Perpanjang STNK bisa di Kelurahan?

Gak bisa ya geng, itu HOAX!! PALSU!!! TIPU-TIPU!!!!

I learnt that the hard way.

Bermula dari gw perpanjang STNK buat Eyang gw di samsat. jauh, panas, capek, ngantri. Pas udah sampe di loket, orangnya senyum sumringah gitu, "Oh, orang ***** ***** (nyebut daerah kelurahan gw) juga? Sebelah mananya?" sapa dia.

Dari bahan obrolan itu ternyata tinggalnya satu kelurahan juga, satu jalan, cuma beda beberapa rumah aja. Menurut dia, samsat sekarang udah gak serame dulu (sekarang sepi, gimana dulu ya ramenya udah kaya apaan aja pasti), soalnya bisa perpanjang di Kelurahan juga, bareng sama ngurus PTSP. Gw langsung seneng dong. Enak, gw gak usah jauh-jauh. Selain itu, kasian juga gw lama-lama sama Kelurahan, dia bener-bener jadi satu pintu terpadu, dia yang menghubungkan antara kita dan mereka (para petugas administrasi negara lainnya).

Alhasil, next time gw perpanjang STNK, langsung lari lah gw ke Kelurahan jalan kaki (iya lah, deket). Terus gw diketawain sama si Kobo-Chan, yg rambutnya kaya gini tuh:


Dia langsung emosi ngira gw becanda, berdiri jalan ke belakang seolah mocking gw nanya keras-keras sama temen yang lainnya, "Emang sejak kapan bisa perpanjang STNK di Kelurahan? Enak banget dong gw gak usah ke samsat lagi, bisa gw perpanjang sendiri?"

Terus keluar deh Bu Ros, pahlawan gw, dari gw awal ngurus ke kelurahan biasanya sama beliau, orang Batak, tapi baikkkk banget, tutur katanya halus kaya guru TK, neranginnya jelas kaya guru les privat.

Bu Ros langsung jelasin dengan baiknya, "Mungkin orangnya salah kali dek, bukan Kelurahan, tapi deket Kecamatan. Emang ada sekarang samsat deket Kecamatan, namanya UBSFSHDLHF (Gw lupa, yg jelas Bu Ros nyebutin singkatan dan dia jelasin kepanjangannya apa.)"

Gw bales lagi lah ya membela diri lagi, terutama karena kesel sama si Kobo-Chan gw dikata-katain, "Masa saya bohong? Orang saya dikasih tau di Kelurahan bareng sama urus PTSP. Kalo salah, ya saya korban, jangan terus saya disalah-salahin dong."

Bak Angel, Bu Ros nyaut lagi, "Iya, udah gpp, untung deket kan ke Kelurahan. Ke sana aja, harusnya belum tutup, sebelum jam 12 ya Dek."

Gw yang udah berusaha ngelupain si Kobo-Chan, nanya sama Bu Ros, "Lokasinya di mana Bu?"

Eeeeh dijawab lagi sama Kobo-Chan, "Sono dah pokoknya, lapangan bola noh, depannya kantor pos, samping kali."

"Kali mana?" Reflek gw nanya.

"Ya kali dah, cuma ada satu kali." Jawab Kobo-Chan.

Asli deh, Kobo-Chan selalu sensi sama orang, demennya kaya semua orang gak tau apa-apa, dia doang yang tahu, terus kaya jelasin udah ke 1.000x ke gw tapi gw gak ngerti-ngerti.

Namanya kali panjang kan, sini kali, sono kali. Nanti gw dateng ke samping kali, salah lagi, taunya Warteg. Gw nanya lah dari ancer-ancer yang biasa gw tau, "Kalo dari SMP ** kemana?"

"Belakangnya sono dah pokoknya." Jawab Kobo-Chan,

"Belakangnya kan *****" Gw udah pengen lompat naik ke atas meja deh rasanya sambil nantangin dia, sok-sokan belagu pengen gw sumpel mulutnya pake sabun minyak jelantah bikinan gw.

Disaut lagi sama Bu Ros dengan sabarnya, "Kalo dari SMP **, jalan lagi lurus, mentok, keluar belok kiri, bekas sanggar. Nah, iya di situ."

"Ok Bu, Makasih ya." Gw langsung cabut lagi gak lupa pake senyum ke Bu Ros dan gak liat ke Kobo-Chan malesin.

Masih aja lho gw jalan keluar dese sambil nyindir, "Yah, enak banget kalo di sini bisa. Jadi calo deh saya."

Asli deh, gak ada Bu Ros, gw tebalikin itu meja Kelurahan.

Gw langsung kebut ke lokasi yg ditunjukin Bu Ros, sesampenya di sana, petugasnya lagi LIVE dong, gak tau di sosial media mana. Dese ngomong sama pemirsah buat laporan dia lagi ngapain. Hm...

Karena sepi (dan mungkin baru), yang dateng ke sana ada 5 orang (termasuk gw) jadi semuanya diurus dengan cepet.

















Gw naro tulisan ini di draft cukup lama. Cause gw juga pengen kalian cepet dalam pengurusan STNK, tapi kalo gw kasih tau di mana, percuma dong daritadi gw sensor?

