw pikir ya tentang perjuangan dia dari jatuh jadi bangun, ternyata to be specific tentang anjing. Duh gw gak bisa banget deh. Pas nonton gw deg-degan, mau nonton udah keburu separo, daripada gw gak nonton endingnya gw malah nangis depan anjing-anjing gw, kasian mereka jadi sedih buat hal yang mereka gak tau. Jadi gw nonton sampe abis. Bener dong. Banyak naik turunnya. Gw banyak nangis senengnya. Gw sambil megangin anjing-anjing gw, gw sayangin, gw cinta banget deh.

Mungkin pas gw post ini bakal ada yang pro-kontra soal pelihara anjing. Tapi sebelum netijen mulai gibah, gw mau kasih tau aja. Kalo mereka setiap hari ngejaga gw dan rumah gw. Kalo ada apa-apa, kaya maling misalnya, mereka gak ragu-ragu buat teriakin maling dan gigit itu maling, bahkan mereka berkorban nyawa. Maksudnya gimana? Ya kan maling namanya gak ada yang baik, suka bawa racun buat anjing gw, bawa pisau, atau senjata tajam lainnya. Dia rela berkorban gak mikirin dia bakal mati atau gak, mereka jagain kita yang punya rumah. Gw sesayang itu sama mereka. Gw mandiin jarang-jarang, karena gw juga jarang mandi. Gw sayang, gw kasih makan. Pokoknya kita saling menjaga. Kita saling sayang.

Balik ke film ini. Bukan cuma karena di film ini nyentuh kita dari sisi binatang aja, tapi mereka juga bagus banget plot skenarionya, bagus banget aktingnya, semuanya bagus. Lo harus nonton dan sedia tissue, or even better, shoulder to cry on.

Buat yang pengen liat Megan Leavey aslinya dan di film:

Source: Google


Duration: 116 menit
Budget: unknown
Box Office: $ 13,4 million
Rotten Tomatoes: 84% dan 82%
IMDb: 7,1



Gak usah gw review lagi, film ini banyak banget yg suka, si Aulion aja nonton sampe 3 atau 4 kali gitu. Soundtracknya diputer terus di radio, narinya keren, actingnya juga keren. BUT, tbh aja, gw kurang menikmati film ini gitu. Di film ini banyak skip soal detilnya dan fokus ke titik-titik atau poin penting dari kejadian selama hidupnya P.T. Barnum dalam membangun Circusnya dulu.

Gw paham sih, biar cepet selesai gitu filmnya. But I do prefer di bikin trilogi. Atau ada versi seriesnya yang lebih ngejelasin dan nonjolin lagi soal kehidupannya. Biar kita nontonnya gak cuma yg penting-pentingnya aja. Kayanya skip banget gitu :(


Buat yg belom tau, film ini adalah film biography.  Gak nyangka kan? Biasanya film biography bosenin, tapi yg ini dikemas dengan semenarik mungkin, jadinya kita suka dan tertarik buat nonton.


Duration: 105 menit

Budget: $ 84 million
Box Office: $ 432,8 million
Rotten Tomatoes: 56% dan 87%
IMDb: 7,8



Own it, live it, love it.
Hug, love, and kisses.
Sam.

Comments