Photography : Gambar bagus karena kebetulan?

"Eh liat deh Bray! Keren ya gambar gw!"

"Ah, itu mah kebetulan aja, hoki lo. Kalo gak lagi hoki juga jepretan lo jelek."

Pernah gak sih lo digituin orang? Atau jangan-jangan, justru lo lagi yang gituin orang?

Sebenernya apa sih definisi gambar bagus? Gambar/jepretan/foto yang bagus itu, yang bisa kita nikmatin, dan kita bilang itu keren.

Namanya juga seni, tiap orang beda-beda seleranya. Gw bilang bagus, orang lain bisa bilang gak bagus. Ada yang suka gambar #BW atau Black and White, ada juga yang suka berwarna. Ada yang suka nonjolin banget warnanya, ada yang gak. Ada yang suka di edit, ada yang suka original. Ada yang suka dikasih watermark (kaya gw) ada yang gak. Ada yang suka nyolong foto orang ngaku punya dia, ada juga yang masang foto sendiri. And on and on...

Sam's Camera: Betulan bagus, atau Kebetulan bagus?

Nah definisi kebetulan ini apa sih bray?
Kalo menurut gw, definisi ngambil gambar bagus karena kebetulan ini bisa dibilang, kita seringggg banget ngambil gambar dan hasilnya biasa aja. Tapi tiba-tiba muncul satu foto keren. Bisa didefinisikan kalo gambar kita bagus karena kebetulan.

Emang bener karena kebetulan, atau betulan bagus?

Itu balik lagi sih ke paham masing-masing. Kalo orang jaman dulu, karena roll film itu mahal, jadi mereka akan berusaha sebisa mungkin untuk gak asal jepret. Jepret kalo mereka rasa itu bagus dan emang WAJIB untuk diabadikan. Beda banget sama orang sekarang yang asal jepret, kalo jelek bisa diapus, kalo bagus disimpen. Jadi probabilitas atau kemungkinan untuk kebetulan dapet foto bagus ya semakin besar. Karena kita mungkin emang asal jepret dan gak mikir dulu, dari sisi mana bagusnya, seperti apa komposisi warna yang harus diambil, berapa ISO fotonya, berapa F-nya, manual atau automatic.

Mikirnya belakangan, yang penting jepret, jepret, jepret. Kemudian diliat, sortir, dari 16Gb memori kamera kita, ternyata hanya 1Gb doang yang kita simpen, sisanya kita buang karena jelek. Ekstrim ya? Ya tapi emang bener sih. Bagi yang merasa gak seperti itu, selamat ya guys...

Terus, gimana dong tips biar kita gak kebetulan bagus, tapi emang betulan bagus?
Tips dari gw adalah: latihan.

  • Latihan melihat sudut yang bagus
  • Latihan menggunakan mode manual
  • Latihan melihat komposisi warna yang bagus
Kita bisa juga lho belajar dari melihat hasil karya orang lain. Dengan kita sering ngeliat hasil karya orang yang bagus, kita jadi terbiasa buat ngeliat sudut yang bagus itu seperti apa.

Yang gak kalah penting, sebelum kita mulai jepret, usahakan untuk dipikir ulang lagi, jangan sampe kita lebih banyak ngapus daripada simpen. Jangan sampe karya di tempat sampah lebih banyak dari karya disimpen.

Own it, live it, love it.
Hug, love, and kisses.
Sam.

Comments