Olahraga Cardio itu apa sih?

Cardio Exercise itu apa sih? Apa bedanya dengan body lifting atau yg lainnya?

Cardio exercise adalah semua latihan/aktifitas yang meningkatkan detak jantung.
Sistem cardio-vascular yang kuat membuat pembuluh darah kapiler membawa lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel di dalam otot kita. Nah, hal tersebut memungkinkan untuk membakar lemak lebih banyak bahkan ketika kita tidak beraktifitas (berolahraga) sekalipun lho! Jadi gimana caranya supaya sistem kardio vaskular kita lebih kuat? Dengan melatih otot kita dong pastinya.

Wah pengen nih! Latihannya apa aja sih yang termasuk di dalemnya?

  • Jalan : Paling gampang dikerjain, bahkan sambil jalan ke mall, gak berasa tau-tau udah 2 jam aja. Iya gak?
  • Berlari : Kalo jalan dirasa kurang efektif (karena kurang keringet malah jadi keingetan) lari bisa jadi alternatif nih. Tapi lari bisa jadi bahaya kalo larinya gak bener. Bukan, bukan karena larinya abis ngambil dompet/hp orang. Tapi lari emang kurang baik buat sebagian orang, karena memicu cidera lutut. Gimana dong lari yang bener? Gw sempet nulis juga di blog gimana cara lari yang bener, atau kalo males buang kuota lagi, simplenya pas lari, taro tumit kaki depan dulu buat menapak, bukan bagian belakang kaki. Posisi badan dan tangan juga penting supaya larinya lebih efektif, tapi kalo masih salah-salah dikit juga gak berpengaruh banyak kok (mudah-mudahan)
  • Elliptical: Buat yang gak tau, ini pake alat gitu lho... jatohnya pas kita pake ini gerakannya seperti berlari. Tapi ini di claim lebih aman karena gak membuat lutut kita cidera. Kenapa? Ya karena kaki kita menapak atau menempel sama pijakannya, itu yang membuat kaki kita tetap pada tempatnya dan cenderung gak berbahaya. Cuma hati-hati ya, kalo pake alat ini bawannya jadi pengen cepet-cepet aja. Kalo terlalu cepat, juga bahaya lho.
  • Naik tangga : jangan sepelein naik tangga, naik tangga juga bikin deg-degan. Kalo cuma 1-2 lantai mungkin gak begitu berasa, tapi kalo sampe 3-5 lantai capek juga kan?
  • Naik sepeda : Buat yang gak bisa, bisa naik sepeda statis. Atau yg bisa, nah ini enak banget. Cepet kerasa buat keringetannya.
  • Lompat tali : Ini juga cepet buat bikin detak jantung naik, bahkan keringetan juga lho. Praktis, alatnya gak mahal. Cuma gak semua orang bisa kaya naik sepeda, gak semua orang bisa. Gw aja 5x udah nyangkut palingan.
  • Berenang : Berenangnya bukan cuma diujung-ujung atau cibang cibung doang ya. Berenang beneran dari ujung ke ujung, tahan nafas kalo susah kepalanya diatas aja (cuma kalo berenang dan kepalanya di atas, lehernya pegel gak sih?)
Atau kalo masih pengen liat referensi latihan yang lainnya bisa liat di sini semua latihan yang ada di situ gak pake alat sama sekali kok. Kalo kalian member di tempat gym (atau paling gak punya beberapa alat cardio) dan pengen latihan sendiri tanpa PT (Personal Trainer) bisa nyontek di sini.

Sekian dulu dari gw. Kalo ada pertanyaan bisa langsung aja di comment.

Own it, live it, love it.
Hug, love, and kisses.
Sam.


Referensi:

  • https://www.healthstatus.com/health_blog/wellness/cardio-exercise-definition-and-benefits/
  • https://www.verywellfit.com/best-home-cardio-exercises-1231273
  • https://www.verywellfit.com/best-cardio-workouts-1230830

Comments