Lampu halogen VS LED mana lebih baik?

kayanya temen ajaib gw ini harus gw kasih nama deh. sifatnya yang labil gw kasih nama pisces cocok kali ya?

gw mau cerita tentang pisces temen gw yang ajaib. gw punya motor dengan lampu LED, sedangkan lampu motor dia halogen. menurut temen gw, lampu gw abal karena ngikutin jaman sama orang-orang dan lampu gw jelek banget gak jelas liatnya kalo malem. sedangkan lampu dia jelas banget bisa keliatan sampe ke ujung jalan.

pokoknya temen gw si paling culture deh.

gw akan bahas kelebihan lampu LED dan kekurangannya, supaya adil dibandingin sama halogen juga ya. artikel pertama dari sini.

1. motor lampu halogen lebih boros dari LED

2. motor lampu LED lebih cocok untuk motor injeksi karena sistem di motor itu sendiri.

3. lampu LED lebih tahan lama

4. Lampu LED lebih tahan guncangan, hemat energi, ramah lingkungan, waktu respon lebih cepat, warna sinar lebih baik.


lanjut dari artikel ini katanya:

1. cahaya putih yang dihasilkan LED membuat kurang jelas di antara kabut

2. sinarnya dingin tapi menimbulkan panas pada mesin

3. kalo bawaan pabriknya pake bohlam/halogen jangan dicoba ganti dengan LED karena akan bikin boros listrik (karena dari sistem kendarannya gak sesuai)

4. karena lampunya panas, jadi akan bikin mika meleleh. jangan dimodif kalo motornya gak disiapkan untuk LED


ada lagi artikel lainnya:

1. desain lebih compact

2. membuat silau pengendara lain kalo kena mata

3. minim perawatan


tambahan lagi:

1. lebih mahal

2. sulit perbaikannya


sekarang bahas lampu halogen:

1. lebih cocok untuk kendaraan adventure

2. harga lebih terjangkau dan banyak di pasaran

3. sorot lampu kuat tapi gak bikin silau

4. kalo lampunya mati cukup ganti lampunya aja gak perlu satu set

5. daya panas tinggi

6. cepat panas

7. boros


kesimpulannya:

1. kalo bawannya pake LED ya pake LED aja terus, sebaliknya kalo halogen gak usah coba-coba ganti LED

2. untuk adventure halogen lebih menang

3. sisanya LED lebih unggul daripada halogen.


yaaa gw ngasih artikel ini ke pisces pun juga gak guna sih, soalnya pisces bawa maunya sendiri, biarpun dia salah, dia tetep maunya dia. jadi gimana ini? tetep gw temenin gak? tapi random banget kelakuannya, pengen gw ketawain mulu.

Comments