Peraturan Makan (Makan buah dulu, atau makan berat dulu?)


Peraturan makan? Ada-ada aja sih, ngapain juga coba makan pake aturan, makan mah makan aja, suka-suka gw dong mau makan apaan. Hidup juga hidup gw toh?

Emang sih bener juga, kalo mau makan ya makan aja, tapi tujuan dari makan itu kan bukan sekedar kenyang. Tujuan utama dari makan adalah supaya bisa bertahan hidup (lebih lama).
Kalo jaman dulu, kita makan supaya bisa bertahan hidup. Kalo jaman sekarang, kita makan supaya bisa bertahan hidup lebih lama. Polusi, makanan junk food, pola hidup yang gak sehat, banyak pencemarah lingkungan, eh sama aja ya kaya polusi, pokoknya dengan keadaan yang sekarang, memungkinkan kita buat kena banyak penyakit dan cepet udahan. Iya, udahan, baru pacaran sebentar langsung udahan, baru olahraga sebentar langsung udahan, baru kerja dikit langsung udahan, pokoknya bentar-bentar udahan. Iya, gitu.

Supaya kita gak gampang udahan dan bisa bertahan hidup lebih lama, Princess kasih tips ya gimana caranya makan yang bener.


1. Makan buah terlebih dahulu sebelum makan nasi
Kenapa?
Karena dengan makan buah terlebih dahulu sebelum makan nasi membuat tubuh lebih mudah untuk mencerna makanan yang kita makan dan selain itu, makan buah di awal sebelum makan berat juga membuat tubuh lebih cepat kenyang.

2. Makan dari yang rasa gak begitu kuat dulu baru yang rasanya kuat.
Kalo yang ini sih, cuma tips aja, jadi misalnya kaya makan di kondangan, yang makannya buffet makan sepuasnya suka-suka terus yang anak kosan langsung perbaikan gizi, atau buat yang lagi makan di kafetaria sekolah atau kampusnya, yang makanannya itu-itu doang, rasanya juga biasa aja. Tipsnya dari gw, makan dari yang rasanya cenderung tawar.

Misalnya makannya sayur bening, ayam goreng mentega sama tempe mendoan. Nah kalo menurut lo, mana tuh yang paling tasteless? Kalo gw bilang pertama lo makan sayur bening, kedua tempe mendoan, ketiga ayam goreng.

Alesannya? Kalo misalnya lo makan mulai dari yang rasanya paling kuat dulu, nantinya pas lo makan yang rasanya agak tawar, rasa makanan yang agak tawar itu bakal terasa tawar sama sekali! Nanti yang ada lo nyesel karna udah makan sayur bening. Padahal sayur beningnya enak, ada rasanya, cuma karna lo makannya mulai dari yang rasanya kuat, jadi yang rasanya kurang kuat gak gitu kerasa.

3. Gak boleh tidur setelah makan, kalo mau tidur, dua jam setelah makan.
Pernah denger peraturan ini? Sering lah ya...
alesan dari peraturan ini gak cuma satu, banyak.
gw jelasin satu persatu,

3.a Kalo makan terus langsung tidur, nanti 
jadi gemuk. Kenapa? Abis makan kan nimbun banyak kalori, lemak, kalo gak dibakar, nanti jadinya langsung di simpen dalam badan, akibatnya kita jadi gemuk.

3.b Kalo tiduran, posisi kepala dan mulut kan sejajar dengan posisi lambung, jadinya bisa mengakibatkan 
makanan naik dari asam lambung keluar menuju mulut. Alias muntah. Coba abis makan enak-enak, mahal lagi, langsung di muntahin, mubazir banget, lagian kasian badan lo juga ngeluarin makanan yang belom selesai di cerna dengan baik, masih ngeluarin bentuk, belum ancur semua. Sama aja kaya hubungan yang masih belum di cerna dengan baik, masih mentah tau-tau udah harus putus aja karna gak bisa dan gak siap buat mencerna hubungan yang ada. Capek hati, udah PDKT, udah jalan, tau-tau harus kandas di tengah jalan.

3.c 
Tubuh gak bisa mencerna makanan dengan baik. Kalo kita tidur, tubuh juga tidur, gak bisa kerja mencerna makanan dengan baik, kerja sih, kerja, udah di gaji kok, pasti kerja, tapi gak semua kerja, cuma sebagian, jadi kerjanya gak efektif.

Lo tau gak, kalo misalnya tubuh kita makan sesuatu terus dalam lima jam makanan itu gak bisa diserap sama tubuh, makanan itu akan dikeluarin lagi sama tubuh alias di muntahin. Gw banyak banget ngomong muntah hari ini, entah kenapa, kalo bisa sih gw juga pengen muntahin kenangan gw sama dia yang pernah ada dari badan gw biar gak keingetan terus.

