you may win the argument, but you didn't win the relationship

waktu gw SMP, gw pernah baca buku yang judulnya gw lupa. tapi intinya tentang mengalah bukan berarti kalah. satu buku isinya tentang itu doang, mau membenahi mindset kita, kalo kalah di suatu argumen itu baik lho untuk hubungan.

di buku itu dikasih tau kenapa harus mengalah, kalo mengalah dapet apa, kalo menang dapet apa. pokoknya detil banget. tapi gw gak baca sampe abis, gw skip-skip dan baca cepat aja karena emang bukunya se-ringan itu. setelah gw baca, gw emang merasa bahwa mengalah itu baik. tapi buat gw yang selama ini dirundung sama orang, gw selama ini udah lho mengalah. terus liat deh gw? malah dirundung, ada baiknya gw melawan sedikit. akhirnya saat SMP gw coba melawan, SMA juga berusaha melawan, terus sampe kuliah sampe akhirnya gw tau dan belajar tentang kapan gw harus mengalah, dan kapan gw harus melawan.

Alhamdulillah sekarang ini gw udah gak merasakan dirundung lagi. meskipun kalo dirundung gw juga bingung sih harus gimana, sampe klarifikasi sana-sini, cerita sana-sini, denial sana-sini, biar gw ngerasa tenang dan lega. tapi gw intinya bisa melawan lah yaaa.

akhirnya keterusan lah, gw terbiasa untuk melawan. kalo ada orang yang berbicara sama gw dengan nada tinggi, gw ikutan meninggi nadanya. kalo ada yang membentak, gw ikutan membentak, ada yang marah, gw ikut marah, ada yang berargumen, gw ikutan argumen. itu udah jadi self-defence mechanism gw.

gw jadi lupa kapan harus mengalah, lupa kalo gw mungkin aja nih menang dalam argumen, tapi gw kalah dalam hubungan.

contoh soal, nyokap pengen lewat lurus, sedangkan gw tau nih kalo lurus itu sekarang udah gak boleh dan harus belok kiri atau puter balik dan belok kiri (alias belok kanan sekarang). gw bisa nih debat panjang lebar sama nyokap gw sampe akhirnya gw menang, gw cerita kalo gw abis dari sana, terus ternyata gak bisa lurus, jalannya ditutup, dan lain-lain. atau gw bisa aja tetep terus kalo ternyata gak bisa lurus gw tinggal marah-marahin nyokap gw. atau terakhir gw belok kanan sekarang dan bilang, "gak bisa Ma" terus udah selesai gak ada argumen lagi. kalo nyokap argumen, ya tinggal diem aja. gw emang kalah di debat yang terakhir. tapi gw tetep menang dalam hubungan.

karena pada akhirnya, toh siapa benar dan salah itu gak penting dan gak ada gunanya. kecuali untuk argumen yang beneran benar dan salah itu penting yaaaa. ini konteksnya gak ada benar atau salah.

gw kembali sadar kalo gak penting menang atau kalah, cukup menyampaikan pendapat aja. setelah itu yaudah seperti biasa lagi. contoh lagi ya, temen gw mau ke anyer, terus gw bilang, "nyebrang dong sekalian ke lampung berenang, kaya TNI." diceplos lah sama temen gw, "nanti ketabrak kapal ferri dong? lagi pula bukannya TNI nyebrangnya ke nusa kambangan ya?".

udah stop sampe situ aja. mau nyari faktanya? boleh kok. langsung googling aja, tapi debat menentukan siapa yang benar dan salah tanpa cek fakta, itu gak bener. atau, kalo mau lebih menang lagi setelah masing-masing mengutarakan pendapat tanpa cek google langsung skip ke topik berikutnya. tapi gak langsung skip gitu aja ya. argumen itu harus diudahi, bisa dengan bridging, "udah lanjut aja, gak penting dibahas." atau bisa juga dengan "yaudah kalo gitu, kamu gak mau nyoba berenang dari cilacap ke nusa kambangan?" alias pihak satunya memenangkan argumen pihak lainnya tapi tetep membawa opini awalnya, yaitu berenang kaya anggota TNI.

itu salah satu contoh aja, bisa diaplikasikan ya. semoga hubungan kalian jadi lebih baik dengan orang lain, bisa dengan keluarga, teman, pasangan, pokoknya semua orang. kalo menang dalam argumen itu gak penting, kecuali menyangkut benar dan salah. apalagi kalo hal-hal receh yang gak menyangkut kalian, gak ada gunanya bagi kalian. udah lah skip aja, gak penting.

kenapa sih kita harus mengalah? ya karena kalo kalah, itu gak asik banget. apalagi kalian sampe harus berdebat tiada habis, tanpa cek fakta. janji setelah cek fakta langsung saling berhati besar untuk mengakui kesalahan. pada akhirnya, dalam hubungan itu bukan tentang siapa benar dan salah, tapi hubungan itu bisa terus berjalan dengan harmonis. setuju?

Comments