Anak Peteran alias Gak Naik Kelas

Dulu waktu SD-SMA kalo gak naik kelas atau tinggal kelas rasanya malu banget. Suka dihujat temen-temen seangkatan, adik kelas (yang sekarang jadi temen seangkatan), dan juga adik kelas yang lain, diliat beda sama semua orang, dipandang kasihan, seperti aib, wah pokoknya tinggal kelas jadi mimpi buruk semua orang.

Tapi seiring dengan berjalannya waktu, saat kuliah strata 1 rasanya kalo gak lulus tepat waktu orang santai aja. Bahkan banyak meme yang bertebaran sana-sini tentang skripsi, gak lulus tepat waktu. Pada awalnya mungkin berniat menghibur teman-teman yang gak lulus, tapi makin ke sini rasanya jadi pembenaran dan pembelaan teman-teman yang gak lulus tepat waktu.

Lebih parahnya lagi, bahkan saat kuliah strata 2, orang gampang banget drop out atau keluar di tengah-tengah semester. Alasannya banyak, mulai dari menikah, punya anak, banyak tekanan, harus bekerja, seolah lulus strata 2 itu gak penting. Asalkan udah mengambil ilmunya, mereka merasa lulus strata 2 itu gak harus.

Nilai tinggal kelas, gak lulus, atau anak peteran tadi seolah hanya terjadi pada tingkatan wajib sekolah, yaitu sekolah dasar, menengah, hingga tinggi. alias kelas 1 sampai 12. sisanya istilah anak peteran gak lagi ada karena pendidikan setelahnya gak wajib, jadi gak ada istilahnya ketinggalan.

kalo menurut kalian gimana? kalo buat gw sendiri yang udah kuliah dari 2017 sampai 2023 belum lulus, gw malu banget. mulai dari nyalahin diri sendiri, orang lain, keadaan dan situasi, semua udah gw lakukan buat jadi lebih baik. cara terbaik adalah dengan lulus, meskipun gak tepat waktu, tapi tepat pada waktunya.

kalian sendiri, ada gak yang mengalami lulus gak tepat waktu? gimana caranya kalian bisa lulus pada akhirnya meskipun lama banget?

Comments