kalo orang nyumpahin jelek ke kita, gimana sikap kita?

Pernah gak sih kalian didoakan hal jelek sama orang lain? mungkin secara terang-terangan ada yang bilang di depan kita, "gw sumpahin lo supaya..." atau ada juga yang diem-diem mendoakan jelek ke kita.

sebenarnya doa, seperti apapun itu bentuknya pasti akan kembali ke kita. jadi kalo berdoa jelek, akan kembali ke kita. sebaliknya doa baikpun akan kembali ke kita juga. jadi sebisa mungkin berdoa yang baik-baik aja.

tapi, gimana jadinya kalo orang mendoakan jelek ke kita? apa yang bisa kita perbuat? caranya doakan balik.

gw beragama Islam, jadi gw akan berbicara dari sudut pandang gw sebagai Islam. kalo gw, gw akan mendoakan mereka setiap habis solat, gw berdoa supaya (1) Allah mengampuni dosa gw baik yang sengaja gw perbuat maupun tidak. (2) gw juga berdoa supaya orang-orang yang sakit hati terhadap gw dilunakkan hatinya agar memaafkan gw dan mendapatkan ketenangan batin supaya gak benci lagi sama gw, (3) juga gw berdoa supaya doa buruk orang lain tidak menimpa ke gw dan umat Muslim lain. supaya doa buruk berubah jadi baik dan (4) orang yang berdoa buruk tidak lagi berdoa buruk, segera bertaubat dan selalu mendoakan hal yang baik-baik kepada orang lain.

ucapan adalah doa. jadi kalo berucap, berucaplah yang baik. 

Comments