Pokemon Go: Cara main, Fun Fact, Review.

Hi Guys!
source: www.youtube.com

Ada yg main Pokemon Go disini? Tunjuk tangan!

Buat yg belom main, atau yg penasaran tapi gak mau main, nih gw kasih tau CARA MAINNYA.
Ini gw:
source: screenshot di hp gw. Image malam hari.

Kebetulan gw mainnya pas malem. Kalo malem suasananya jadi gelap, kalo siang jadi terang. How awesome is that?

Dalem sehari gw bisa sampe level 5 dan gak butuh waktu yg lama. Caranya? Gw cukup nangkep pokemon apapun yg gw temuin di daerah gw tanpa milih. Dalam sekejap gw sampe di level 5. Banyak yg sering ngeluh pokemonnya suka gak ada, sebenernya cukup diem aja, pantengin layar, nanti pokemonnya bakal dateng kok dengan sendirinya.

Oh iya, tiap daerah, beda juga pokemonnya. Jadi, jangan heran kalo di derah rumah lo dan di daerah rumah doi beda jenis pokemonnya.

Gimana cara nangkep pokemonnya? It's easy. cukup dengan slide pokeball yg ada di tangan kita ke arah pokemonnya. Tapi hati-hati, karena jumlah pokeball yg kita punya terbatas, kalo pokeballnya udah terlanjur ludes atau abis, ada 2 cara buat dapetin pokeball lagi:
1. Beli di Pokeshop
source: screenshot di hp gw. Image Pokeshop.

source: screenshot di hp gw. Image Pokeshop.

2. Dateng ke Pokestop. Pertama lo harus datengin dulu pokestopnya,
source: screenshot di hp gw. Image dateng ke Pokestop.

Terus sliding gambarnya dan tangkep2in tuh yg keluar, ada egg, pokeball, dll. tergantung peruntungan lo aja.

source: screenshot di hp gw. Image sliding Pokestop.

Kalo lo udah sliding di satu pokestop, lo gak bisa dateng ke pokestop yg sama buat ngambil bonus, lo bisa dateng lagi di kesempatan lain (besoknya). Jadi lo harus dateng ke pokestop yg lainnya buat ngambil pokeball atau bonus yg lain.

source: screenshot di hp gw. Image Pokestop cuma bisa di datengin satu kali.

Setelah udah sampe level 5, lo bisa dateng ke Gym,
source: screenshot di hp gw. Image Pokegym.

buat ngelatih pokemon lo. Lo di minta buat milih 3 jenis tim yg ada, gw ambil tim merah (tim yg terakhir) setelah lo milih timnya, lo bisa ngelatih pokemon deh. Jangan lupa, lo bener-bener harus ada di lokasi pokegym buat bisa ngelatih pokemonnya.

Kalo belom sampe level 5, lo belom bisa ngelatih, kaya gini jadinya:
source: screenshot di hp gw. Image Pokegym.

sampe dengan hari ini (hari ketiga main pokemon), gw masih di level 5 karena gw males nyari pokemon lagi atau nyari pokemon baru atau ngelatih pokemon gw di gym.
source: screenshot di hp gw. Image status gw saat ini.

Nah tadi kan udah gw kasih tau cara mainnya, sekarang gw mau berbagi FUN FACT tentang Pokemon versi Line:

source: Line. Image quote from John Hanke.

John Hanke, penemu game Pokemon Go, ternyata gak bangun tidur langsung sukses. Dia butuh waktu selama 20 tahun untuk bisa sukses. Berapa umur lo sekarang? Jangan nyerah dulu ya. John aja butuh waktu 20 tahun. Selama 20 tahun itu, dia ngapain aja sih?

