self-control and self-discipline

kalo dulu waktu kita kecil, kita sering dilarang sama orang tua. gak boleh main game sebelum ngerjain tugas. gak boleh pulang malem, gak boleh ini, gak boleh itu. tapi beranjak kita dewasa, peraturan-peraturan itu dilepas perlahan, juga paksaan itu dari tadinya bersifat absolute jadi bersifat pilihan.

sehingga kita yang tadinya tertib ngerjain tugas dulu baru main, tapi beranjak dewasa kita bisa main dulu sampai tenaga kita habis dan ngerjain tugasnya enggak bahkan sampe terlewat tengat.

hal ini yang membuat orang gagal melakukan WFH. kalo dibilang WFH efektif untuk mengurai kemacetan, iya mungkin. karena banyak orang di rumah. tapi apakah pekerjaan jadi efektif bisa selesai tepat waktu? gak juga. karena manager gak mengawasi terus-menerus. gak on cam terus menerus. orang bisa memanipulasi untuk bisa gak on cam, bisa memanipulasi kamera seolah-olah kita bekerja padahal enggak.

selain itu, self-control dan self-discipline bener-bener akan berguna ketika kita jauh dari orang tua, atau kita sebagai pengusaha yang baru merintis. hal ini benar-benar kita butuhin. ini sebuah soft skill yang penting banget.

pembuatan jadwal yang rutin bisa jadi salah satu alternatif untuk bisa menyelesaikan tugasnya tepat waktu. terutama, kita juga harus bener-bener disiplin dan kontrol sama diri kita. tunda kesenangan untuk kesenangan yang lebih besar.

emang secara naluriah otak kita akan menghindari hal yang tidak menyenangkan, dan memilih hal yang menyenangkan. kaya makan, tidur, nonton, main game. tapi hal itu harus kita korbankan supaya kita bisa mendapatkan sesuatu yang lebih baik lagi nantinya.

buat siapapun kamu, semoga kamu bisa mengontrol dan mengendalikan diri kamu ya supaya bisa jadi lebih baik lagi, Aamiin.

Comments