Tempat Asik di Kebon Jeruk buat W/SFC (Work/School From Cafe)

Hi semuanya!

gimana keadannya?

Semoga sehat selalu dan semoga COVID beneran jadi ENDemi.

Anyway, apa sih kebiasaan yang berubah dari sebelum pandemi ini?

Gw duluan yaa, kalo gw, tadinya gw ngerjain tugas di kampus, sekarang jadi di rumah. pastinya kalian juga ada kan yg tadinya kerja di kantor, sekarang jadi kerja di rumah.

Banyak banget yg berubah, ini rangkuman dari gw:

+ gak harus pergi ke kantor/sekolah, jadi menghemat waktu buat transportasi. bisa di rumah aja dan semua beres.

- banyak orang menyepelekan "di rumah aja", dengan di rumah aja seolah kita jadi "punya waktu luang yang banyak".

- meeting yg tadinya cuma 1 dalam satu waktu, sekarang bisa meeting paralel 2-3 sekaligus.

- jadi kepikiran "kok rumah gw berantakan ya?" terus akhirnya jadi beres2 rumah.

-/+ tadinya ngurus diri sendiri, tapi sekarang jadi ngurus orang rumah juga. termasuk ngurus orang tua/lansia yg di rumah aja, (with all due respect) mereka jadi banyak nanya2. I know mereka seneng banget bisa ada temennya di rumah, gw juga seneng banget bisa melihat mereka panjang umur. ini karakteristik orang tua, mereka suka banget ngomong, dan since mereka "gak bisa apa2" mereka akan banyak meminta tolong sama kita yg masih muda dan bisa segalanya. Gak semua orang tua pengertian sepengertian eyang gw, banyak "yg gak peduli" atau "lupa terus2an" jadi sering mengganggu atau memecah konsentrasi kita dalam bekerja. tentunya, sebagai atasan bakalan "sebel" atau sebagai workaholic sejati bakalan sebel kalo pekerjaan mereka gak bisa selesai, karena "terganggu" terus menerus. Ini hal yg sulit, di satu sisi gak mau menolak, di sisi lain, "gw mau kerja." sama halnya juga dengan anak kecil/adek, mereka harus sekolah dari rumah, mereka pasti bakalan ganggu terus-menerus, sering nanya. gak cuma sekedar malem2 pas kita lagi tidur mereka bilang, "besok diminta bawa daun 5 jari, garis sejajar, sama daun2 lainnya minimal 10 jenis daun yg beda." tapi ALL THE TIME dan mereka beneran gak berdaya, gimana nolaknya? So... kita yg tadinya individual akan belajar jadi saling deket sama keluarga dan saling belajar toleransi, saling belajar membagi waktu, dll. gw taro ini poin plus dan minus.

dan juga distraksi-distraksi lainnya yg ada (guru bahasa gw bakalan marah sih gw naro dan di awal kalimat.)

Beruntungnya kita, kita sekarang bisa Work/School From Cafe/co-working.

Gw kan "anak orang kaya", gw gak bisa kerja di rumah, kalo kerja di rumah, pasti gw ngerjain chores rumah yg harusnya gak gw kerjain. kaya nyuci baju dipiliah berdasarkan warna, jenis, bentuk punya siapa. yg tadinya nyuci sehari sekali jadi 10x, nyedot debu semua langit2 rumah, ganti listrik, bangun candi. Alhasil gw harus ngerjain tugas di luar biar gak keganggu. Again, karena gw "anak orang kaya" jadi gw kerjanya di cafe, ini beberapa cafe yg ada on top of my head:

1. Starbucks Kemanggisan

Lokasinya bisa di klik di namanya. Gw seharian di sini billnya bisa sekitar 100-200ribu. Tempatnya enak, kursi dan mejanya nyaman buat kerja di sini, sayang kadang suka "rame", jadi kalo berangkatnya kesiangan suka "rebutan" buat dapet posisi atau tempat yg enak. Pelayannya juga ramah banget, kalo mereka lagi keliling, kita bisa titip beliin minum/makan sambil kasih uang atau starbucks card ke mereka, bisa titip barang tanpa worry (di bawah ya, kalo di atas emang mereka gak patroli di sana, jadi mungkin akan masang muka keberatan, tapi mereka jagain juga), selalu jaga kebersihannya, baik itu meja, toilet, dll. selalu menerima masukan dari kita. Jeleknya 2, buat yang Muslim, di sini solatnya "gak bisa", tapi untungnya di depan ada Masjid, jadi bisa nyebrang buat solat. untuk makanannya di sini roti2an, jadi buat yang harus makan nasi, sorry to say boy. Internetnya super duper kenceng, jadi gak usah khawatir lah soal itu.

