mau jadi apa kamu nanti?

buat sebagian orang, mau ditanya what's next itu nyebelin. tapi emang cara nanyanya juga mungkin nyebelin sih.

keluarga gw mungkin bisa dibilang keluarga visioner, kami punya target mau kemana jangka panjang.

misalnya kaya gw pas kecil, gw udah diatur akan kuliah sampe S2. masalah jurusannya apa, liat nanti. pokoknya harus kuliah sampe S2.

karena gw anak pertama, jadi ada trial and errornya juga. meskipun ada masukan dari orang lain, tapia kan berbeda tentunya untuk setiap orang. jadi gw waktu itu disekolahin ke taman bermain saat TK, karena gw emosian dan suka marah-marah setelah pulang sekolah, jadi adek gw gak dimasukin ke taman bermain tapi langsung ke TK nol kecil.

pas SD, gw dan adek gw masuk sekolah yang sama. sekolah swasta. di sini gw dapet perundungan gede-gedean dari temen-temen karena gw kurang mampu. padahal yang merundung gw lebih gak mampu lagi secara finansial. gw diminta untuk gak membalas, jadi gw diem aja. di sisi lain, angkatan adek gw gak ada perundungan sama sekali. terlepas adek gw laki-laki dan gw perempuan, tapi emang gak ada aja di angkatan adek gw.

pas SMP, lagi-lagi ada trial and error dari orang tua gw. gw masuk sekolah favorite, sedangkan adek gw ke sekolah unggulan. sama-sama domisili rumah kok, jaraknya juga sama. ternyata untuk sekolah favorite dan unggulan, sama-sama bagus untuk gw dan adek gw. beda di pergaulan, tapi itu sih lebih ke pribadi aja ya.

pas SMA, gw gagal untuk masuk sekolah yang bagus, di sini ortu gw sedikit agak ngelepas gw karena waktu itu ada masalah keluarga. al hasil gw masuk sekolah "abal-abal". masih sekolah negeri. waktu itu sebenernya orang tua gw udah nyoba menyelamatkan gw dengan mindahin ke sekolah negeri deket rumah yang juga unggulan dan favorit, atau memindahkan gw ke sekolah di luar negeri. pertukaran pelajar atau bahkan pindah beneran. orang tua gw Alhamdulillah mampu untuk kedua opsi itu. waktu itu gw bisa pindah ke sekolah negeri deket rumah yang favorit karena ada bangku kosong. tapi tau gak yang bikin gw gak jadi pindah? karena temen-temen baru gw bilang, "jadi lo lebih pilih sekolah baru lo daripada kita? yaudah kita gak temenan lagi sama lo."

dampak gw dirundung pas SD, bikin gw takut kehilangan teman. di satu sisi gw nyesel banget, gara-gara temen, gw menghilangkan masa depan gw. di sisi lain, itu bener-bener pelajaran yang berharga. orang tua gw gak maksa gw, karena gw milih temen. karena menghargai gw yang susah dapet temen. mungkin daripada gw gak mau sekolah. akibatnya adek gw disekolahin di sekolah asrama. selain karena gw yg susah diatur, adek gw lebih susah lagi diatur. jadi harapannya dia bisa lebih tertata dan teratur, gak kaya gw.

masuk SMA negeri konon katanya membuka peluang lebih besar ke universitas negeri. universitas negeri selain murah, juga bagus dan menjanjikan. gak cuma pas kuliahnya aja bagus, tapi juga pas lulus akan punya koneksi yang bagus. ikatan alumninya kuat, jadi bisa bekerja di manapun dengan mudah. untuk bisa masuk SMA negeri, konon katanya harus dari SMP negeri, untuk bisa masuk SMP negeri gak harus dari SD negeri. itu sebabnya TK dan SD gw di swasta, SMP dan SMA gw di negeri. karena mau ngincer universitas negeri juga.

di SMA gw dan adek gw diminta untuk masuk IPA, selain dari novel-novel yang gw baca disebutin kalo jurusan IPA itu golden standard untuk punya masa depan yang cerah, juga keluarga gw tau kalo jurusan IPA bisa kuliah jurusan apa aja dengan mudah.

perguruan tinggi pun gw dan adek gw dibatasi, hanya boleh kuliah di jurusan yang mana hanya bisa bekerja kalo dari jurusan itu. contohnya dokter (dan jurusan tenaga kesehatan lainnya), polisi, hukum, akuntansi, psikologi, juga beberapa jurusan lain yg gak gw sebutin. intinya kalo gak kuliah jurusan itu, gak bisa kerja di situ.

