Vegan shaming

sadar gak sih kalo society khususnya laki-laki banyak banget yg vegan shaming? di buku-buku, novel, sinetron, banyak banget yg melakukan hal itu.

contohnya di sinetron diceritain kalo perempuan dan laki-laki lagi date yang pertama kalinya, terus perempuannya pesen salad. laki-lakinya langsung kaya udahan dan gak ngelanjutin buat kenal lebih lanjut sama perempuannya. di sisi lain saat laki-laki ketemu perempuan yang pas pertama kali jalan pesen makanan yang berat, kaya daging, nasi goreng, apalagi kalo makannya berantakan dan gragas kaya gak pernah diajarin makan dan gak pernah makan seminggu malah dilanjutin dengan alasan "lucu", apa adanya, dan gak takut jadi diri sendiri.

sedikit banyak, gw jadi terpengaruh dan gak mau makan atau pesen sayur. terlepas juga gw gak gitu suka makan sayur karena sayur keras dan sulit dikunyah.

tapi lama-lama gw sadar kalo sayur itu penting bagi tubuh. jadi gak peduli apa kata orang, selama itu baik, selama itu gak melanggar norma sosial, juga norma-norma lainnya kenapa gw harus gak makan sayur?

yes, dulu gw pake behel dan kalo pake behel itu susah kalo mau makan, semuanya serba keras.

yes, dulu pas kecil gw susah makan sayur karena sayur rasanya pait.

tapi sekarang gw udah gak pake behel, sekarang gw udah dewasa. memang pait, tapi hidup juga pait. hidup pait tapi membawa manfaat juga. sayur pait tapi bermanfaat bagi tubuh juga.

mulai dari baik bagi saluran cerna, baik bagi kulit, baik untuk mengurangi bau badan berlebih.

jadi mulai sekarang, yuk kita sama-sama mulai makan sayur dan jangan lagi mencela teman kita yang makan sayur. jangan lagi menormalisasi pesan daging itu bagus dan pesan sayur itu jaga image

Comments