2. Cortado

Binusian pra covid pasti tau ya tempat ini, lokasinya ada di lantai 2 di bawah tempat gym. parkirannya motor only dan emang kalo biasanya parkir motor susah, tapi semenjak covid karena pengunjung berkurang, jadi jangan khawatir soal parkiran motor. makanannya enak, minumannya enak. gw kemaren ke sini makan sehari tiga kali under 200ribu. pas gw ke sini gw gak ke toilet nor solat, jadi gw gak bisa dapet info ini. Sayang untuk wifinya gak kenceng, bahkan sering break out beberapa kali. sinyal biasa pun susah masuk, jadi yaa gitu lah ya. buat yg bilang ini panas, yes, ini panas. tapi hanya di jam tertentu aja, karena cafenya kaca2, dan mungkin sticker anti panasnya udah expired atau menurun kualitasnya, jadi ya panas. tapi kalo sore gak kok. acnya sebenernya dingin, ya tinggal kalian pilih aja tempat yg jauh dari kaca. buat tempat duduknya gw dapet yg kursi rotan dan meja beneran yg proporsional. gila sih ya, kursinya nyaman banget. not once gw ngerasa harus jalan2 karena pantat gw panas. asik banget. buat pelayanan baik, tapi gw agak worry tbh buat "titip" barang ke pegawai di sana, bukan karena gak percaya, tapi karena meja pelayanannya tinggi, karena keisi barang2. entah itu mesin kopi, kopi yg mereka jual sendiri, atau apapun itu. jadi mereka sulit buat liat2 ke kita. meskipun ada cctv dan kalo dititip pasti mereka akan lebih perhatian ke barang kita, but still gak senyaman kalo nitip di starbucks. tapi overall dari segi tempat, gw suka sih. nah, terus banyak yg bilang lagunya di sini lagu lama dan itu terus yg diulang, menurut gw, sah2 aja lah. bisa aja kan itu ciri khas mereka, gw udah ke sini beberapa kali dalam rentang tahun yg gak pendek, jujur emang lagunya itu doang gak ada lagu lain. ya gpp lah, itu ciri khas, tbh nih ya, gw bisa lebih fokus karena gw gak pengen dengerin "lagu mereka". jadi kerja gw lebih cepet.

3. Ayam Gepuk Pak Gembus & Kopi Pandjer

Buat yg suka ayam gepuk pak gembus, pasti suka kerja di sini. makanannya terjangkau, gw di sini seharian bisa habis sekitar 150ribuan. makanannya ya biasa ayam pak gembus, tapi bedanya maknnya gak di atas comberan, rasanya lebih higienis, tapi sayang sambelnya gak luber. buat minum terbatas, karena X Kopi Pandjer, ya minumnya minum kopi pandjer, buat internet gak sebagus starbucks, tapi gak sejelek cortado. buat tempat duduk enak, meskipun gak seenak cortado, colokan ada di setiap tempat duduk. minusnya karena di sini tempat makan, iya sih emang buat nongkrong atau meeting, gw sering nemu karena emang deket kantor kan ya, tapi gw pernah "diusir". kan gw udah makan, duduk. belom ada 1 jam dari gw makan, tempat gw duduk ditulisin "reserve" terus gw nanya dong, buat jam berapa? kapan? i mean, kan ada gw. kenapa tempat gw "dijual", sekali gpp, dua kali, men? sampe gw turun ke bawah buat "nyewa" tempat dan mastiin gw gak diusir. kalo kalian emang berniat jangka panjang di sini, better bilang dulu sih di bawah kalo kalian mau pake tempat di mana dan berapa lama, mereka welcome kok. tapi ya bilang dulu. Pas gw ke sini buat yg kedua kalinya, gw bilang dulu sama mereka. Diijinin kok, gak diusir2 juga. padahal gw duduk di hotspot, hahaha.

