Fungsi Air Putih

Jadi gw lagi deket sama cowo, dia abas (anak basket) gitu, dan dia SERING banget nyaranin gw (lebih ke arah maksa) buat minum air putih. Bahkan dia minta gw minum air putih sampe 3 literan gitu sehari (setara 2 botol a*ua). Di situ gw kerasa panas. Bukannya kerasa diperhatiin, tapi malah jadi kerasa di atur-atur. Sebenernya, yang dia anjurin bener sih. CUMA, gak sampe 3 liter juga. Apa sih sebenernya manfaat air buat tubuh sampe si cowo yang deketin gw ini maksa banget gw minum air sampe 3 liter?
  1. Membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat.
  2. Mempertahankan volume dan kekentalan darah sehingga mencegah pengentalan darah yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti hipertensi, serangan jantung, dan lain-lain. (Sebaliknya, kalo terlalu banyak minum air, darah jadi terlalu encer, baca lebih lengkapnya disini ya)
  3. Membasuh racun keluar dari tubuh melalui urin dan keringat. Air, yang dikenal sebagai “pelarut universal”, adalah pelarut terbaik untuk limbah beracun dari tubuh.
  4. Meminimalkan kemungkinan terjadinya kanker usus sebesar 45%, kanker payudara sebesar 75%, dan kanker kandung kemih sebesar 50%.
  5. Air adalah minuman terbaik bagi seseorang yang sedang membatasi asupan kalori. Minum segelas air 30 menit sebelum makan membuat kamu merasa lebih kenyang tanpa konsumsi kalori sama sekali. Sebagai hasilnya, seseorang akan makan lebih sedikit sehingga membantu menurunkan berat badan lebih cepat.
  6. Minum air sebelum makan juga mampu meningkatkan proses pencernaan sekaligus membuang kelebihan natrium yang mengarah ke retensi cairan.
  7. Racun yang dibilas keluar tubuh akan meningkatkan kesehatan dan tekstur kulit sehingga membuatnya lebih lembut, kenyal, halus dan bebas kerut.
Nah, ada tambahan nih, pas kita bangun tidur atau saat perut masih dalam keadaan kosong, kita dianjurkan buat minum dua gelas air biar membantu merangsang otot-otot peristaltik dan meningkatkan sirkulasi darah. Kalo kita minum air saat perut kosong, maka proses penyerapannya akan lebih cepat.

Terus, apa jadinya kalo misalnya jumlah air yang kita minum kurang dari yang seharusnya? Wah, banyak sih (orang yang lagi deketin gw pasti bakal seneng banget denger pengakuan gw *rolled eyes*) Salah satu yang gw rasain banget sebenernya alergi gw bakal kumat. Gw gak tau gw alergi apa secara spesifik, yang jelas kalo gw kena debu, jajan, orang gak jelas, orang sok kegantengan, dll, alergi gw bakal kumat. HAHA. Ok serius, kenapa kalo kurang air alerginya bisa kumat?

Sebelum di bahas lebih dalem, gw mau bridging dulu sedikit, tanda-tanda alergi itu kan macem-macem, antara lain yang umum kaya mata berair, pilek, sakit kepala, dan batuk. Kalo gw lebih ke arah gatel-gatel tapi gak ketauan letak gatelnya dimana, terus beruntusan kaya di gigit nyamuk pake gatel dan panas biasanya.

Nah, terus kenapa kita bisa alergi? Alergi disebabkan oleh reaksi histamin dalam tubuh. Histamin adalah salah satu neurotransmiter utama. Gak, histamin gak jahat kok, histamin punya dua fungsi penting buat tubuh. Pertama, berperan dalam sistem kekebalan tubuh dan kedua, mengatur air dalam tubuh. Karena histamin menjadi penyebab alergi, orang umumnya akan minum obat anti-histamin untuk meredakan gejala alergi. Contoh obatnya apa? Dateng aja ke klinik Batari, liat lokasinya disini.

