Body Shamming?

Body Shamming kayanya lagi hits nih diomongin orang. Bahkan sampe ada undang-undangnya lho buat pelaku body shamming. Buat yang gak tau, apa sih body shamming?

Body shamming adalah istilah untuk mencela diri sendiri atau orang lain karena fisiknya. 

Kira-kira beda tipis deh sama fat shamming. Kalo fat shamming, spesifik ngatain atau mencela dia gendut.

Dikutip dari Nasional Tempo, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo menuturkan bahwa hukuman buat pelaku body shamming ada 2 tindakan, yaitu secara langsung dan tidak langsung (online atau lewat media sosial).

Hukuman yang secara langsung lebih ringan daripada yang tidak, karena kalo secara gak langsung, yang baca banyakkk bisa dari followers dia, orang lagi googling biasa aja, belom lagi kalo disebarin sama orang tertentu, dampaknya (orang yang tahu) bisa lebih besar dan banyak daripada yang secara langsung (kalo secara langsung, yang denger diasumsikan gak banyak. atau gak sebanyak yang lewat dunia maya).

Dengan adanya hukuman seperti itu, secara langsung kita jadi meng-"embrace" atau meng-"endorse" orang buat gak berkomentar tentang kondisi fisik orang lain atau diri sendiri. Baik gak tuh?

Ada baik dan ada gaknya. Always yin and yang.

Baiknya, kita jadi gak "merusak" psikologis orang lain atau diri sendiri karena dikatain gendut, kurus, jelek, hitam, pucat, atau yang lain sama orang lain. Sisi jeleknya, ya tadi, kita jadi mendorong orang lain untuk "mencintai" dirinya. Mencintai kalo badan gendut itu gak apa-apa, badan kurus itu boleh-boleh aja, nah ini nih yang pengen gw bahas.

Sebagai duta healthy lifestyle yang gw nobatkan sendiri, gw gak mau tinggal diem gitu aja!

Badan terlalu gendut, itu gak baik! Badan terlalu kurus, itu juga gak baik! (Spesifik gw bilang ke gendut dan kurus, ke ukuran badan ya, gw gak bahas yang lainnya).

Kenapa gak begitu baik? Ya gak baik lah, kalo kita terlalu kurus atau terlalu gemuk, bakal ada banyak penyakit yang gampang menyerang kita. Kalo kita terlalu gendut, udah pasti obesitas.

Buat cek gendut dan kurus seseorang, jangan ambil dari tinggi kurangi 110 sama dengan berat badan ideal kamu ya. JANGAN. Badan kita ada namanya masa lemak, masa otot, masa tulang, masa air, dan masa-masanya kita sama dia tapi sekarang dia sama yang lain.

Sebaiknya kalian pake timbangan yang ngukur itu semua, kalo gak punya? Beli, atau nebeng ngukur di klinik gizi atau dokter gizi, atau... free trial aja di tempat gym terdekat dari tempat kamu sekarang, pasti dikasih ngukur masa-masa itu semua, sekalian gratis nge-gym deh, hihihi...

Gak selamanya orang yang tingginya 160, berat badan idealnya 50kg, bisa jadi malah 60. Lho kok? Iya, karena tulangnya dia besar dan berat, jadi kalo cuma 50kg, ya dia tulang doang isinya gak ada otot atau lemaknya.

Punya lemak juga gak selamanya buruk, kita tetep harus punya lemak, lemak baik tapi ya, bukan lemak jahat. Lemak baik berfungsi buat menjaga daya tahan tubuh kita biar gak gampang sakit, menjaga tubuh biar gak kedinginan, melarutkan vitamin A, D, E, dan K, sebagai bantalan organ-organ vital tubuh kita, menahan rasa lapar, atau bisa googling sendiri atau liat di sini.

Intinya lemak tetep baik buat tubuh, jangan sampe gak ada sama sekali deh! Ok, ok, lemak penting, tapi seberapa banyak lemak yang boleh ada dalam tubuh kita? Liat chart di bawah ini ya.



Yang pertama gw kurang tau sumbernya dari mana, yang kedua dari American Council on Exercise. Gw lampirin aja keduanya, buat bahan tau aja. Tapi, kita fokus ke yang kedua atau yang di bawah ya, karena sumbernya lebih jelas.  

Jadi, lain kali kalo mau "ngatain" orang, jangan nanya berat badannya dia berapa, itu salah banget!! yang bener, tanya berapa body fat-nya dia berapa. Jangan sekedar kepo doang, tapi tanya juga apa aja yang udah dia lakukan buat nurunin body fat-nya. Kalo kalian lumayan expert, sekalian aja tawarin program diet yang kalian terapkan sehari-hari apa aja, dan gimana itu berhasil ngerubah kalian. Menebar benih baik kan boleh aja dong? Tapi ya jangan memberi kalo dia gak mau menerima, percuma kalian capek doang cerita ini itu, dia gak mau nerima. Cerita pas dia nanya, kalo dia gak nanya, senggol-senggol aja supaya nanya. Kalo gak nanya juga, yaudah, mungkin dia gak mau ditolong sama kamu, maunya sama yang lain. Mungkin kamu kurang menarik :"

Inti dari blog ini, body shamming itu gak baik dan gak pernah baik kalo tujuannya buat ngatain aja. Yang baik itu kalo kita sama-sama berkembang dan mengembangkan lingkungan kita untuk jadi lebih baik lagi.

Ayo, kita kurangi obesitas dan malnutrisi.

Own it, live it, love it.
Hug, love, and kisses.
Sam.

Comments