Abuse vs harassment, bedanya apa?

waktu beberapa hari yang lalu gw nulis soal temen gw yang melakukan harassment ke gw. gw jadi googling, yang bener itu abusive atau harassment ya?

harassment itu bisa ke arah sexual, verbal, dan emotional. sedangkan abuse lebih ke arah fisik. harassment itu gak selalu mengarah ke criminal. jadi kalo bentuknya bully, ngatain, melecehkan, itu disebut sebagai harassment. tapi kalo udah jadi criminal seperti memukul, memperkosa, maka itu bukan harassment lagi. masuknya sexual assault.

dalam lingkungan pergaulan, kita bisa mencegah teman kita saat merundung atau berbicara kurang baik ke orang lain. kita juga bisa memulai dari keluarga kita untuk gak berkata-kata kasar terhadap diri sendiri dan orang lain. dalam beberapa hal, harassment bisa meningkat menjadi abuse bahkan assault. tapi bisa juga enggak.

biasanya kalo lagi sama-sama, orang bisa jadi pengecut (misalnya ada yang kecelakaan, orang malah nonton dan gak ada satu orang pun yang berani membantu). atau justru kalo lagi sama-sama orang jadi berani (misalnya kalo sendiri mungkin anak baik-baik, tapi kalo rame-rame malah berani untuk melakukan aksi tawuran antar warga).

apapun itu, semoga kita dilindungi dari orang jahat. semoga keluarga kita, teman-teman kita, juga lingkungan kita adalah orang-orang baik yang gak melakukan harassment ke kita atau ke orang lain, yang gak melakukan abusive ke kita atau orang lain.

semoga kita semua bisa mengontrol emosi negatif yang ada di dalam diri kita, dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Aamiin.

Comments