  1. 1996, John bersama beberapa temannya menciptakan MMO (Massively Multiplayer Online Game) pertama bernama 'Meridian 59'. Game ini mencetuskan John akan konsep game: memetakan dunia
  2. 2000, John merilis 'Keyhole' yg menjadi game online pertama dengan link 3D area peta dunia
  3. 2004, Keyhole dibeli Google, kemudian menjadi cikal bakal Google Earth.
  4. 2010, John merilis Niantic Labs, sebagai star-up rilisan Google.
  5. 2012, MMO geo-based pertama 'Ingress' dirilis dan kemudian beberapa meeting point di game ini dijadikan 'bahan baku' Pokemon Go
  6. 2014, Google dan Pokemon Company bekerja sama untuk April Mop
  7. 2016, Pokemon Go di rilis pada 6 Juli di AS.

(Content by Campuspedia)

It's time to REVIEW!!

How do I see it?

Biarpun banyak isu miring yg ngomongin tentang Pokemon, mulai dari Pokemon sebenernya agen rahasia yg mau ngumpulin data dari akun google, mata-mata yg mantau dari kamera, dlsb. Tapi.... Game ini sebenernya mengajak kita buat bergerak. Berbeda dari game pada umumnya yg kita duduk manis dan main komputer/hp/tv/lain-lain, game ini ngajak kita (bahkan mengharuskan) kita buat gerak kesana sini dan menjajaki tempat-tempat baru. Kapan lagi naik Uber atau Gojek ke tempat baru sampe 100 ribu buat nyari Pokemon (ke tempat asing dan baru atau jarang kita datengin)?

Pas loading di awal, ada alert  dari Game Developernya:

source: screenshot di hp gw. Image alert dari Pokemon.

Please banget buat alert sama sekitar, jangan sampe lo ngejar Pokemon malah nabrak pohon, jatoh ke comberan, atau jatoh ke pelukan hati yg salah, POKOKNYA JANGAN!!! Tetep perhatiin sekitar. Kalo bisa pas lo lagi main di daerah asing atau daerah baru atau yg jarang lo datengin, nyalain kameranya. Caranya? Lo liat AR, di slide ke kanan buat nyalain kameranya. Bisa di liat di contoh.

source: screenshot di hp gw. Image AR nyala.

Emang sih lebih boros batre, tapi, lo jadi lebih alert sama sekitar, terutama buat tempat asing. Kalo buat tempat yg lo udah biasa datengin, di rumah misalnya. Lo matiin aja ARnya, buat lebih "aman" in case  lo termasuk yg paranoid atau takut kamera lo di hijack.

Mungkin lo sadar, mungkin gak. Tapi, Hampir sebagian besar Pokestop lokasinya di Masjid atau Gereja. Iya gw serius!! Ada juga yg gak di tempat ibadah, ada. Misalnya di restoran atau di museum (pastinya tempat umum, masa iya ujug-ujug di rumah mantan lo? Eh, Alumni maksudnya, sekalian reunian dong?)

source: screenshot di hp gw. Image Pokestop.

source: screenshot di hp gw. Image Pokestop.

source: screenshot di hp gw. Image Pokestop.

Semenjak gw main Pokestop, gw jadi lebih rajin lagi solat (di Masjid). Masa iya sih, gw dateng ke Masjid cuma buat ngambil items doang di Pokestop?

Kesimpulan dari main Pokemon:
  1. Ngajak kita buat bergerak
  2. Ngajak kita buat mengekplorasi dan menjajaki tempat-tempat baru
  3. Ngajak kita buat lebih sering "beribadah"
But you need to be alert:
  1. Sama lingkungan sekitar, hati-hati kepleset, jatoh, nabrak, dll.
  2. Hati-hati rawan kecopetan. Dengan main Pokemon, otomatis lo bakal ngeluarin hp lo kan? Nah disitu lah copet beraksi!
  3. Hati-hati camera lo di hijack. Entah bener atau gak, tapi gak ada salahnya kan waspada? Nyalain camera cuma di tempat umum aja. Jangan di tempat khusus juga. POKOKNYA JANGAN!!!

So, yuk kita mulai main Pokemon.

Own it, live it, love it.
Hug, love and kisses.
Sam.

Comments