Soto Khas Jakarta!

Soto tangkar yg gw makan di daerah rumah gw (baca: daerah Binus)

Laper, pengen makan yg berkuah tapi bukan mi instant, terus tengok kiri kanan, banyak yg jualan soto, karena bingung rame semua, cap cip cup gw masuk asal aja. Begitu gw duduk gw langsung di tawarin mau apa. Menunya sederhana, cuma ada bening dan santan. Lalu pilih mau pake apa, ayam, daging atau campur.

Soto sebenernya gampang banget di sajiinnya, cuma tinggal masukin potongan kentang, potongan tomat, daging/ayam/keduanya, bawang goreng, daun bawang seledri, emping, perasan jeruk nipis dan kuah. Nah, menurut gw, element yg paling penting dari soto itu ada di kuah. Karena isinya sederhana, kalo kuahnya gak enak, maka makin gak enak aja. Sebaliknya, kalo kuahnya udah enak, isi yg sederhana aja cukup.

Gw iseng nyari fakta tentang soto dan nemu di Qraved:
1. Namanya memang soto Betawi, tapi ternyata yg mempopulerkan istilah "Soto Betawi" yaitu penjual soto yg bernama "Lie Boen Po". Namun sayang kedai sotonya sudah lama hilang dari peradaban.

2. Resep soto Betawi yg asli menggunakan daging, jeroan (babat, usus, dan lain-lain)

3. Susu sebagai pengganti santan untuk mengurangi efek kurang sehat.

4. Sop Kambing, Soto Tangkar dan Soto Betawi rasanya mirip karena bumbunya nyaris serupa. Bedanya sop kambing menggunakan daging kambing, soto betawi menggunakan sapi dan soto tangkar kuahnya cenderung berwarna merah dan juga menggunakan gula merah, udang kering, dan terasi pada kuahnya.


Soto Betawi di bilangan Kota Wisata, Cibubur.


Gw gak bilang gw suka banget sih, sama soto, tapi kalo ada soto di acara nikahan atau ulang tahun atau acara lainnya, gw pasti bakal makan. Rasanya yg seger bikin semangat balik lagi. Padahal menurut Qraved,  Soto sama sekali gak ada vitamin C-nya, tapi rasa asam yg ada di Soto yg bikin semangat naik. Biasanya kalo lagi down atau bad mood, gw suka makan-makanan yg pake sambel atau makan soto.

Ngerasa kurang semangat hari ini? Makan soto kuy!

Own it, live it, love it.
Hug, love and kisses.
Sam. 

Comments