Yaudah lah ya, Bismillah. Kalo Kobo-Chan tau juga bodo amat, siapa suruh, kalo ada CCTV di Kelurahan bisa ngerekam gambar dan bisa ngerekam suara juga gw gak takut sih. In Shaa Allah gw gak kenapa-kenapa. Palingan Kobo-Chan di-evaluasi. Kan gw masyarakat, masyarakat raja. Gw juga gak tebalikin meja.

Udah ah lanjut.

Jadi... Kalian mau perpanjang STNK/SIM bisa di:

SIM/STNK Keliling
Lokasinya berubah-rubah setiap hari dan buat dapet infonya hari ini ada di mana, kalian bisa nyari di google, kata kunci yang biasa gw pake, "SIM (atau kadang STNK) Keliling Jakarta (dan tanggal kalian mau perpanjang)" Misalnya, "SIM Keliling 31 Februari Jakarta" atau "STNK Keliling Jakarta 30 Februari"

Hasil googlingan yang muncul biasanya dari Wartakota, percayain aja. Pake Bismillah. Gw paling sering perpanjang di Barat dan Pusat, Selatan pernah juga sih sekali. Timur dan Utara belom pernah. Mau curhat banyak ya. Biasanya orang petugas samsat keliling di Jakarta Barat, itu itu aja, di Pusat juga itu itu aja. Gw sendiri lebih suka di Barat. Isinya orangnya baik-baik, yang ngantri juga baik-baik. Kalo pusat, yang ngantri kebanyakan Gojek, Grab, sama orang-orang yang kebetulan lewat dan singgah di sana. Baik juga kok, mereka saling menolong juga, saling minjemin pulpen, minjemin uang buat foto copy (gak dikembaliin juga gpp). Sebaliknya (sebaliknya dari pengunjung = petugas) petugas di Barat selow-selow, udah kaya keluarga, saling becanda, ngomongnya ramah, tetep professional (mungkin faktor lokasi di Barat juga sering kali spot yang diambil adem, rindang, dan gak panas, jadi orangnya gak panasan). Kalo di Pusat, daerahnya panas, spot yang diambil juga panas. Jadi udah berasep semua kepalanya, kadang nyolot, kadang sambil marah-marah, butuh diguyur pake es krim semua kepalanya biar adem gak panasan.

Biro/agen
Bukan calo sih, tapi biro/agen. Biasanya mereka juga sekaligus membuka kursus les setir mobil dan motor. Selesainya biasanya gak sehari, bisa sampe 5 hari, kalo lagi cepet, kadang malah bisa besoknya. Tapi mereka hanya menerima STNK, kalo SIM harus pake foto kan sist, gimana caranya kecuali kita ikut?

Selain itu, biasanya buat jasa kita dikenakan tarif tambahan sekitar 50-150ribu, tergantung lagi susah atau gak. Kalo lagi susah, biayanya suka naik, kalo lagi gampang, biayanya 25 ribu juga pernah sih.
Cuma gw kurang merekomendasi, kita jadi bangsa yang jujur aja. Lagian kalo ngurus sendiri, sehari selesai kok. Gak pake biaya tambahan pula. Yaa cuma ngantri aja, sama bayar parkir.

Samsat goes to mall.
Ini sih bahasanya gw aja, tapi Samsat ini ada di Mall. Lokasinya kalo di Jakarta ada di Thamrin City, Gandaria City, Parkson Puri. Udah, itu aja yang gw tau dan pernah perpanjang (Gw lagi males googling). Kalo mau googling, keyword yang biasa gw pake, "Samsat Mall Jakarta" atau "Samsat Mall Jakarta Pusat" Sama kaya STNK/SIM Keliling, hasilnya jadi hari itu juga. Di Parkson biasanya suka rame, tapi akhir-akhir ini sepi. Gancit dan ThamCit juga sepi akhir-akhir ini. Enaknya di mall, mereka Sabtu buka (dulu Minggu juga buka, sekarang cuma Sabtu aja setengah hari.) Buat di Tangerang, ada di Mall @ Alam Sutera. Tapi kalian jangan ngide ya, mentang-mentang kerja di Tangerang, terus dateng ke Mall @ Alam Sutera buat perpanjangan. GAK BISA GAN. Jakarta ya Jakarta, Tangerang ya Tangerang. Biarpun platnya sama-sama B. Gw belom pernah nyoba samsat keliling di Tangerang, tapi ya mungkin kurang lebihnya sama. SAMA-SAMA GAK BISA GAN.

UDFASNFJ
yang terakhir ini, yang Bu Ros jelasin ke gw. Gw kurang tau kepanjangannya apa, gw juga lupa tadi mau foto-foto, saking excited-nya. di Google juga belom ada. Biasanya gw kalo sampe location baru langsung foto-foto dan update di google (demi ngejar rating bintang banyak biar kaya kulit durian banyak geriginya).

Lokasinya (kalo lo di Jakarta Barat, khususnya Kebon Jeruk), naik M11 dari arah tanah abang ke arah Meruya. Abis dari Kecamatan, kan jalan besar tuh (jalan lapangan bola), minta abangnya buat minggir kiri, lokasinya sebelum puteran depan kantor pos Indonesia. Caem banget di sana. Cepet banget. Bisa ngurus Pajak habis kurang dari 1 tahun juga deh seinget gw. Kalo nanya SIM bisa atau gak, gw kurang tahu deh, kalo pas gw ke sana lagi buat perpajang, gw bakal update di blog ya.

Own it, live it, love it.
Hug, love, and kisses.
Sam.

Comments