Cara nolak yg baik-baik tuh gimana sih?

Gw mau nanya dong sama kalian, kalian pernah gak nolak orang? gw jujur pernah, tapi biasanya yaudah gitu aja. kalo gw tolak, biasanya orangnya nerima kalo gw tolak.

Meskipun pernah sih gw dulu nolak orang dan itu susaaah banget, sampe akhirnya gw jadi korban kekerasannya. suatu saat, orang itu pergi aja udah gitu. Gw jujur ngerasa lega, gw juga berharap dia jadi lebih baik lagi sekarang dan jauh dari gw, ngelupain gw, dan jadi pribadi yang baik tapi please jangan temenan sama gw lagi. karena jujur gw masih trauma.

semenjak itu, gw pernah juga nolak orang. it went ugly. awalnya temenan baik, tapi rupanya dia baper sama gw. mungkin bukan yang baper pengen jadian gitu lah ya, tapi baper aja. terus pas tau gw gak bisa sama dia, awalnya baik-baik aja, tapi lama-lama dia malah bikin isu-isu yang gak enak tentang gw. terus udah deh, musuhan aja. sebisa mungkin gak ngobrol, gak berhubungan, dll.

setelah lama gak berbaur lagi sama laki-laki yang baperan, tiba-tiba gw ketemu sama laki-laki yang usianya 10 tahun lebih tua dari gw, dan kelakuannya 10 tahun lebih muda dari gw. kaya.... orang dewasa yang punya jiwa anak sekolah menengah pertama, kaya di film senior year, tapi ini gak ada dewasa-dewasanya.

udah mana sering ngajakin debat, suka marah-marah, kelakuannya kaya anak-anak, pokoknya hidup gw gak tenang deh. kaya di meme-meme gitu, i want problem, i don't want peace. tapi ini versi berantem yang beneran berantem sampe lo kaya narik urat. bukan yang lucu-lucuan.

karena hidup gw gak tenang, jadi pas berantem, gw diemin 3 hari dulu. dia juga diemin kebetulan, terus gw ngajak baikan. abis dia baikan, tapi kelakuannya masih nyebelin lah kanak-kanakan. kalo mau dibilang pacaran lebih kaya ke pacaran anak sekolah gitu lah, bukan yang pacaran dewasa serius gitu. jadi ketemu cuma kalo mau, terus sisanya cuma chatting tanpa telp. karena gw ngerasa, yaaa gw gak bisa nolak lo, tapi gw ngerasa lo masih anak-anak.

abis gw ngajak baikan, gw nanya, kita temen kan? nah di situ dia ngamuk lagi, maunya pacaran, maunya nyari istri. lah ya gw gak bisa dong... nikah kan ibadah terpanjang, emang sih banyak ujian dan cobaannya, tapi gak ya dikit-dikit dicoba untuk diuji. mana gw kena harassment. physical harassment, verbal harassment, sexual harassment. pokoknya serem deh.

gw gak bisa bilang kalo dia ini toxic ya, kalo ibarat skincare, retinol gak bisa ketemu sama AHA BHA. tapi keduanya sama-sama bagus buat kulit. dengan presentase yang tepat, dengan kulit yang udah biasa juga, ada lho yang pake toner AHA BHA terus pake serum retinol. bukan berarti gak bisa, tapi harus ada yang lebih ringan daripada yang lain. retinolnya pun juga rendah presentasenya, gak boleh setiap hari juga.

nah masalahnya, gw kan nikah buat dibimbing ya. bukan buat membimbing. masa iya gw harus jaga perasannya terus? harus ngalemin dia terus? harus nurut terus? belom lagi dia ignorant banget, gak mau medical check up alesannya kalo ketauan sakit harus minum obat. sedangkan dia gak mau minum obat karena males.

medical check up pra nikah gak mau, alesannya kalo ketuan sakit (HIV/AIDS) takut gak jadi dinikahin, maunya ada perjanjian hitam di atas putih, kalo ketauan HIV/AIDS tetep harus nikah. dengan riwayat jejak males minum obat, suka harassment, kalo gw sama keturunan gw kena HIV/AIDS, terus jadi korban KDRT kan konyol banget yaaa. belom lagi kalo harassment meningkat jadi abusive.

sekali lagi, gw bukan bilang dia jahat, jujur dia cuma manja, cuma "anak kecil" yang dipaksa dewasa dan belom bisa berkembang lagi. dengan orang yang tepat, pasangan yang tepat, lingkungan yang bener, dia bisa aja jadi orang yang seperti seusianya, atau bahkan lebih dewasa. tapi bukan gw, karena terbukti gw gak sanggup. gw sayang sama diri gw sendiri, gw udah cukup waktu itu 2 tahun ngalemin orang, ternyata gw gak bisa.

pun gw bisa, sebagai pasien dan psikolog, bukan sebagai istri dan suami. karena batesannya beda, dia bisa sewenang-wenang sama gw. kalo ke psikolog dia bisa masih batesin diri, gak ketemu beneran terus-menerus.

jujur banget dari dalam lubuk hati yang paling dalem, gw cuma mau move on. gw pengen tau saran dan masukan dari kalian, biasanya kalo kalian nolak orang, terus orangnya gak mau ditolak karena gak bisa menerima penolakan, terus kalian gimana? apalagi kalo dia sampe ngejelek-jelekin kalian di sosial media, berkata-kata yang gak pantas, kalian gimana?

Comments