anak IPS "gak bisa jadi apa-apa"

disclaimer dulu, hal ini terjadi pada masa gw, jaman gw. kalo sekarang terdapat perubahan, apalagi yang lebih baik. gw seneng banget sih.

obrolan ini terjadi antara gw dan salah seorang temen gw, di mana gw dari jurusan IPA dan temen gw dari jurusan IPS. ada dua poin yang mau gw sampein ke kalian, tapi kita ke poin pertama dulu ya, di mana orang dari jurusan IPS gak bakalan bisa jadi apa-apa.

pada jaman gw, kelas 10 kami belajar IPA dan IPS, di sini kami bisa mempelajari keduanya, berkenalan dengan keduanya, lalu kelas 11 memutuskan mau mengambil jurusan apa. selidik punya selidik, beberapa tahun sebelum gw ternyata penjurusan ada di kelas 10. jadi pas masuk SMA langsung penjurusan. pas angkatan gw, kakak kelas gw, dan adek kelas gw, kami dapet kesempatan untuk belajar keduanya sebelum memutuskan mau masuk jurusan apa. di tahun sekarang ini 2020, pas masuk SMA udah langsung penjurusan. jadi pas tes masuk ada psikotestnya dan ditanya mau masuk jurusan apa.

masuk IPA sepenting itu, bahkan temen gw masuk IPA dapet motor, meskipun motornya baru bisa dipake 2 tahun kemudian (karena baru dapet SIM). tapi masuk IPA tuh sepenting itu.

waktu angkatan gw penentuan jurusan masuk IPA/IPS selain dari nilai, ada juga psikotest, dan pilihan dari murid itu sendiri.

jadi kalo nilainya bagusan IPA, akan cenderung ke IPA. kalo bagusan IPS, akan cenderung ke IPS. ada juga nilai psikotest, itu juga akan jadi penentuan. akan dilihat apakah si anak lebih ke IPA atau IPS. terakhir, murid juga ditanya, minatnya mau ke IPA atau IPS, terus ditanya kenapa.

waktu gw, nilai IPA dan IPS sama bagusnya, psikotest gw juga mendukung gw buat masuk ke IPA dan IPS, saat ditanya gw mau ambil IPA atau IPS, gw bilang mau ke IPA karena gw mau jadi dokter gigi. dengan mulus gw masuk ke IPA.

NAH, di sini nih...

biasanya penjurusan IPA dan IPS biasanya hanya 1 kelas atau bahkan setengah kelas aja yang pure karena nilainya bagus (enggak sih, ini ngasal gw doang). sisanya kalo anaknya pinter masuk ke IPA, dan sisanya masuk IPS. kenapa? soalnya belajar di IPA susah, sedangkan di IPS itu gampang. "cuma gitu-gitu doang" kata orang-orang.

padahal IPS itu susah lho, gw belajar geografi dan meteorologi, sosiologi dan antropologi, itu setengah mati. karena bisa di bilang itu hampir hapalan semua kan? sedangkan untuk kimia, fisika, itu hasil latihan berkali-kali nanti hafal kerena terbiasa. beda deh pokoknya. makanya pelajaran biologi gw jelek dan jeblok, karena gw susah menghafal. gw tau sih kalo diminta sebutkan pengertian, soalnya gw jago ngecap. tapi kalo disebutkan pengertian dan gw harus ngasih tau namanya, gw gak jago. ngafalin nama orang aja suka salah, nama jalan, pokoknya yang bukan sehari-hari, itu gw gak bisa. jadi gak segampang itu juga sebenernya. apalagi pas kelas 11 belajar akuntansi juga. di IPA belajar biologi, fisika, dan kimia. di IPS ada geografi dan meteorologi, sosiologi dan antropologi, dan akuntansi. nah untuk matematika di sini juga beda. karena IPA identik dengan hitungan, jadi matematikanya matematika khusus IPA, padahal harusnya disamain. emang jadi merugikan bagi IPS karena mereka gak kuat di hitungan, tapi ini akan jadi pembeda dan menyulitkan saat mau masuk ke perguruan tinggi.

lanjut ke pembahasan kenapa IPA jadi anak emas. di beberapa perguruan tinggi, mereka mewajibkan anaknya hanya dari jurusan IPA. soalnya membutuhkan logika dan hitungan. ini menjadi pembatas, anak-anak jurusan IPS udah gak bisa masuk ke jurusan-jurusan ini karena dibatasi jurusan.

tes masuk ke perguruan tinggi pada jaman gw, kita pertama milih IPA, IPS, atau IPC. IPC itu campuran, di mana ada soal IPA dan IPS juga. jadi pas tes perguruan tinggi selain dikasih soal psikotest, TPA, kita juga dikasih tes IPA/IPS/IPC.

kenapa ada IPC? jadi misalnya gw jurusan IPA, terus mau masuk sosiologi untuk kuliah. di sosiologi, dibutuhkan jurusannya IPS. jadi gw wajib ambil IPC untuk melihat kemampuan IPS gw sejauh mana. nantinya nilai gw akan dibandingkan dengan teman-teman yang lain. nilai ini gak akan dilihat lagi apakah dia IPS/IPC, ya diliat aja.

beberapa jurusan juga ada yang all major, alias boleh IPA dan IPS, biasanya kaya management, administrasi, itu boleh dari kedua jurusan. karena gak dibutuhkan kemampuan khusus dari IPA atau IPS.

nah kalo kuliah jurusan biologi, teknik mesin, bye bye aja deh anak IPS udah absolute gak bisa masuk. karena wajib IPA. jadi yang bisa ke IPC ya cuma anak IPA aja. ini based on guru bimbel gw yg bilang ya, dan gw nanya ke orang-orang juga sama. gak bisa. hanya IPA ke IPS aja, IPS ke IPA gak bisa. pun ada jurusan yang bisa, dari matematika biasanya gak ngejar. karena matematika IPA dan IPS itu beda.

itu makanya gw bilang kalo lo masuk jurusan IPS di Indonesia, lo gak akan bisa jadi apa-apa. karena udah dibatasi di perguruan tinggi. anak IPA dengan mudah ke IPS, sebaliknya anak IPS sulit sekali kalo mau ke IPA.

semoga nantinya di Indonesia anak IPS bisa ke IPA dengan mudah, sebagaimana anak IPA dengan mudah ke IPS. Aamiin...

Comments