Dawet Alun-Alun Cilacap

Beberapa bulan yang lalu, gw berkunjung ke Cilacap sama eyang gw ke tempat kelahiran orang tua dari eyang gw (buyut gw) Perjalanan dari Jakarta ke Cilacap hampir memakan waktu 10 jam, karena banyak penutupan jalan, jalan-jalan banyak yang diperbaiki persiapan musim hujan.

Sesampenya disana, karena tujuan gw kesana mau nyekar, gw dan eyang memutuskan buat istirahat dan bermalam di hotel dulu. Nyekarnya di keesokan harinya, pagi-pagi.

Setelah dapet penginapan, gw jalan-jalan di kota Cilacap, gw liat pantainya gelap-gelap, belanja di sekitar pantai, ngeliatin lapangan, sampe ke alun-alun. Hari itu pas malem minggu, jadi rame banget. Gw sama eyang pengen ikutan malming (malem minggu) di alun-alun, pengen tau kaya apa sih orang Cilacap kalo malmingan?

"Mbak, beliin eyang es dawet dong." kata eyang gw pas ngeliat gerobak dawet di alun-alun.
Gw langsung pesenin es dawet buat eyang gw, sebelum beli, gw tanya dulu harganya berapa. Ternyata satu gelasnya harganya lima ribu, sama kaya harga di Jakarta, tapi kali aja lebih gede dan lebih banyak, akhirnya tetep gw beli tuh es dawet.

Gw ngeliatin mbaknya nuangin "racikannya" satu persatu, mulai dari es, santan, blablabla nah pas nuang gula, gw kaget, kok dia nuangnya 2 sendok ya? Apa gak kemanisan tuh? Btw, kenapa gw bisa bilang itu sendok gula? Iya, soalnya sendoknya yang kaya sendok susu bayi gitu bentuknya, gedenya yaa kira-kira sama lah, segitu-gitu juga. Gw berasumsi, berarti selera orang sini manis kali yaa.

Pas gw mau coba dawetnya... Jeng, jeng. Gelasnya kecil banget. Udah gitu yang tadi gw pikir gula, ternyata itu dawetnya. Kyaaa dawetnya dikit bangetttt pelit. Haaaa,

Lain kali, kalo main ke alun-alun sini gw gak mau ah beli dawet lagi. (Btw, gw gak bilang dawetnya yang mana lho. Ada beberapa orang yang jualan dawet disini.)

Akhirnya gw beli nasi goreng yang di deket lapangan, gw gak tau lapangan apa, kayanya sih lapangan bola. Nasi gorengnya lumayan enak, harganya juga harga Jakarta. Tapi gw puas, gw bertiga sama eyang gw, tapi makannya sampe 4 porsi. Mungkin laper, mungkin enak, mungkin juga baru abis shock kecewa karena dawet yang dikit banget :P

Lain kali, kalo lo main ke Cilacap, gw merekomendasi buat makan di pinggir pantai, main ke Benteng siang atau pagi hari. Btw, kalo di atas jam 7 malem, disini udah agak sepi, gak kaya di Jakarta, padahal itu pas malem minggu lho, atau mungkin, tempat kumpulnya bukan dijalan, tapi.....

Own it, live it, love it.
Hug, love and kisses.
Sam.

Comments