4. Shake Bor

Wah gila sih ini, atasnya kan kantor ya. bawahnya cafe, kalo hari biasa, di sini tuh rame banget. ada panahan, ada nyanyi2. seru banget, tapi semenjak covid, ya tebak aja lah. sepi. internet di cafe karena gw doang yg pake, jadi ya cepet. gw gak bisa bilang ini cepet beneran kalo emang cuma gw "doang" yg pake. gw makan di sini sekitar 150-200. gw gak enak sih kalo gak makan sehari 4x, since gw doang di sini. pelayannya ramah banget, beneran asik. toilet bersih, solat di sini gak ada tempatnya, tapi kalo mau solat di Masjid bisa banget titip sama mereka. colokan aman, plusnya di sini anak kantor suka meeting, kadang dari HQ dateng buat meeting di sini, atau anak kantor suntuk, mereka kerja di bawah. jadi gak kerasa sepi2 amat. buat yg pengen kenalan sama orang baru, sabi sih. tempat duduknya biasa aja, kadang kerasa panas sesekali. mejanya pas buat ngetik, gak bikin capek.

5. Upnormal Coffee Roaster

nah... ini kayanya gw ratingnya paling keren sih buat konsepnya. petugas keamanan di sini ada 2 dan selalu patroli sambil ngomongin pelanggan yg dateng, yg diomongin yg udah gak ada lah ya jelas, kalo yg masih ada gak berani. gw bisa nitip laptop sama siapapun! bisa sama temen sebelah gw, bisa sama pelayan, sama keamanan yg jaga. ada tempat solatnya, wangi, nyaman. gak ada mukena karena lagi covid, lo bawa sendiri lah ya. toilet juga wangi, bersih, nyaman. lo bener2 tinggal duduk aja, scan barcode di meja, bayar juga dari hp lo bisa pake shopee, ovo, gojek, nanti makanan dateng, lo gak perlu ke kasir, so easy. ini keren beneran. gw suka!!! sayang makanannya gak sesuai selera gw. tempatnya banyak colokan, internet juga aman, tempat duduknya bikin pantat panas, tapi masih wajar. ac cukup gak panas, gak dingin. sayang bukanya siang sampe malem, jadi kalo kalian pengejar pagi, ya maap aja tempatnya belom buka. di sini juga gak bakal "diusir" kalian mau gimanapun bebas. pesen 1 menu doang seharian juga bebas. rata2 gw di sini habis 150-200 sehari. parkiran juga gak usah ditanya lagi, aman banget. 

Above all of that, gw sebenernya pengen kerja di co-working dari dulu instead of cafe. tapi gw kerasa, like so formal gak sih? pasti yg kesana orang kaya beneran. yg punya gaji instead of uang jajan kaya gw. terus gw look up online lagi (sebelumnya gw look up sebelum covid) ternyata harga co working "murah" dong cu -__-.

lo tau Alfa X? gw juga baru tau gara2 tiktok. besok gw mau ke sana dan gw mau menjelajah lagi beberapa tempat coworking, gw bakalan bahas dari sisi (1) tempat parkir, (2) tempat duduk, (3) harga sewa, (4) makanan, (5) internet, (6) other info, if any. Whoa, I'm so exited! Alhamdulillah ya, berawal dari keresahan uang jajan yg menipis, akhirnya gw bisa nemuin tempat yg keren dan harga lebih terjangkau. Semoga info ini bermanfaat ya buat kalian, jangan ragu buat googling atau look up online, karena siapa tau ternyata malah bermanfaat buat ke depannya.

Again, ngeliat ramenya warung upnormal, cafe pasti tetep bakalan rame kok biarpun menjamurnya tempat coworking.


Own it, live it, love it.

Hug, love, and kisses.

Sam.

Comments