Museum Angkot - Transportasi Indonesia - Malang

disclaimer: Artikel ini bukan bermaksud menjelekkan ataupun promosi. Murni cuma ulasan atau review.

Kalo dulu rasanya males pergi ke museum, kalo jaman sekarang, rasanya udah gak males lagi. Apalagi kalo museumnya kaya museum angkut + / transportasi yang ada di Malang. Lokasi pasar apung, museum topeng dan museum angkot / transportasi jadi satu komplek. Perkiraan awalnya gw, pasar apung yang punya proporsi lokasi paling besar dari ketiganya, tapi ternyata, salah! Gw gak bakal kasih spoiler di awal, baca aja sampe abis dan cari tau sendiri ya...

Museum Angkut atau transportasi ini nama aslinya museum angkut + disini isinya tentang sejarah transportasi dunia mulai dari sepeda ontel sampai mobil beneran!
Mobil balap dari jaman dulu sampai mobil balap jaman sekarang. Museum angkut + di Malang di klaim sebagai museum transportasi paling besar se Asia Tenggara (pada tahun 2015).

Pada awalnya memang agak meragukan sih, "kayanya kecil ah, masa gini di bilang terbesar se Asia Tenggara, gimana yang lain ya?" Tapi kalo udah coba masuk ke dalem, bisa memakan lebih dari 5 jam sendiri buat keliling! Apalagi kalo pake mampir, liat-liat, foto-foto dan baca secara seksama. Bisa-bisa memakan waktu lebih dari itu.

Ini foto sama sign "pasar apung" :

 

di deket pintu loketnya ada replika roket yang besarrr banget:
 

Ini cuplikan foto di museum angkut +:
 





 


Di lantai paling atas dari museum ini, ada Family carnya, harganya dibandrol 15ribu untuk 2 orang saja (gak bisa lebih dari 2 orang):




Selain itu, ada simulasi untuk nerbangin pesawat juga, untuk masuk ke dalem harus bayar lagi 10ribu dan untuk simulasinya bayar 300ribu:

Di lantai ini (lantai paling atas) juga ada kantin ala-ala pesawat, selain kursi dan situasi yang ala-ala pesawat, disini juga ada tembok yang bertuliskan fun fact tentang pesawat (yang bener-bener dibaca semuanya dari awal sampe akhir sama gw dan adek gw yang umurnya 7 tahun), selain fun fact, disini juga riwayat kecelakaan besar yang dialami pesawat yang alhasil bikin adek gw gak mau naik pesawat lagi.






Setelah ngelewatin bagian utama dari museum angkut+, kita akan diajak keliling dunia sama museum angkut+ sambil liat dari deket negara asal dari kendaraan-kendaraan yang ada disini. First stop, Indonesia, Jakarta kuno:






 
Next, America, New York:

Pas lagi asik-asik liat kendaraan, tiba-tiba ada suara bising kendaraan, ternyata ada carnaval kendaraan lama yang dikeluarin dari pintu rahasia menuju ke pusat Broadway, joget dangdut broadway rasa dangdut Malang (asli itu lama banget dan orang-orang joget dangdut koplo di broadway), carnavalnya berakhir di California, Los Angeles. 

Mobil-mobil yang ada di carnaval mobil asli dari jaman dulu yang suaranya masih bising banget dan miraculously masih bisa jalan.
 


Just by standing in this area make me thinking, "Waw, I'm already in New York. Just like that."









 
Setelah lewat pintu ajaib, gw langsung ada di Eropa, German:
 





 United Kingdom:




disini kita bisa naik kereta gratis lho buat satu putaran!

 





Last stop, do you know where we are now?







 Sorry too much spoiler, but it's worth to share and you really have to come and see it with your own eyes and feel it by yourself cause it worth your gas, time and money! Btw, tadi gw belom bilang tiket masuknya kesini.

Buat hari senin-kamis untuk masuk museum Angkut+ 50ribu, Museum topeng 25ribu, tiket terusannya 60ribu.
Buat hari jumat-minggu untuk masuk museum angkut+ 75ribu, museum topeng 30ribu dan tiket terusannya 85ribu.

Alert! Buat kamera poket, go pro, dslr dan kamera-kamera lainnya termasuk handycam kena charge lagi 30ribu. Nanti di kameranya dikasih gantungan gitu. Kalo ketauan di dalem ternyata gak ada gantungannya, nanti kena denda 2xnya dari harga asli, jadi kena 60ribu.

Oh iya, ada harga khusunya lho, kalo masuknya di atas jam 7 malem, cukup bayar 30ribu buat hari biasa dan 50ribu di akhir pekan. Kali aja gitu ada yang mau masuk penasaran udah malem kaya apa. Gw gak tau sih tutupnya sampe jam berapa, hehehe. Tapi ya kalo bisa sih dari pagi aja. Seru kok. Bisa bermain sambil belajar.

Segitu aja cerita gw tentang museum angkut+, kalo lo ada yang abis dari sana terus mau share-share pengalaman, gw tunggu di comment di bawah ya.

Own it, live it, love it. Hug, Love and Kisses. Sam.


Comments