Alasan gw takut lulus

Kalo Alit si penulis Skripshit punya alasan sendiri kenapa gak lulus-lulus, sampe dibikin buku dan banyak yang beli termasuk gw. gw juga punya alasan kenapa gw takut lulus.

pertama, karena society minta perempuan kalo abis lulus, ya kerja, atau nikah. iya sih emang kita gak harus ngikutin society. tapi gw kepikiran gitu. cita-cita dari SMA langsung nikah abis lulus. sampe tiap ada yang deketin, gw bodo amat deh merem aja dia gimana, langsung gw deketin balik. yang penting abis lulus, gw bisa nikah. perkara gak cocok, tinggal cerai, gampang.

parah ya? separah itu gw dulu...

sampe akhirnya gw mulai mencari jati diri, dan bodo amat deh sama kata orang. gw mau lulus, gw mau kerja, terserah gw.

nikah itu sunnah, punya anak itu rejeki. rejeki gak cuma dari anak, bisa dari mana pun. yaudah gw fokus aja sama semua yang ada di depan mata. meskipun gw udah sampe nangis-nangis, pengen bunuh diri meskipun gak gw realisasi.

sampe suatu saat gw udah berdamai dengan semuanya, tiba-tiba ada yang dateng... iya, pas lagi gak nyari, tiba-tiba ada. pas dicari, gak pernah muncul. tapi di sini "masalah" mulai muncul.

kalo dari segi kemapanan, dia udah mapan secara kepribadian, keuangan, dll. tapi secara kesetaraan... kehidupan keluarganya dengan keluarga gw, beda banget. yaa, ada yang beda, ada yang sama sih. tapi asli, beda. definisi nyaman buat gw dan dia beda. mungkin karena laki-laki, jadi maunya simple, praktis, gampang. sedangkan gw ngerasa digampangin sama dia. mungkin lebih ke.. karena dia belom ngerasain, belom pernah, makanya dia main simple aja. nanti kalo udah kena, dia bakal berubah dan tau kalo dunia gak semudah itu. itu sih kata nyokap gw. karena atas dasar pengalaman aja.

gw takut. gw sayang sama dia, dia baik. gw udah mikir ini dan itu, kayanya gw bakalan baik-baik aja sih kalo sama dia. tapi gw tetep takut.

takut kalo gw udah lulus, gw akan langsung ditodong buat langsung nikah sama dia. gw takut banget. padahal, ini kan yang gw mau? lulus langsung nikah. tapi pas ada di depan mata tuh, gw langsung takut.

gw selalu nanya ke diri sendiri. dulu gw jadi joki tugas buat temen-temen gw, bukan modal copas. bukan modal comot, tapi emang beneran gw nulis sendiri. setiap hari 1 makalah buat temen gw, tapi kenapa sekarang gw bikin makalah buat diri sendiri gak bisa?

gw free flow cerita ke temen gw. temen gw bilang, akar masalah kenapa gw takut lulus adalah gw takut abis lulus gw nikah sama dia. gw takut nikah sama dia, makanya gw ngumpet di balik status mahasiswa. kalo gw masih mahasiswa, gimana gw nikahnya?

padahal, kenapa gw musti takut? lulus kan perjuangan gw sendiri. gw bener-bener berjuang sendiri buat lulus. lulus untuk kepentingan gw, lulus untuk kebahagiaan gw, lulus sebagai bukti kalo gw bisa ngasih pendidikan yang lebih baik buat anak-anak gw nanti kalo gw dikasih rejeki. kalo gak dikasih anak, bisa adopsi, atau kalo enggak ya gpp.

kenapa gw musti takut buat ditodong nikah? gw gak akan bisa nikah kalo gak ada restu dari keluarga gw. gw bisa lulus tanpa persetujuan keluarga gw. well, harus persetujuan dosen sih. tapi gw kalo takut dia bukan yang terbaik, ya gpp. kan ada ortu gw yang akan bantu filter. ada ortu gw yang akan bilang dia baik atau enggak. ortu gw bukan kaya ortu-ortu temen gw yang buru-buru nikahin anaknya biar bisa lepas dari tanggung jawab kok. yang pada akhirnya kalo gak cerai, ngeluh di instagram karena suaminya gak bisa menuhin kebutuhan hidup, akhirnya dia harus kerja banting tulang demi keluarga. suaminya cuma hobi bikin anak tapi gak bisa tanggung jawab. ortu gw gak begitu.

kalo ngeliat dia kira-kira gak bertanggung jawab, gak akan dinikahin gw sama dia. pun ternyata udah terlanjur, gw bisa ditarik lagi sama keluarga gw karena gak mau gw hidup susah sama dia. jadi, apa yang gw takutin?

gw bisa banget lulus sekarang nih... sesuai target, ayo. masih tanggal 7. tinggal 4 skripsi lagi, bisa kali gw ajuin laporan gw buat sidang. kan gw pengen ngikutin kata society tadi katanya, abis lulus langsung nikah. yaudah sih, bisa kok bisa...

gw pengen sebenernya diliput sama media atau masuk coverage di youtube kaya Sandra Dewi,

"hidup saya tuh biasa aja. emang sih keliatannya bisa nikah di Disney Jepang. tapi perjuangannya susah, saya harus berhenti bekerja, gak boleh jadi artis lagi, harus menjaga ini dan itu, saya nunggu 30 tahun lho sampe dapet suami idaman saya."

gw pengen bilang gitu jugaaa.. gw pengen bilang gitu. tapi sekali lagi, kalo gw ditodong dan dia bukan orang yang baik, ortu gw bakal pasang badan kok. kalo dia emang baik, pasti dia gak akan bikin gw turun kelas. pasti akan berusaha bikin gw nyaman, pasti kok. kalo dia gak baik, pasti ortu gw gak akan kasih. udah santuy aja. pasti ada jalannya. santai aja. yuk bisa yuk lulus.

masalah besok, ya besok aja. daun gak akan jatuh tanpa izin Allah. pun gw ternyata hidup menderita (amit-amit) ya karena izin Allah. gw hidup bahagia juga atas izin Allah. jadi gak perlu takut sama takdir yang dibuat Allah buat gw. gw dikasih takdir dan kesempatan untuk kuliah, gw harus lulus dari ujian dan cobaan dari Allah buat lulus. habis lulus, gw pasti akan dikasih cobaan yang lain. tapi doanya, semoga gw diberikan kebahagiaan dan dipermudah hidupnya sama Allah. Aamiin...

Comments