Menghina Orang Gak dikenal

Gw dulu punya temen sukanya ngelawak, bikin lelucon, suka bikin cerita-cerita lucu yang bikin semua orang tertawa.

sebenernya ceritanya gak lucu, tapi gw selalu ketawa atau lebih tepatnya pura-pura ketawa supaya gak garing. setiap omongan dia isinya lawakan dan setiap dia diem, gw "wajib" buat ketawa. katanya perempuan suka sama laki-laki yang lucu, makanya dia suka ngelucu. padahal menurut gw, dia bukan melucu. tapi menghina. gw kasih contoh...

waktu itu gw sama dia lagi jalan di jembatan antara CP dan Neo Soho, banyak orang foto-foto di sana. emang sih jembatannya bagus, lampu-lampunya bagus, suka ada pameran, bisa ngobrol sambil duduk di jembatan, intinya gw juga suka bikin konten di jembatan itu dan gak ada yang salah sama jembatan itu.

kebetulan, itu hari libur panjang dan besok udah kembali hari kerja seperti biasa.

dia melucu dengan bilang, "mereka semua ini orang kampung, semua kampungan." dia melihat gw dan memberikan kode gw buat ketawa. 

bukannya ketawa, gw malah bertanya, "kenapa bisa bilang mereka semua orang kampung?"

dijawab sama dia, "karena kalo orang kota gak mungkin foto-foto di CP. orang kota foto-fotonya di kampung. orang kampung foto-foto di kota. lagi pula lampu-lampu gini kan biasa, udah sering orang kota liat, udah bosen. semua orang kampung. mau nunjukin ke temen-temennya di kampung foto dia di kota sama lampu-lampu, norak semua orang-orang ini." dengan mukanya yang becanda, tertawa, dan nada yang jenaka.

gw tersenyum tipis, tapi ini udah next level. gw gak ngelanjutin lagi ngobrol dan diem lalu gak lama memutuskan buat pulang sementara dia masih bercerita tentang hal lain dan berusaha membuat gw tertawa dengan lawakannya yang sebenarnya malah menghina dan menyindir orang-orang.

temen semacam ini gak cuma satu, tapi gw temui banyak di lapisan teman-teman gw. temen SMP ada, temen SMA ada, temen kuliah ada, bahkan temen kerja pun juga ada. tujuannya untuk menghibur teman-teman yang lain tapi dengan cara menjatuhkan orang lain.

memang sih kalo kita nonton di TV atau acara srimulat, acara musik, atau acara lainnya kebanyakan orang menghina secara fisik, acara yang kemaren viral mengundang bintang tamu yang jelas-jelas cacat fisik tetapi diajak untuk menari bersama dengan host acara tersebut.

itu bisa menjadi boomerang bagi acaranya. jika bintang tamunya ikut menari dan melupakan sejenak kekurangannya, maka dapat dikatakan sukses. tapi kalau bintang tamunya tersindir dan tidak ikut menari maka acara tersebut gagal dan memancing emosi orang-orang di sekitarnya karena melecehkan orang dengan disabilitas.

tetapi hal semacam ini sudah dijadikan "lumrah" bagi orang-orang, bahwa kita boleh saja untuk mengejek dan mencela orang lain agar membuat orang lain tertawa.

bagi siapapun kamu yang mungkin pernah aku dan temanku sindir secara langsung maupun tidak langsung, aku minta maaf ya. maafkan juga orang yang pernah menyindir dan mengatai kamu baik langsung maupun tidak. doakan saja semoga hatinya terbuka, agar ia menjadi orang yang lebih baik lagi ke depannya. semoga ia tidak menghina orang lain lagi, dan untuk kamu semoga itu menjadi ladang surgamu dan pahala-pahalamu dihapuskan oleh Allah SWT, Aamiin...

Comments