Tadi kan gw bilang histamin berfungsi buat mengatur air dalam tubuh. Daya aktif histamin akan dikurangi ketika tubuh terhidrasi (mendapat air) secara cukup. Menurut penelitian terbaru, alergi merupakan salah satu tanda dehidrasi. Ketika terjadi dehidrasi, tubuh mulai memproduksi histamin untuk mengatur pengeluaran dan distribusi air.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75 persen populasi dunia mengalami dehidrasi dalam berbagai level sehingga dapat memengaruhi kesehatan. Dehidrasi juga meningkatkan keasaman tubuh yang bisa menyebabkan iritasi dan peradangan sehingga memicu produksi lebih banyak histamin yang akan memperburuk reaksi alergi. Jadi, kalo minum air secara cukup, maka produksi histamin dapat diturunkan sekaligus meningkatkan efisiensi transportasi nutrisi.

Selain meregulasi air, histamin juga berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Ketika terjadi dehidrasi, histamin akan sibuk mengatur air alih-alih berperan dalam manajemen sistem kekebalan tubuh.

Akhirnya, ketika tubuh mengalami dehidrasi dan ada alergen menyerang (mis: debu, vetsin, dll.), sistem kekebalan tubuh tidak dapat merespon ancaman tersebut.
Tubuh akan mulai mengeluarkan lendir untuk membasuh alergen. Makanya kenapa mata dan hidung mulai berair saat terjadi alergi.
So, daripada mengambil obat antihistamin, lebih baik langkah pertama adalah dengan memastikan tubuh mendapatkan cukup air.

Ok, ok, nah terus bener gak sih kita harus minum 3 liter setiap harinya? Cairan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia disediakan oleh dua sumber: makanan dan air. Diet seimbang yang sehat menyediakan sampai 20% kebutuhan cairan tubuh, dan sisanya harus didapatkan dari air. Karena makanan sehat memberikan sekitar 20% kebutuhan cairan tubuh, jumlah air yang dibutuhkan setiap hari akan berada pada kisaran 2 – 2,5 liter. (Gak sampe 3 liter sih ya, terus jumlahnya gak tok harus dari air minum aja, tapi dari makanan juga.)

Ketika kamu lagi berolahraga, kamu harus meningkatkan jumlah air yang di minum sekitar 150 – 200 ml untuk setiap 20 menit olahraga. Tapi, ini bukan patokan baku ya. Minumlah saat kita haus, only drink water when you're thirsty.

Tambahan lagi, total asupan air harus dikonsumsi sepanjang hari secara berkala, gak boleh langsung minum sekaligus. Kalo jumlah air yang ada dalam tubuh kita kelebihan atau MINUM KEBANYAKAN, akibatnya ada penurunan level elektrolit dalam otak, alias keracunan air, tapi gak sering sih, cuma ada pas kasus ekstrim aja. Baca lebih lengkapnya tentang resiko minum air terlalu banyak disini ya.

Makanya membawa sebotol air pas bekerja, bepergian atau berolahraga itu penting. Jangan cuma botolnya aja ya, tapi diisi air juga, terus airnya di minum pas kita ngerasa aus, biar kita bisa mempertahankan jumlah air dalam tubuh.

Daripada minuman bersoda, teh, kopi atau minuman yang isinya gula atau manis-manisan, lebih baik minum air putih biasa. Asupan air yang cukup gak cuma meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga mencegah berjangkitnya berbagai penyakit.

Own it, live it, love it.
Hug, love, and kisses.
Sam.

Referensi:
https://www.amazine.co/40036/7-fungsi-manfaat-air-untuk-kesehatan-tubuh/
https://www.amazine.co/8580/tips-mencegah-alergi-air-ternyata-punya-fungsi-antihistamin/
https://www.smithsonianmag.com/smart-news/forget-your-hydration-rules-just-drink-when-youre-thirsty-180950290/

Comments