Friends tell each others "everything"

gw punya sahabat deket, gw cerita semuanya ke temen gw. tapi temen gw hampir gak cerita apa2 ke gw. biasanya kalo gak gw yang cerita, atau ngobrol kaya pandangan-pandangan tentang sesuatu. intinya dia hampir gak cerita apapun ke gw.

kalo gw tanya tentang cerita masa lalu, jawabannya udah lewat dan gak mau dibahas, kalo nanya masa kini jawabannya gitu aja kaya biasa, kalo nanya masa depan gak mau dipusingin karena masih lama. padahal gw mau dia cerita ke gw. gw pengen lho dia berbagi kesusahan hidupnya juga, gw pengen bisa dipercaya tentang dirinya.

akhirnya gw menarik diri dari dia, pas dia kontak gw diem aja karena dia gak cerita. pas dia telp gak gw angkat, kalo gw angkat telpnya tapi kami diem aja ya ngapain kan?

terus gw cerita ke nyokap, nanya, "gw salah gak sih?"

nyokap bales, gw salah.

karena tiap orang caranya melepas beban beda-beda. ada yang bercerita, ada yang mendengarkan cerita.

bisa aja gw senang bercerita, gw mencari solusi dengan bertukar pikiran dengan orang lain atau dengan bercerita sendiri. sedangkan dia mendapatkan kebahagiaan dan bisa mendapatkan solusi dengan mendengarkan cerita orang lain. dengan mendengar cerita kesenangan orang lain, dia jadi ikut bahagia. dengan mendengar kesedihan orang lain, dia bersyukur karena hidupnya ternyata lebih beruntung. kalo dia mau cerita, dia akan cerita. jangan paksa dia buat cerita. bisa aja caranya cerita dengan nulis di buku, atau cerita tapi ke orang lain seperti ke orang tuanya, ke saudaranya. yang penting gw selalu ada di hidupnya, jadi dia tau kalo gw ada di masa sulit dan bahagianya.

meskipun rasanya gw gak dipercaya sama temen gw, tapi gw harus mulai bisa nerima perbedaan kalo setiap orang beda :)

Comments