So, kalo misalnya abis makan terus lo langsung tidur misalnya, atau pencernaan lo kurang baik, atau entah karena apa, gw gak tau, tapi konteksnya di sini karena lo langsung tidur, jadi makanan yang ada bakal langsung di muntahin lagi. Karena udah lewat dari lima jam dan badan lo gak sanggup cerna, akhirnya dikembalikan atau dikeluarin.

Kenapa lima jam? Ada sih penelitiannya, setiap orang berbeda, tapi kurang lebih (rata-rata orang) selama lima jam. Ada yang lebih cepet, ada yang lebih lambat.

Hal ini juga nambahin alesan kenapa gak boleh langsung tidur setelah makan, harus di delay dulu dua jam. Karena kalo lo bangun, badan lo paling gak sadar secara penuh untuk mencerna makanan, jadi bagian berat untuk mencerna setelah lewat dua jam udah terlampaui. Akhirnya 3jam berikutnya untuk pencernaan yang gak begitu susah, bisa dikerjain biarpun tubuh lo beristirahat setengahnya.

 4. Minum air delapan gelas sehari (takaran satu gelas 250ml-300ml)
Aturan ini sih gak mutlak sebenernya, tergantung dari jenis aktifitas yang lo jalanin.
Kalo misalnya lo banyak tidur, yaa mungkin takaran satu gelas lo 250ml x 8 gelas cukup.
Kalo lo pemain bola basket, nah itu bisa-bisa lebih dari 8 gelas, bisa dua liter, bisa tiga liter, tergantung.

Kenapa sih kita harus minum terus? Karena tubuh kita memerlukan cairan, jadi kalo misalnya kekurangan, akibatnya bisa dehidrasi yang bisa berujung ke kematian.

Jangan salah, mentang-mentang lo di ruangan ber-AC terus lo jarang keringetan jadi lo pikir aman, itu juga tetep harus minum. Thanks to AC, dia ngambil cairan tubuh lo secara lo gak sadar.

Ah air 8 gelas banyak banget!
Gini deh, biar lo gak kerasa, minumnya di kasih jadwal aja gimana?
1. Pagi hari pas bangun tidur minum satu gelas,
2. Terus sebelum lo berangkat kerja/sekolah/kuliah minum lagi satu gelas,
3. Sebelum makan siang minum satu gelas,
4. Setelah makan siang (kira-kira satu jam setelahnya) minum lagi satu gelas,
5. Jam tigaan minum satu gelas (sekitar solat asar),
6. Sebelum pulang kantor/kerja/kuliah (asumsi pulang jam 5 sore),
7. Setelah makan malem minum satu gelas,
8. Sebelum tidur makan satu gelas.

Nah kalo di tengah-tengah itu lo ngerasa aus atau pengen minum, anggep aja bonus. Atau cara lain, lo minum setiap dua jam sekali biar gak pusing, butuh gak butuh, lo minumin aja segelas.

Gimana caranya tau kalo tubuh udah cukup cairan sama gak?
Caranya, liat aja dari air "seni" kita, namanya juga air seni, jadi ada karya seni di dalamnya, makna dalam yang gak terlihat. Kalo cairannya warna kuning, berarti kita butuh banget cairan, kalo warnanya putih, bening maksudnya, atau kuning tapi cenderung bening, itu berarti badan kita udah cukup minum.

Gw pernah sih liat di mall, di pintu toiletnya ada tulisan:
"Apakah warna air seni anda hari ini?"
Ada indikator warnanya, keterangan warnanya sama keterangan dari arti warnanya, mulai dari butuh banyak minum, butuh minum sama cukup minum.
Seharunya di tambah lagi sih, kebanyakan minum, karena kebanyakan minum juga sebenernya berbahaya. Sesuatu yang berlebihan berbahaya, cemburu berlebihan, punya mantan berlebihan, mantan gebetan yang berlebihan daripada mantan aslinya, dll.
Kalo lo keseringan ke toilet dan cairan lo berwarna bening, berarti lo kelebihan air. Tapi kalo sering ke toilet dan cairannya kuning pekat, berarti pensil alis lo jelek, soalnya suka luntur, dikit-dikit aja harus ke toilet buat ngecek alis.
Brows before bros!
Satu lagi tambahan, minum air harus secara berkala, jangan langsung di embat 8 gelas dalam satu waktu. Soalnya, kalo berlebihan, tubuh lo bakal langsung ngebuang cairan berlebih yang ada dalam tubuh lo. Percuma juga lo minum 8 gelas, karna yang di tampung sama badan lo cuma 2 gelas (misalnya) 6 gelas sisanya langsung di buang deh ke toilet. Sayang-sayang kan, mubazir...

Okay, segitu dulu tips dari gw, kalo ada yang mau di tanyain, feel free buat leave comment di bawah, atau kalo mau personal message di kirim ke email gw juga boleh tikasam1706@gmail.com atau kalo lo punya ide-ide buat gw tulis di blog very welcome.

Own it, Live it, Love it. Hug, Love and Kisses, Sam.

Comments