caranya tau kalo orang bakal ngelakuin KDRT tuh gimana sih?

orang yang pemarah, udah langsung gw tandain red flag kalo dia cikal-bakal ngelakuin KDRT atau domestic violence.

pada awalnya cuma marah-marah biasa, meningkat jadi marah-marah dan banting barang, terus menyakiti dirinya dan bahkan bisa jadi orang lain. kalo orang capek, wajar mungkin akan jadi terpancing untuk marah, berbicara seenaknya, bicara sekedarnya, atau marah-marah beneran mulai dari nada tinggi, sampe silent treatment. kita membiasakan hal ini kan? mewajarkan karena dia lagi capek, hidupnya gak bahagia, wajarin aja.

padahal katanya sayang, tapi kok menyakiti?

hal ini gak gw sadari sampai gw bener-bener dewasa. karena tadinya gw mewajari aja orang mukul gw, nyakitin gw, bikin gw biru, karena buat gw, kalo udah sekali jatuh cinta, yaudah. gw gak akan bisa jatuh cinta lagi, gw gak akan ketemu orang lain lagi, dia akan jadi pasangan gw selama-lamanya. gara-gara kebanyakan nonton film dan meromantisasinya.

padahal belum tentu juga dia mau sama gw? belum tentu juga dia beneran baik, belum tentu juga gw dan dia sama-sama bisa berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

ah, jaman dulu orang langsung dijodohin rukun-rukun aja tuh. bisa punya keturunan yang banyak, makmur, gak cerai, tinggal kalian aja yang saling toleransi satu sama lain, saling berdamai, dan rukun-rukun dalam berumah tangga. ini juga prinsip yang gw pegang dulu.

padahal, gw deserve better. gw pribadi yang baik kok, gw juga pantes dong ketemu dengan orang yang baik. orang yang baik, untuk orang yang baik juga. coba deh, gw naksir sama Axton Salim. anggep aja misalnya Axton Salim juga suka sama gw, apa terus artinya kami berdua harus bersama? ya enggak juga lah, beda agama, beda prinsip hidup, beda lain-lainnya juga. dalam agama gw, paling tidak ada beberapa hal yang dianjurkan untuk dilihat sebelum kita menerima atau meminang pasangan kita, hal ini gw denger jadi pengajian yang biasa suka gw datengin, dan gw rujuk juga dari internet ya.

Pertama, ambil dari sisi Agamanya. Agama merujuk gak cuma dari sama-sama beragama Islam aja (karena gw Islam). iya bener, Islam cuma satu, tapi kan ada banyak cara dan kepercayaan dalam Islam itu sendiri, seperti Muhammadiyah, NU, atau juga lainnya. gw akan mencari yang kurang lebih sama dengan gw, atau pun kami punya pandangan agama yang berbeda, hal ini tidak bersifat krusial atau bisa saling mentoleransi satu sama lain. selain itu, orang yang baik agamanya juga pasti baik akhlaknya juga, hal ini juga termasuk di antaranya tidak mudah marah-marah, tidak mudah tersinggung. marah dan kesal itu memang manusiawi, tapi setidaknya tidak mudah tersulut dan terpancing emosi negatif. pun pasangannya lagi kesel, saat melihat kita bukannya tambah marah, tapi emosinya mereda.

Kedua, ambil dari sisi fisiknya juga. ganteng/cantik itu relatif. apalagi kalo kita cinta sama orang lain, fisiknya akan jadi makin tambah terlihat tampan atau cantik. lagipula cantik dan tampan akan memudar, cari pasangan yang gak bosen kita liatin terus-menerus. ini sah-sah aja, gak harus secantik Mister dan Miss Universe, asal pasangan kita mau merawat diri semampunya, cukup kok. semampunya yaa. gak harus DNA Salmon setiap bulan, kalo mampunya pake skincare yang ada di warung juga gpp lho. yang gak boleh memaksakan kehendak, naik Haji juga gak diwajibkan, syaratnya bila mampu. jadi kalo gak mampu ya gpp.

Ketiga, diambil dari kedudukannya. ini juga sebenernya fana. kalo gw mengambil sikap lebih ke keluarganya dibesarkan dengan cara yang sama, lingkungan yang sama. tujuannya kita satu keluarga akan saling mengenal, mengerti, dan bertoleransi satu sama lain. kalo misalnya kita berasal dari keluarga yang berbeda, tentunya akan banyak banget perubahan yang harus kita samakan, harus kita toleransi. kalo misalnya berasal dari keluarga yang berbeda kedudukannya, selama mau dan bisa saling mengerti gpp kok. 

Keempat, hartanya. enggak, bukan soal si kaya dan si miskin. tapi kalau latar belakang finansialnya berbeda, tentu aspek yang akan dikorbankan akan berbeda. misalnya kalau si A yang penting sandang, pangan, dan papan dulu. harus baju yang bagus, makan yang enak, rumah yang bagus. sedangkan si B sandang, pangan, papan, dan tersier. rumah biasa aja, baju biasa aja, yang penting tersier pun juga dapet. tiap orang akan berbeda-beda. kalau berbeda finansialnya cukup jauh, biasanya akan terjadi kejomplangan. titik cukup setiap orang akan berbeda-beda. meskipun rasa cukup "tidak akan pernah ada". tapi dua keluarga yang finansialnya mirip-mirip, maka apa yang akan dikeluarkan juga mirip-mirip.

sebenernya kalo mau berantem sih berantem aja. ada yang keuangannya susah bawannya misuh-misuh terus, marah-marah terus mukul. ada juga yang keuangnnya cukup, tapi kerjanya susah payah makanya mudah lelah dan sering marah-marah.

apapun itu, semoga kita ditemukan dengan pasangan yang setara sama kita, bisa saling mengerti satu sama lain, bisa saling menyeimbangkan, dan pasti dijauhkan dari KDRT.

Comments