waktu itu, gw diminta masuk negeri sama keluarga. tapi ngeliat gw yang mentingin temen banget, akhirnya gw diminta hanya masuk negeri yang di Jakarta supaya mudah pengawasanya dari keluarga. gw juga ambil back up swasta. waktu itu gw ambil di esa unggul, untar, mercu buana, dan binus. bokap ngelarang gw masuk semuanya kecuali binus. waktu itu emang binus paling terakhir sih gw ambil tesnya. bokap saat itu "ngancem" gw kalo gak ranking 1, gw harus bayar uang kuliah sendiri. ranking 1 ketika masuk, hanya bayar 25-30% kala itu. ranking 2 bayar 50%, ranking 3 75% dan rangking 4 bayar 100% dari uang pangkalnya aja ya. sisanya untuk uang semesteran dan uang gedung sama semua.

gw Alhamdulillah dapet ranking 1. tesnya waktu itu cuma TPA dan bahasa inggris aja.  di untar, esa unggul, mercu buana, juga sama pake sistem ranking. gw masuk ranking 1 semua, Alhamdulillah. pas masuk negeri, waktu itu gw cuma ambil UI dan jurusan yang gw ambil FK dan FKG. gw gak masuk dengan mudahnya. yaiyalah yaaa, orang gw juga begajulan mentingin temen.

pas gw lulus kuliah, juga ditentukan apakah gw kerja dulu atau kuliah langsung. akhirnya gw kerja dulu 2 tahun untuk menentukan mau kuliah S2 apa. setelah kuliah S2 pun gw juga ditentukan mau jurusan apa berdasarkan kerja gw kemaren dan prospek mana yang paling menguntungkan.

gw beruntung banget punya keluarga yang tau gimana harus mengarahkan gw, tau harus ambil apa, harus gimana. gw punya temen yg gak seberuntung gw. gak tau harus kuliah apa, gak tau harus jadi apa, gak tau mau ngapain. karena orang tuanya juga gak tau, dan dia sendiri juga gak punya prinsip.

kalo lo punya keluarga, please banget dengerin keluarga lo. temen lo boleh ngasih pendapat, tapi pada akhirnya, kalo terjadi apa-apa sama lo, temen lo gak bakalan bantu apa-apa. cuma keluarga lo yg akan nemenin lo, bantu lo secara finansial dan moral. kalo temen lo ngancem pilih pindah atau kehilangan mereka,artinya mereka juga bukan temen yg baik. gpp kehilangan mereka, toh mereka gak ngasih kontribusi apa-apa buat lo.

gw bener-bener beruntung banget bisa punya keluarga yg baik, bisa support dalam hal materi dan moral. gak semua orang seberuntung gw. kalo lo termasuk yg gak beruntung, janji sama diri lo sendiri buat jadi orang tua yg supportive ke anak lo. bimbing dia jadi lebih baik dari lo. gak ada tuh "pas jaman gw dulu", iya bener jaman lo dulu susah. orang tua gak support. tapi kalo lo support, emang anak lo jadi lebih lembek sedikit dari lo. tapi mereka bisa punya masa depan yg lebih cerah dari lo. bisa mengangkat derajat keluarga lo.

belajar kan gak harus ngalamin sendiri, bisa dari pengalaman orang lain juga. ajarin anak lo lebih baik dari lo. bantu bimbing mereka buat punya dream plan yg bener. jangan cuma target abis SMA langsung nikah kaya di film-film karena bisa romantis-romantisan sejak dini. enggak.

bahkan di keluarga gw gak nikah udah hal yg lumrah. punya anak tapi gak nikah juga ok (adopsi ya ges, jangan langsung negatif thinking). nikah bukan target, tapi punya masa depan yang bagus itu target. jodoh itu bukan urusan kita, tapi masa depan cemerlang urusan kita. soalnya jodoh akan mengikuti, jadi keluarga gw gak pusing soal itu. pasti ada aja kok. bukan berarti menutup diri ya, tapi bukan prioritas. kalo ada yaudah, kalo gak ada juga yaudah. nikah setelah nenek-kakek juga ada kok. menikah itu sunah, tapi menjadi pribadi yang baik itu wajib.

bukan maksudnya gw mengesampingkan ya ges, tapi jodoh mengikuti. kalo kita bagus, jangan pernah mau settle for less. hargai diri sendiri, jadi pribadi yg baik. ibadah gak cuma soal menikah, tapi juga banyak hal lain.

Comments