proses ngerjain laporan magang

Waktu gw bimbingan ke dosen, dosen gw ngasih contoh laporan univ lain yang menurut gw (mungkin) beliau jadi pengujinya. jadi kaya cross antar kampus.

berbekal dari itu, gw baca, gw pelajari, tapi yaudah gitu aja. gw kembali ke kampus gw, baca2 laporan temen-temen seperjuangan gw. berdasarkan itu, gw tulis laporan gw.

selesai gw nulis satu laporan, ada hal yang mengganggu gw. "diagnosanya pake ini ya Mbak." kata dosen gw. gw coba nanya sama temen-temen gw, tapi ada yang bilang, "emang pake diagnosa?" atau ada yg sesimple pake SWAT, entah apapun maksudnya.

setelah gw ke perpusnas, gw pinjem textbooknya (karena gw gak mau foto copy dan buku aslinya terlalu mahal. gw punya ebooknya, tapi gw gagal paham). gw kembali membaca laporan yg dikasih dosen gw, punya kampus lain.

setelah bolak-balik buku, belajar 1 bulan luntang-lantung, gw baru ngerti dan gw mau nangis banget.

kemaren gw magang hampir 6 bulan, rasanya mau balik lagi buat ngerjain kasus gw. yang gw kerjain bener kok, tapi ya kerasa kaya anak S1. kurang orang, rekrut. gak ada SOP, bikin SOP. bedanya lulusan S2 sama lulusan S1 apa?

harus diberikan diagnosa dulu, kasih angket, nanya masalahnya apa? terus tarik teori yang lo kuasai atau yang mungkin paling cocok. kasih angket lagi berdasarkan itu, nah terus tentukan urgensinya. kan banyak nih masalah yang terjadi. dari semua masalah-masalah itu, mana yang paling urgent? mana yang. menurut lo paling penting? intervensi deh masalah itu.

nah.. yang gw kerjain, ya se-simple anak strata 1. ok, gw mendiagnosa, tapi gak semendiagnosa itu. diagnosa gw practical, bukan theoretical.

now that I know it better, gw kembali akan mempelajari laporan dari univ lain, dan bakal gw terapin ke laporan gw. Bismillah hari ini laporannya bisa gw pelajarin by heart, jadi besok gw bisa menulis dan menerapkan di laporan gw.

kuliah strata 2 gak gampang, gak segampang itu. jadi konsultan gak segampang itu, ilmunya mahal dan wajar kalo dijual ke orang lain bakal berharga ratusan juta, karena emang sesusah itu.

begitu udah tau polanya, udah tau runutnya, bakalan gampang banget ke depannya.

Bismillah Agustus selesai 5 laporan, Aamiin.

Comments