#1 Sam Secret's

di suatu hari yang sunyi, ada orang (bapak-bapak) sedang menunggu sesuatu, dan ada gw di sebelahnya. keadannya hening banget, terus bapaknya ngebuka omongan dan nanya sesuatu ke gw, "kamu kuliah ya? jurusan apa?"

gw senyum sambil bales, "iya, jurusan blablabla."

bapaknya nanya lagi, "di mana?"

gw jawab, "di blablabla"

bapaknya nyaut sambil lesu, "tapi itu kan mahal ya? uang masuknya aja 25 juta lho."

terus gw mengeritkan alis sambil nginget lagi, emang iya ya 25juta? gw lupa persisnya berapa, gak dibayarin sih, gw bayar sendiri, tapi emang uang itu gw saving dari kecil, dari dulu banget karena bokap udah bilang gak mau biayain gw kuliah, harus nyari sendiri. gw juga punya back up plan, in case gak dapet beasiswa, ya pilihannya bayar sendiri, ngumpulin uang sendiri.

si bapak memecah lamunan gw sambil nanya lagi, "kayanya kalo saya liat-liat laptop kamu juga mahal ya, 30juta, merknya anu kan."

gw nyaut, "eh, mahal banget ya. kayanya gak deh bukan, mirip doang." merk yang dia tebak bener, tapi bukan seri yg dia maksud, seri yang dia maksud iya semahal itu, tapi gw gak pake seri yang itu.

terus si bapak cerita lagi, "anak saya kuliah juga di jurusan yang sama, kampus ini, lebih murah biayanya, kalo 25juta saya gak sanggup mahal banget."

gw mulai pengen cerita tuh sebenernya gw nyari uang sendiri buat kuliah, tapi gw takut si bapak tersinggung karena merasa anaknya "gak kreatif" dalam meringankan beban orang tuanya. akhirnya gw urungin.

si bapak nanya lagi, "kamu semester berapa?"

gw jawab, "semester blablabla"

si bapak sontak nanya lagi, "bukannya sekarang semester genap ya?"

"tergantung setiap kampus kayanya pak, kalo aku semester ganjil, baru masuk." jawab gw.

"iya, iya, iya, lebih muda ya dari anak saya, atau seumuran kali ya, cuma anak saya udah masuk semester genap, kan barengan kalian lulusnya ya (lulus SMA)."

ok. ceritanya sampe di sini aja. abis itu si bapak pergi ke tempat lain karena yang dia tunggu udah "dateng".  random thoughts gw berlanjut setelah si bapak pergi.

gw merasa gak nyaman di posisikan sebagai "si kaya", gw gak yakin kalo si bapak beneran kurang mampu. jikalau bener si bapak kurang mampu, lagi, gw kurang nyaman di posisikan sebagai "si kaya". entah apapun alasannya, itu membuat gw merasa bersalah buat pake barang bagus, atau dalam hal ini, "mahal". bukan salah gw kalo si anak gak bisa kuliah sendiri dan membuat orang tuanya terbebani dengan biaya kuliah yang "mahal". bukan salah gw kalo orang tuanya bilang angka segitu "mahal". padahal mahal itu relatif. 100ribu di kotak amal besar, tapi kecil kalo di mall.

bokap gw ngajarin kalo gw emang perlu sesuatu, maka beli lah. kalo barang itu mahal, tabunglah. orang tua gw akan memberikan "hak" gw sebagai anak mereka, mereka akan memberikan gw makan indomi setiap hari. kalo gw bosen, kalo gw gak suka, gw nabung atau mencari uang sendiri supaya gw bisa makan pasta. Alhamdulillah gw punya rejeki dan rejeki gw dipermudah sama Allah gw bisa makan pasta, daging, atau ikan, beda-beda setiap hari.

gak, gw gak bilang rejeki dia sulit atau dia kurang ibadah. karena bisa jadi, itu cobaan yang Allah lagi kasih buat dia supaya dia makin kuat, supaya pahala dia bertambah.

gw sering sedih setiap kali gw ngerasa kok hidup gw gini-gini aja, kok gw harus kerja keras, kok gak nyantai. tanpa gw sadari, I lived on someone else's dream. setiap kali gw iri sama orang, gw selalu inget-inget itu. sedih, iya, nangis, boleh. kata orang, kalo orang lagi "tersakiti" doanya lebih cepet dikabulkan, bukan? momen ketika gw nangis, gw pake buat doain orang-orang tersayang dan terkasih buat gw, supaya mereka bahagia, panjang umur, rejekinya banyak, dan gak ngerasain sakit yang gw rasain sekarang, tapi memiliki hati dan mental yang kuat selayaknya gw sekarang atau gw nantinya.

gw jarang atau hampir gak pernah nangis depan orang terkasih, gw takut mereka kepikiran. biasanya gw berdialog sama diri gw sendiri setiap malem sebelum tidur. di saat orang-orang main HP atau dengerin lagu supaya bisa tidur, gw pikirin semua masalah-masalah gw sampe gw ketiduran karena kecapean.

pas gw bangun tidur, gw biasanya jadi lebih lega atau tambah sedih. kalo gw ngerasa lega, artinya gw udah punya penyelesaian dari masalah gw. kalo gw tambah sedih, artinya cara penyelesaian masalah gw belom selesai.

gak, gak lantas gw punya masalah 1+1, gw tidur gw langsung tau jawabannya 2. gw ngobrol sama orang lain, dengerin masalah mereka dan cara mereka menyelesaikan masalah. dengerin sampe cara mereka menyelesaika masalah ya. jangan cuma denger masalah aja. atau nonton TV yang sampe selesai, gak gantung. kalopun gantung, baca review atau blog tentang gimana mereka menganggap ending di film itu, biar gw bisa punya banyak alternatif dalam "memecahkan masalah". dari situ, gw bisa belajar, kalo 1+2 = 3. gw tau setelah 3 ada 4, 5, 6, 7,8, dan seterusnya.

jadi, buat kamu semuanya, jangan patah semangat kalo merasa "ada yang lebih" baik dari kalian. tetap bersyukur, boleh menangis, tapi tetap pecahkan masalah yang ada. sering dengerin orang, sering baca buku atau berita, nonton juga boleh tentang gimana caranya menyelesaikan masalah, berdialog dengan diri sendiri setiap malem sebelum tidur. banyak berdoa juga. baca kitab suci kalian masing-masing, ibadah biarpun terpaksa. kerjain aja, lama-lama jadi kebiasaan, lama-lama jadi kebutuhan, yang awalnya terpaksa, jadi kebutuhan.

own it, live it, love it.
hug, love, and kisses.
sam.

Comments